taupasar.com

we read, we create and we share it.

Trik Pemasaran Produk Baru yang Efektif dan Dijamin Naikkan Keuntungan

Trik Pemasaran Produk Baru yang Efektif dan Dijamin Naikkan Keuntungan

Kunci sukses dalam berbisnis itu terletak pada strategi pemasaran yang tepat dengan kemampuan inovasi untuk meluncurkan produk baru. 
Trik Pemasaran Produk
Merencanakan proses penjualan sebuah produk baru perlu dipikirkan secara matang dan cermat sebelum kegiatan penjualan dijalankan.

Memiliki trik pemasaran produk baru memang harus dimiliki oleh seorang pebisnis, tak heran jika banyak yang merasa ragu untuk memulai bisnis karena merasa sulit memasarkan produk kepada khalayak.

Adanya rancangan dalam memasarkan produk harus dipersiapkan dengan mantap, jangan sampai bisnis yang kamu jalani ingin meraih untung namun malah menjadi buntung. Maka dati itu ada beberapa trik pemasaran produk baru yang dapat kamu ikutin, penasaran? Ini dia triknya.

Trik Pemasaran Produk Baru


1. Riset Pasar

Sebelum meluncurkan produk baru, melakukan riset pasar merupakan hal yang sangat penting. Tujuannya agar kamu dapat mengetahui besar kecilnya produk kamu berpotensi untuk dijual dan untuk siapa sasaran konsumen yang cocok, hal ini akan memberi pengaruh pada tingkat penjualan.

Jangan menyerah jika kamu merasa hasil riset tersebut bukan menjadi trend positif, karena kamu bisa melakukan evaluasi produk supaya memiliki nilai lebih untuk mencari target pasar. 

Jika telah menemukan potensi target pasar yang dianggap menjanjikan kamu bisa segera memasarkan produk tersebut.

Melakukan riset pasar akan memudahkan kamu dalam mencari konsumen yang sesuai dengan  produk yang kamu jual. Selain itu kamu juga akan mengetahui dan belajar tingkat persaingan dalam berbisnis, sehingga strategi pemasaran kamu dapat diterapkan secara efektif.

2. Pelayan Terbaik

Istilah “pembeli adalah raja” itu memang kenyataan. Maka dari itu kamu harus memiliki komunikasi yang baik dengan konsumen kamu, karena mereka adalah orang pertama yang membeli produk yang kamu pasarkan.

Menawarkan produk secara gratis bisa menjadi trik pemasaran produk baru yang efektif, karena mampu menjaring konsumen. Selain itu, memberikan giveaway, diskon atau promo akan membuat konsumen kamu tertarik dan bisa menjadi pelanggan setia kamu.

Jangan lupa untuk membangun kepercayaan pelanggan kamu, seperti melakukan pengiriman tepat waktu dan selalu respon terhadap konsumen. Kamu harus paham keinginan konsumen sehingga komunikasi kamu bisa terjalin dengan baik.

Jika kamu memiliki pelayanan terbaik, tanpa diminta konsumen kamu akan merekomendasikan produk kamu kepada orang-orang terdekatnya. Sehingga produk yang kamu pasarkan dapat dikenal luas oleh masyarakat.

3. Menggunakan Sosial Media

Media sosial merupakan alat pemasaran yang efektif dan ampuh, apalagi saat ini era serba internet dimana masyarakat banyak aktif menggunakan sosial media.

Menggunakan media sosial akan membuat terjalinnya interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, biaya murah dan visibilitas yang tinggi. Kamu juga kan mudah untuk memilih komunitas yang cocok untuk memasarkan produk kamu, sehingga memiliki peluang besar untuk terjual.

Jika ingin semakin dikenal, kamu bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk kamu di sosial medianya. Sehingga pengikut influencer tersebut mengetahui dan tertarik untuk membeli produk kamu.

Kamu juga bisa memasangkan iklan di Instagram, Facebook, Google, dan media sosial lainnya. Menggunakan sosial media sebagai memasarkan produk baru kamu patut untuk dicoba.

4. Melakukan Kegiatan Amal

Trik pemasaran produk baru selanjutnya yang dapat kamu terapkan  dengan menggunakan ramah lingkungan dan tepat dengan kebutuhan khalayak, hal ini akan memberi pengaruh besar pada produk baru kamu.

Memanfaatkan psikologi khalayak ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan kamu, kok bisa? Ya, kamu dapat menunjukkan rasa peduli ke lingkungan sekitar dengan melakukan program CSR (Corporate Social Responsibility). Yaitu tanggung jawab sosial terhadap lingkungan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam melakukan berbagai kegiatan.

Jadi, kamu menjual produk kamu yang ramah lingkungan kemudian kamu bisa melakukan penggalangan dana yang akan disumbangkan ke sebuah komunitas atau organisasi. 

Sebelum melakukannya, kamu pastikan bahwa produk kamu termasuk bagian ramah lingkungan, kegiatan ini dapat dikatakan efektif untuk membuat produk kamu disukai oleh  khalayak luas.

5. Informasi Detail

Memasarkan produk baru harus memiliki keunikan dan keunggulan. Kamu harus memberikan informasi yang lengkap kepada konsumen mengenai produk mu, sehingga konsumen bisa tahu dengan jelas manfaat dari produk tersebut.

Memiliki informasi yang mendalam dan menyebarkannya ke konsumen menjadi salah satu cara membangun image produk kamu. Tentu kreativitas kamu dalam pemasaran sangat dibutuhkan, dimana tidak ada yang membatasi kamu dalam bereksplorasi dengan berbagai kreatif yang khas.

Menjadi kreatif dan berani harus kamu miliki sehingga menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen.

Memasarkan suatu produk kamu harus tahu dahulu apa saja jenis trik pemasaran produk.

Jenis Trik Memasarkan Produk


1. Direct Selling

Jenis trik pemasaran melakukan penjualan produk secara langsung ke konsumen. Maksudnya, kamu dapat melakukan dengan door-to-door yaitu menemui konsumen secara langsung karena kamu sebagai pemasar bisa datang ke rumah konsumen yang ditargetkan.

Mengandalkan kemampuan persuasif untuk penawaran produk. Kelebihan trik ini modal yang dikeluarkan tidak besar, untuk kekurangannya pemasar lebih lelah karena terus berjalan. Selain itu masyarakat juga tidak suka dengan cara ini karena dianggap mengganggu.

2. Eraned Media

Pemasaran yang dilakukan tidak secara langsung. Hal utama dalam menerapkan trik ini membangun hubungan dan kepercayaan dengan khalayak, sehingga kamu memerlukan untuk membangun image yang bagus melalui media sosial.

3. Point of Purchase

Trik marketing yang menempatkan iklan di dekat produk yang sedang dipromosikan. Trik ini cocok digunakan bagi toko retail yang menjual berbagai macam produk. 

Kamu bisa membuat display dengan desain khusus dan menempatkannya di tempat yang strategis seperti dekat pintu masuk dan keluar.

4. Internet Marketing

Trik ini cukup dikenal dan banyak dilakukan oleh pebisnis saat ini. Caranya yang mudah dan cepat yang membuatnya banyak dipilih. Memiliki konten yang menarik bisa melancarkan bisnis kamu bahkan menarik perhatian pembeli.

Simak juga informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi tentang trik pemasaran produk baru yang bisa kamu terapkan untuk bisnis yang sedang kamu jalani. Ingat untuk memasarkan produk kamu harus mematangkan rencana yang kamu buat supaya bisnis kamu bisa berjalan dengan efektif. Selau konsisten dan fokus serta evaluasi terhadap pemasaran produk kamu.

Penulis: Putri Geo
Related Posts