taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Cara Memasarkan Produk Baru Terbukti Menghasilkan Keuntungan yang Besar

7 Cara Memasarkan Produk Baru Terbukti Menghasilkan Keuntungan yang Besar

Pemasaran produk akan menentukan tingkat penjualan produk dari bisnis kamu. Memasarkan produk baru harus merancang strateginya yang tepat dan matang. 
Cara Memasarkan Produk
Kamu perlu memahami cara memasarkan produk baru yang tepat. Berikut caranya di bawah ini.

Cara Memasarkan Produk Baru 

Tanpa strategi pemasaran yang matang, jangan harap menghasilkan untung yang besar. berjualan agar sukses itu tidak hanya sekedar yang penting laku dengan jual murah. Ada caranya untuk memasarkan produk baru agar meningkatkan jumlah penjualan dan untung yang besar.

Memasarkan produk baru merupakan langkah penting untuk mengenalkan bisnis kamu. Banyak orang tertarik untuk berbisnis dengan produk baru. 

Namun mereka ragu dan gagal melakukan promosi produknya. Agar kamu tidak mengalami kegagalan promosi, perlu tahu strategi dan cara promosi produk baru, berikut di bawah ini caranya.

1. Melakukan Riset Pasar dari Produk Baru

Riset pasar bertujuan untuk mencari tahu potensi dan calon konsumen dari produk yang akan dijual. Riset pasar bagi produk yang baru sangat penting sekali. Hasil riset akan berpengaruh terhadap jumlah penjualan produk baru.

Pastikan bahwa produk baru yang akan dijual memiliki potensi dari target pasar yang cukup besar dan menjanjikan. Jika produknya potensial kamu tidak akan kesulitan untuk mencari konsumen. Riset pasar juga membuat kamu mengetahui tingkat persaingan bisnis dari produk yang akan kamu jual.

2. Membuat Nama Produk yang Menarik dan Unik

Sebelum melakukan pemasaran produk baru, sebaiknya kamu sudah memiliki nama produknya  yang menarik dan unik. Nama produk akan mempengaruhi keberhasilan promosi bisnis kamu. 

Jika promosinya sudah bagus, namun nama produknya kurang menarik jangan harap akan menghasilkan jumlah penjualan yang besar.

Buatlah nama produk yang sederhana, enak ketika didengar dan diucapkan. Orang-orang jika menyukai produkmu akan menginformasikannya ke orang lain, mereka akan menyebutkan nama produk dari usaha kamu. Jika namanya unik dan menarik akan menambah penasaran mereka terhadap produk yang kamu jual.

3. Menggunakan Kemasan Produk yang Menarik

Kemasan suatu produk akan mempengaruhi tingkat penjualan dari bisnis kamu. Kemasan yang menarik dapat mempengaruhi target pasar untuk membeli produk kamu. 

Desain kemasan produk baru harus benar-benar diperhatikan. Kemasan yang menarik memudahkan kamu dalam memasarkan produk baru kamu.

Desain kemasan produk akan memberikan kesan kepada konsumen yang membuat mereka jadi membelinya atau tidak. Ada banyak konsumen yang rela membeli produk hanya karena kemasan produknya menarik. 

Misalnya yang pernah dilakukan McDonald's yang menggunakan kemasan produknya dengan konsep BTS salah satu boyband dari Korea.

Buatlah desain kemasan produk yang menarik, unik dan sesuai dengan selera target pasar dari produk baru kamu. Jika kamu tidak bisa membuatnya sendiri, kamu bisa mengajak kerjasama desainer produk yang bisa membuatnya semenarik mungkin.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Selain dapat digunakan untuk menjalin interaksi dengan pengguna lainnya. Media sosial juga bisa kamu manfaatkan untuk promosi produk baru. Melakukan promosi di media sosial merupakan cara memasarkan produk baru yang sangat ampuh.

Hampir semua pengusaha pemula hingga yang profesional sudah menggunakan media sosial untuk pemasaran produk mereka. Mengingat pengguna media sosial menjangkau berbagai usia, tokoh dan profesi.

Menggunakaan media sosial akan memudahkan kamu untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, mudah dan murah. Sehingga memiliki peluang besar untuk menghasilkan penjualan produk yang sangat besar.

Kamu bisa menggunakan semua platform media sosial yang memiliki banyak penggunanya, seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter dan Line. Semakin banyak akun media sosial, maka akan semakin besar kemungkinan produk untuk terjual banyak.

Selain sebagai media promosi media sosial juga untuk menjaga konsumen kamu agar tetap setia menggunakan produk yang kamu jual. Menjalin komunikasi dengan pelanggan adalah cara memasarkan produk yang efektif untuk menjaga kestabilan jumlah penjualan.

5. Membuka Peluang Menjadi Reseller dan Dropshipper

Cara memasarkan produk baru yang paling mudah mendapatkan keuntungan yang besar menambah pasukan bisnis. Kamu hanya membuka peluang masyarakat untuk menjadi reseller dan dropshipper dari bisnis kamu dijamin penjualan produk akan cepat laku.

Membuka peluang menjadi reseller dan dropshipper banyak dilakukan oleh para pebisnis. Tidak sedikit dari mereka membuktikan kesuksesannya dengan cara ini. Tetapi sebelum memilih mitra, sebaiknya kamu menyiapkan syarat menjadi member dan target penjualan untuk mereka.

Selain itu kamu juga harus membuat sistem pemasaran, jalur distribusi dan sistem pemesanan produk. Setelah selesai menyiapkannya baru kamu bisa membuka kesempatan menjadi reseller dan dropshipper.

6. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha akan mempengaruhi tingkat penjualan produk kamu, terutama jika kamu menjualnya harus dengan membuka toko usaha. Kamu harus memilih lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau.

Pastikan bahwa lokasi usaha kamu memiliki tingkat pengunjung yang banyak. Kamu bisa memilih lokasi usaha seperti di sekolah, kampus, tempat perbelanjaan dan lainnya. 

Tempat-tempat ini memiliki tingkat pengunjung yang cukup banyak, ini akan mempengaruhi tingkat penjualan dari produk baru kamu.

7.  Membuka Promo Produk baru

Cara memasarkan produk baru yang sering dilakukan oleh para pengusaha adalah dengan membuka promo. Misalnya dengan promo ‘beli 2 gratis 1’ atau ‘diskon 25%’. 

Promo ini terbukti menghasilkan penjualan yang cukup banyak, makanya banyak pengusaha baru yang menggunakan cara ini untuk mendongkrak penjualan produk baru mereka.

Promo bisa kamu gunakan dengan cara kamu sendiri, ada banyak pilihan untuk membuka promosi produk baru. Banyak orang pasti akan menyukai promo dengan cara apa saja yang penting mereka bisa mendapatkan produk dengan harga murah. 

Disertai dengan produk yang berkualitas para calon pembeli yang awalnya hanya ingin mencoba produk kamu karena dapat diskon, akhirnya mereka menjadi langganan. Tetapi jangan berikan promo kepada mereka terlalu lama.

Memberikan promo terlalu banyak dengan jangka waktu yang lama akan menyebabkan usaha kamu bangkrut karena keuntungannya yang kecil. Berikanlah promo yang berlaku sekitar 2 hingga 7 hari saja. Cara ini terbukti ampuh untuk mendapatkan jumlah penjualan dan keuntungan yang besar.

Di bawah ini juga disediakan informasi menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan, simaklah.

Baca juga:





Itu dia 7 cara memasarkan produk baru terbukti efektif menghasilkan keuntungan yang besar. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisnis baru kamu sukses meraup pendapatan puluhan juta rupiah.
Related Posts