taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana untuk Semua Jenis Usaha Hanya 1 Jam? Ini Panduannya

Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana untuk Semua Jenis Usaha Hanya 1 Jam? Ini Panduannya

Sebelum kita memperlajari cara membuat bisnis plan sederhana dalam 1 jam. Alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu definisi serta fungsi dari dokumen rancangan bisnis itu sendiri.
Cara Membuat Bisnis Plan
Rancangan bisnis atau bisnis plan adalah dokumen yang menggambarkan keseluruhan konsep bisnis. Meliputi deskripsi produk, sistem manajemen pengelolaan bisnis, strategi pemasaran, latar belakang bisnis, hingga penjabaran tentang peluang keuntungan.

Fungsi rancangan bisnis atau bisnis plan juga beragam, yaitu untuk dokumen pribadi perusahaan, mengembangkan kerja sama dengan pihak lain, melakukan evaluasi bisnis, dan masih banyak lagi.

Pengetahuan tentang definisi serta tujuan Anda membuat sebuah rancangan bisnis dapat menjadi panduan mengerjakan laporan tersebut secara efektif. Bahkan, Anda bisa menyelesaikannya dalam waktu satu jam saja.

Apa Saja yang Harus Ada dalam Bisnis Plan?

Cara membuat bisnis plan sederhana dalam waktu 1 jam saja bukanlah sesuatu yang mustahil. Syaratnya, Anda harus sudah mengantongi jawaban dari masing-masing topik pembahasan dalam bisnis plan.

Berikut topik yang harus Anda bahas dalam sebuah rancangan bisnis atau bisnis plan:

1. Ringkasan Konsep Bisnis

Pada bagian ini, Anda menyatakan tujuan bisnis serta alasan mengapa menulis bisnis plan tersebut. Bagian pembuka ini merupakan sarana bagi pembaca untuk mengetahui latar belakang dari seluruh kebijakan Anda terhadap perusahaan.

Tentunya, seorang pelaku bisnis tidak akan kesulitan untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut. Anda tinggal menuangkan seluruh gagasan dalam fikiran ke bentuk tulisan.

2. Deskripsi Bisnis

Dalam rangka mengisi bagian ini, setidaknya Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai industri bisnis tersebut. Tujuannya, agar pemaparan deskripsi bisa mencakup hingga bagian terbesar dari bisnis Anda.

Tidak masalah untuk mencantumkan data hingga catatan kaki untuk menunjang validitas laporan rancangan bisnis. Rancangan yang komplit dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan bisnis di masa depan.

3. Deskripsi Produk/Jasa

Bagian dari cara membuat bisnis plan sederhana ini bisa berurutan dengan kolom deskripsi bisnis. Bedanya, Anda fokus menjelaskan tentang produk, cara penggunaan, perbedaan dengan produk sejenis yang lain, hingga di mana pembeli dapat menemukannya.

Pastikan Anda menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan pembaca. Bagian ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengeksplorasi keunggulan produk secara maksimal.

4. Analisa Pasar

Dari analisa pasar, seorang pengusaha dapat mengetahui peluang keuntungan dari bisnis. Wawasan ini akan sangat membantu mereka untuk menetapkan harga terbaik, melakukan distribusi dan menyusun strategi pemasaran.

Bagian ini sangat penting sebagai bahan evaluasi dan pengembangan bisnis. Kondisi pasar yang selalu berubah membuat Anda harus terus melakukan peninjauan berkala.

5. Dokumentasi Pendukung

Jangan lupa untuk menyertakan dokumentasi pendukung berupa foto dalam laporan. Dokumentasi merupakan data valid yang mengukuhkan isi bussines plan sehingga tampak lebih komplit.

Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana dalam Waktu Singkat

Setelah mengetahui aspek apa saja yang harus kita jabarkan dalam sebuah rancangan bisnis, kini kita masuk dalam pembahasan teknik penulisan agar cepat dan tepat. Trik ini akan sangat bermanfaat jika Anda membutuhkan bisnis plan secara mendadak.

Baiklah, langsung saja, begini cara membuat bisnis plan sederhana dalam waktu satu jam:

1. Tetapkan Fungsi Rancangan Bisnis

Tujuan rancangan bisnis menentukan poin apa saja yang perlu Anda bahas dan tekankan. Dengan demikian, Anda tidak perlu membuang waktu untuk menulis pembahasan yang kurang diperlukan.

Contohnya, jika Anda menulis rancangan bisnis untuk pembacaan pribadi, tidak perlu memberikan sudut pandang marketing pada kolom deskripsi produk/jasa. Anda bisa memberikan penekanan lebih dalam pada analisa pasar.

2. Buat Rancangan Bisnis dalam Jangka Waktu Pendek

Rancangan bisnis bukanlah sesuatu yang Anda susun satu kali untuk selamanya. Bisnis plan perlu pembaruan berkala, misalnya satu tahun sekali atau 6 bulan sekali.

Jika Anda ingin menyelesaikan cara membuat bisnis plan sederhana dalam waktu 1 jam, buat jangka waktu pendek untuk rancangan. Misalnya 6 bulan. Dengan demikian, Anda bisa membuat bisnis plan yang tidak terlalu tebal namun tetap berkualitas.

3. Buat Kerangka Bisnis Plan Terlebih Dahulu

Selain membuat tulisan lebih terstruktur, kerangka juga dapat membantu Anda menyusun laporan lebih cepat. 

Kerangka menyerupai jalan yang memandu penulis menuliskan seluruh detail secara berurutan.

4. Gunakan Template Bisnis Plan Gratis

Trik cara membuat bisnis plan sederhana yang efektif selanjutnya adalah menggunakan template bisnis plan. Alternatif ini akan menghindarkan Anda dari keribetan yang tidak perlu terkait dengan desain laporan.

Saat ini, Anda bisa menemukan jutaan template untuk bisnis plan secara gratis di internet. Pengguna tinggal mengunduh dan menggunakannya secara offline di perangkat.

5. Kerjakan di Tempat yang Tenang dan Mendukung

Faktor yang terakhir adalah pemilihan tempat yang mendukung konsentrasi dan kecepatan Anda dalam menulis laporan. 

Banyak penelitian menunjukkan, tempat bising dapat menurunkan konsentrasi sehingga membuat proses otak lebih lambat dan kurang fokus.

Simak juga informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian cara membuat bisnis plan sederhana dalam waktu singkat. Cocok diterapkan baik oleh pemula maupun profesional.
Related Posts