taupasar.com

we read, we create and we share it.

6 Tips Jualan Sayur Beserta Keuntungannya

6 Tips Jualan Sayur Beserta Keuntungannya


Dewasa kini semakin banyak ditemukan usaha-usaha yang melibatkan kebutuhan pokok. Usaha-usaha tersebut bisa berupa usaha jualan makanan pokok, buah-buahan, dan yang terakhir adalah jualan sayur.

tips dan keuntungan jualan sayur

Hal ini tidak lain adalah kebutuhan pokok adalah kebutuhan setiap orang. Melihat hal tersebut, maka sangat mungkin untuk menjadikan sayur segar sebagai peluang usaha dalam berbisnis.

Sayur segar menjadi hal yang dibutuhkan karena kandungan di dalamnya yang sangat menyehatkan. Kandungan sayur tersebut bisa berupa vitamin, mineral, kalsium, protein, dan juga lemak baik. 

Oleh karena itulah sayur berperan dalam pemenuhan kebutuhan pokok. Kita bisa menjumpai sayuran di pasar, kios-kios, bahkan pula supermarket. Hal tersebut menunjukkan bahwa usaha sayur segar merupakan usaha yang menjanjikan. 

Keuntungan Berbisnis Sayur Segar


Mengingat jualan sayur adalah sebuah usaha yang menjanjikan, maka kini banyak ditemukan usaha-usaha sayur di tengah kehidupan masyarakat. Terdapat pula keuntungan dalam melakukan bisnis sayur segar. Di antara keuntungan berbisnis sayur tersebut adalah:

1. Berpotensi mendapat keuntungan yang banyak

Hal ini tidak lain adalah karena sayur merupakan kebutuhan pokok dalam rumah tangga. Artinya, hampir setiap orang akan membutuhkan sayur untuk dikonsumsi. Dengan begitu, maka usaha sayur segar bisa mendatangkan keuntungan bagi pelaku usahanya.

2. Produk sayur bisa dengan mudah didapatkan

Meskipun ada beberapa jenis sayur yang terkadang sulit didapatan, tetapi jenis sayur yang lainnya sangat mudah ditemukan. 

Dengan memiliki pemasok tetap, pelaku usaha jualan sayur bisa tetap menjalankan bisnisnya dengan lancar. Dengan begitu, baik pemasok maupun pedagang dapat tetap mendapatkan keuntungan.

3. Membutuhkan modal yang sedikit

Dengan menjual sayuran, Anda tidak memerlukan banyak modal. Bahkan, kini menjual sayur pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan marketplace dan menjualnya secara online.
Tips Jualan Sayur Segar yang Ampuh dan Jitu

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dari usaha sayur, Anda mungkin tertarik untuk mendalami usaha tersebut. Bagi seorang pemula, penting sekali untuk mengetahui tips jualan sayur segar agar usaha yang dilakukan bisa sesuai dengan harapan. 

Berikut ini merupakan tips yang bisa dilakukan saat memulai usaha jualan sayur segar:

Tips Jualan Sayur


1. Memeriksa kondisi sayur 

Sebelum Anda menjual sayur, pastikanlah kondisi sayurnya dalam keadaan yang baik. Adapun jika sayur tersebut berada dalam keadaan yang sedikit layu, maka cobalah untuk menyimpannya di tempat yang berbeda. Anda pun dapat memberikan harga yang berbeda terhadap sayuran yang berbeda kondisi tersebut.

2. Melakukan pengemasan sayur denga baik

Selain memerhatikan kondisi sayur, tips jualan sayur segar yang lainnya adalah dengan mengemasnya dengan baik. Anda dapat meniru cara pengemasan sayur seperti di supermarket dengan menggunakan plastik wrap dan juga styrofoam. 

Pengemasan sayuran juga berpotensi menarik minat konsumen sehingga bisa membuat bisnis sayuran Anda menjadi lebih sukses.

3. Memastikan tempat berjualan dalam keadaan bersih dan rapi

Selanjutnya, tips jualan sayur segar yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan tempat berjualan dalam keadaan rapi dan bersih. 

Hal ini tidak lain adalah karena kebersihan dan juga kerapian dapat menarik perhatian konsumen sehingga mengunjungi lapak sayuran tersebut. Jangan lupa untuk menata sayuran dengan rapi agar konsumen dapat memilih dengan mudah.

4. Memberi harga yang bersaing

Dalam berbisnis, pastikanlah harga yang diberikan tersebut tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu murah. Hal ini pulalah yang akan menjadi penentu sebuah bisnis, termasuk bisnis sayuran. Berikanlah harga yang bersaing dengan tempat jualan yang lainnya.

5. Menyediakan sayuran dalam beragam jenis

Poin yang satu ini juga tidak boleh diabaikan. Sebab, para konsumen akan lebih menyukai toko sayuran yang lengkap. Lengkapi pula toko tersebut dengan beragam bumbu masakan dan bahan makanan lainnya. Sehingga para konsumen dapat berbelanja dengan lengkap dalam satu toko.

untuk bisa mempromosikan jualan kamu, simaklah dan bacalah sejumlah artikel di bawah ini.
 
baca juga:



6. Memberikan pelayanan yang baik

Kemudian, tips jualan sayur segar yang terakhir adalah pastikan bahwa pelayanan yang Anda berikan sebagai penjual adalah layanan yang baik. Hal ini tentu saja akan membuat usaha sayur yang sedang dijalani menjadi sukses. 

Jika diperlukan, Anda dapat menyediakan layanan pesan antar agar memudahkan para konsumen mendapatkan sayur yang dibutuhkan.

Ternyata tips jualan sayur segar dan juga keuntungannya sangat besar dalam dunia bisnis. Selain keuntungannya yang menjanjikan, tips yang harus dilakukan pun sangatlah mudah. Dengan begitu, kesuksesan dalam berbisnis sayuran bisa Anda dapatkan. 

Itulah informasi perihal tips jualan sayur, semoga bisa bermanfaat.

Penulis: Melia Fitrianingsih

Editor: Tia

Related Posts