taupasar.com

we read, we create and we share it.

Kiat-kiat Cara Memasarkan Produk Secara Online

Kiat-kiat Cara Memasarkan Produk Secara Online

Hampir setiap bisnis kini tertarik memanfaatkan platform online sebagai alternatif lain untuk berjualan. Tentunya di samping memasarkan secara offline, promosi produk secara daring diyakini memberikan efektivitas serta hasil yang baik.
Cara Memasarkan Produk
Selain itu pemasaran secara daring juga menjadi tuntutan baru bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis di masa modern ini. Karena itulah cara memasarkan produk secara online harus dikuasai dengan baik, sehingga penerapannya dapat dilakukan secara tepat.

Seni promosi online yang baik tentunya akan berdampak baik pula pada perkembangan bisnis serta peningkatan penjualan. Ada banyak tips memasarkan produk secara daring yang baik. Namun berikut ini hal-hal umum yang dapat Anda lakukan.

10 Cara Memasarkan Produk Secara Online


1. Beriklan di Akun Sosial Media

Sudah menjadi rahasia umum bahkan, media sosial kini tidak hanya digunakan secara personal untuk hiburan saja. Karena keunggulannya yang mampu menjangkau pengguna lain secara luas, makanya sosial media masa kini banyak digunakan untuk kebaikan berbisnis.

Membuat akun bisnis agaknya bisa menjadi langkah utama bagi Anda menyiapkan siasat untuk memasarkan produk secara online. Apalagi pembuatan akun media sosial memang gratis dan banyak jenisnya. Anda bisa aktif di berbagai media sosial apa saja untuk menyasar konsumen yang sesuai.

Penggunaan media sosial juga cenderung mudah, memungkinkan promosi dilakukan tanpa kendala. Anda bisa mengunggah foto produk atau konten copywriting yang berhubungan dengan item yang dijual.

2. Membuka OnlineShop di Marketplace

Berbagai marketplace atau platform e-commerce juga bermunculan seiring dengan maraknya tren online shopping. Cara memasarkan produk secara online ini bisa menjadi strategi lanjutan.

Bisa dikatakan saat ini banyak pengguna yang menggunakan aplikasi online shop untuk mengunjungi toko dan membeli barang yang mereka cari secara daring. 

Dengan banyaknya pengunjung tersebut, maka ini menjadi peluang menjanjikan bagi owner ketika mereka mendaftarkan bisnisnya di marketplace yang dipilih.

Fitur yang disediakan dalam aplikasi seperti ini biasanya dikembangkan sesuai kebutuhan untuk bisnis, sehingga promosi bisa maksimal dan proses jual beli dilakukan atas kesepakatan yang baik. 

Anda bisa mengunggah berbagai foto produk dengan keterangan serta deskripsi yang mendukung. Bahkan terdapat kolom khusus untuk menampilkan review para pembeli.

3. Manfaatkan Website Bisnis

Masih banyak cara memasarkan produk secara online yang dapat dilakukan. Berikutnya Anda bisa membuat website dan blogging melaluinya. Sebelumnya, domain dan hosting perlu dipersiapkan terlebih dulu agar Anda bisa berkonten di lapak pribadi dengan konsisten.

Adanya website berguna untuk mendapatkan pengunjung dan calon pembeli lebih banyak serta luas. Anda dapat membuat konten berbasis SEO (Search Engine Optimization), agar tulisan lebih terindeks oleh Google. Kini bahkan ada pilihan domain web khusus untuk bisnis, jadi fitur yang tersedia pun lebih sesuai.

4. Analisis Target Market

Jangan terlewatkan untuk membuat analisa mengenai sasaran penjualan. Penentuan target market sangat berguna dan membantu untuk mengarahkan promosi yang dikerahkan agar sesuai tempatnya.

Misalnya Anda menjual berbagai produk yang biasanya dibutuhkan para milenial, maka strategi marketing yang dibuat bisa lebih santai. Selain itu hal tersebut pun memudahkan bagi Anda untuk mencari pengguna media sosial di range usia tertentu sesuai sasaran konsumen.

5. Riset Tren Konten Terkini

Selain cara memulai, cara memasarkan produk secara online yang baik adalah yang dilakukan secara konsisten. 

Sebagai salah satu tipsnya, Anda bisa melakukan riset konten untuk ke depannya. Agar tidak kehabisan ide, perbanyaklah referensi dengan melihat contoh konten produk lain sehingga nantinya bisa Anda kembangkan.

6. Buat Promosi yang Menarik

Konten yang baik dan menarik juga bisa menjadi umpan untuk mengundang lebih banyak peminat produk. 

Inilah salah satu alasan promosi juga bisa dilakukan melalui design poster yang menarik, foto produk yang aesthetic, serta kata-kata yang ciamik.

7. Bergabung di Sebuah Forum Online

Forum online kini banyak dibuat di berbagai media sosial yang ada. Misalnya di Facebook Anda bisa mencari komunitas apapun dan bergabung di dalamnya. 

Khususnya sasar komunitas yang memungkinkan memiliki minat terhadap produk. Anggota yang tergabung di dalamnya bisa sangat beragam, Anda pun bisa menggunakan kesempatan untuk promo produk.

8. Interaktif Secara Online dengan Customer

Cara memasarkan produk secara online tidak melulu masalah pemasarannya saja. Bahkan Anda bisa membujuk konsumen dengan cara menjalin hubungan yang baik. Misalnya membuat akun bisnis lebih aktif dan interaktif dengan para customer di platform manapun.

Dengan lebih interaktif, maka dapat menimbulkan kesan yang baik dimata calon pembeli. Selain itu mereka bisa memberikan kepercayaan dengan mudah kepada penjual terlihat meyakinkan.

9. Kumpulkan dan Tunjukkan Testimoni

Setelah bisnis berproses cukup lama dan digunakan oleh banyak pembeli, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan berbagai ulasan. Jika pelayanannya memang baik, maka review yang baik pun akan didapatkan.

Di sinilah Anda bisa mengumpulkan ulasan-ulasan tersebut dan menunjukkannya kepada publik. Karena biasanya calon pembeli akan meyakinkan diri untuk membeli dengan melihat review dari pembeli sebelumnya.

10. Membuka Affiliate Marketing

Strategi marketing online lainnya dapat dilakukan dengan membuka affiliate marketing. Misalnya Anda menerima orang-orang yang ingin bergabung menjadi reseller

Maka dengan begini proses promosi yang dilakukan akan lebih gencar. Pembeli yang berdatangan bisa lebih banyak, begitu pula dengan keuntungan yang dihasilkan.

Jangan beranjak, simak terlebih dahulu informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah 10 cara memasarkan produk secara online umum yang penting untuk Anda terapkan. Dengan begini, dijamin usaha Anda bisa lebih berkembang dan untung besar.
Related Posts