taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Strategi Memulai Usaha Kue Lebaran yang Menjanjikan

5 Strategi Memulai Usaha Kue Lebaran yang Menjanjikan

Saat ini peluang usaha di bidang kuliner bisa dibilang sangat menjanjikan. Potensi peluang bisnis makanan memiliki potensi yang sangat besar dan bisa menghasilkan keuntungan yang cukup banyak. kamu yang akan memuai usaha kue. Berikut artikel ini akan menjelaskan strategi memulai usaha kue lebaran. 
Strategi Memulai Usaha
Bisnis di bidang makanan terus mengalami perkembangan. Saat ini semakin banyak pengusaha makanan yang bermunculan, dengan ide usaha yang inovatif, tampilan, nama dan jenis penyajian yang unik dan menarik. 

Strategi Memulai Usaha Kue Lebaran

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi semua manusia, berbisnis makanan tentunya memiliki peluang yang besar. Menjelang bulan ramadan hingga akhir ramadan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan di bidang makanan adalah usaha kue lebaran. 

Kue sendiri memiliki banyak peminatnya, khususnya kue kering untuk lebaran. Kue kering memiliki permintaan yang cukup besar ketika menjelang lebaran. Bisnis ini sangat direkomendasikan buat kamu yang mencari uang tambahan yang cepat untuk lebaran. Kue kering akan laku keras dengan cepat menjelang lebaran. 

Tetapi kamu juga perlu tahu strategi memulai bisnis kue lebaran, di bawah ini akan menjelaskan 5 strategi memulai usaha kue lebaran yang menjanjikan. 

1. Tentukan Jenis Kue yang Akan kamu Jual

Di hari lebaran, orang-orang akan menyuguhkan berbagai aneka makanan yang unik dan menarik di meja tamu mereka. Hal ini adalah tradisi di Indonesia yang bisa menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Kue lebaran merupakan tren yang selalu ada setiap tahunnya yang bisa dijadikan ide bisnis yang menjanjikan.

Makanan yang biasanya di suguhkan adalah aneka macam kue kering, dimulai dari kue nastar, kue lidah kucing, rempeyek, kue salju, choco chips, kue astor dan jenis kue kering lainnya. Banyaknya ide makanan yang bisa dijual saat menjelang lebaran, bisa dijadikan ide bisnis yang menjanjikan buat kamu. 

Sebelum kamu memutuskan untuk membuka usaha kue lebaran, kamu harus memulainya dengan menentukan jenis kue yang akan kamu jual terlebih dahulu. Tentukan minimal 3 jenis kue kering untuk dijual.

Menjual kue dengan minimal 3 jenis akan memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli salah satu dari jenis kue yang kamu jual. Jual lah jenis kue sesuai dengan kemampuan kamu serta alat dan bahan yang mudah dicari di sekitar tempat tinggal kamu.  

Resep kue kering yang enak bisa kamu cari di Google atau buku-buku resep. Agar menarik konsumen untuk membeli jualan kamu, kamu bisa mengkreasikannya dengan resep baru atau tampilan kue yang lebih menarik. 

Selain itu kamu juga bisa menjual kue kering yang sudah jadi. Kamu bisa menjalin kerjasama dengan produsen-produsen kue kering untuk menjual produk mereka kembali. Ada banyak produsen kue kering yang membuka peluang menjadi reseller dan dropshipper produk mereka. 

Menjadi dropshipper dan reseller produk kue kering adalah strategi bisnis kue lebaran yang mudah buat kamu yang tidak bisa masak, namun ingin menjual kue lebaran.

2. Survey Pasar

Sebelum memutuskan untuk menjual kue kering. Ada baiknya kamu melakukan survey pasar terlebih dahulu. Survey adalah strategi memulai usaha kue lebaran yang wajib kamu lakukan. Jika kamu menjual kue buatan sendiri, kamu bisa melakukannya dengan cara meminta orang-orang menilai hasil makanan buatan kamu. 

Tetapi jika kamu menjual makanan hasil buatan orang lain, ada baiknya kamu mengecek sejauh mana tingkat penjualan produknya. Cara lainnya adalah dengan membeli produk mereka dan mencobanya terlebih dahulu, jika dirasa enak kamu harus segera bekerjasama dengan mereka. 

3. Perhatikan Kadaluwarsa Produk

Bisnis di bidang makanan tentu harus benar-benar teliti dan hati-hati. Makanan itu ada masa kadaluwarsanya. Sebagai pengusaha makanan, sudah seharunya menjual makanan yang bersih dan fresh. 

Demi menjaga bisnis kue kering, kamu harus benar-benar hati-hati dan teliti. Kamu harus mengetahui masa kadaluwarsa produk kue kering yang kamu jual. Jika itu buatan sendiri, maka harus bisa menentukan masa kadaluwarsanya sendiri dan mencantumkan label kadaluwarsanya ke dalam kemasan. 

Namun jika kuenya bukan buatan kamu, kamu harus mengecek masa kadaluwarsa yang tertera di produk kue keringnya. Pastikan bahwa kamu menjual yang sudah mencantumkan masa kadaluwarsanya. 

Bisnis kamu akan bermasalah jika kamu menjual makanan yang sudah kadaluwarsa. Pelanggan akan mengurungkan niatnya untuk belanja produk kamu, maka agar terhindar dari masalah ini, kamu harus benar-benar memperhatikan semua produk makanan kamu. pastikan bahwa produknya masih segar dan belum kadaluwarsa. 

4. Mempromosikannya di Media Sosial

Saat ini media sosial adalah senjata pertama untuk mempromosikan bisnis kamu. Jika kamu ingin mendapatkan tingkat penjualan kue yang besar, maka kamu harus menguasai media sosial untuk memasarkan produk jualan kamu. 

Di bulan ramadan aktifitas di media sosial masih besar. Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk membuka media sosial. Ini menjadi kesempatan bagus untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan kue lebaran. 

Media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook dan Tiktok adalah platform yang paling banyak digunakan. Sebagai pengusaha kue lebaran yang ingin menghasilkan pendapatan yang besar kamu harus memanfaatkan Instagram, Facebook dan Tiktok untuk berjualan kue lebaran.

5. Menjalin Komunikasi yang Baik Dengan Pelanggan

Komunikasi antara pembeli dan pelanggan haruslah terjalin dengan baik. Cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan jujur kepada pelanggan. 

Berikan keterangan produk kamu dengan jujur. Misalnya dari segi berat kue dan rasa harus benar-benar disampaikan sesuai dengan kenyataan. 

Cara lain untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah dengan memberikan diskon dan promo khusus untuk mereka. Misalnya memberikan diskon kepada mereka yang membeli produk kamu lebih dari 10 pcs dalam satu kali transaksi. 

Strategi memulai usaha kue lebaran yang satu ini dijamin akan meningkatkan penjualan kamu. Semakin banyak yang membeli produk kamu, maka akan semakin banyak pendapatan yang akan kamu dapatkan.

Informasi di atas adalah 5 strategi memulai usaha kue lebaran yang wajib kamu lakukan. 

Simak juga informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Semoga informasi tentang strategi memulai usaha kue lebaran di atas bermanfaat buat kamu dan dapat meningkatkan penjualan bisnis kue lebaran kamu. 
Related Posts