taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 8 Strategi Memulai Usaha Hampers Lebaran yang Menguntungkan

Inilah 8 Strategi Memulai Usaha Hampers Lebaran yang Menguntungkan

Saat ini peluang usaha di Indonesia sangat banyak dan beragam. Khususnya di bulan ramadan ada banyak ide usaha yang bisa kamu jalankan. 
Strategi Memulai Usaha
Salah satunya kamu bisa memulai usaha hampers lebaran. Namun sebelum memutuskan membuka usaha hampers, terlebih dahulu kamu harus tahu strategi memulai usaha hampers lebaran.

Bisnis hampers di bulan ramadan sangat menjanjikan. Potensi bisnis ini bisa dibilang sangat besar dan dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. 

Jangan sampai kamu melewatkan peluang bisnis yang besar ini. Agar sukses menjalankan bisnisnya, kamu perlu menerapkan strategi bisnis hampers ramadan di bawah ini.

Strategi Memulai Usaha Hampers Lebaran

Menjelang bulan ramadan banyak ide bisnis bermunculan, salah satunya bisnis hampers lebaran. Bisnis hampers termasuk bisnis yang menjanjikan khususnya di bulan ramadan. 

yang menginginkan uang tambahan untuk lebaran, bisnis hampers merupakan kesempatan besar untuk mendapatkan uang yang cepat di bulan ramadan. Bisnis hampers merupakan bisnis musiman yang terbilang menjanjikan. 

Memulai bisnis hampers agar dapat meraup keuntungan yang besar, tentunya harus mengetahui strateginya. Di bawah ini strategi memulai usaha hampers yang menguntungkan.

1. Menentukan Jenis Hampers Terlebih Dahulu

Isian hampers ramadan sangatlah beragam. Biasanya berupa makanan dan minuman. Kamu yang ingin berjualan hampers makanan bisa berupa ketupat, snack, bumbu dapur, bahan organik, kue kering hingga frozen food. Adapun minuman biasanya berupa minuman soda, kopi, teh dan lainnya. 

Kebutuhan sehari-hari sangatlah beragam yang bisa dijadikan ide bisnis hampers lebaran. Seperti kebutuhan skincare dan make up, isiannya dapat berupa facial wash, body wash, handbody, bedak, dan lainnya

Saat ini, selain hampers makanan dan minuman kamu juga bisa menentukan barang lain untuk dijadikan hampers. Misalnya kamu bisa mengkreasikan hampers dengan isian berupa handuk, skincare, pakaian dan lainnya. 

Alternatif lainnya untuk dijadikan ide usaha hampers lebaran adalah perlengkapan ibadah. Isian dapat berupa mukena, sarung, kopiah, sejadah, tasbih, Al-Qur’an dan lainnya. Ide bisnis hampers perlengkapan ibadah menjelang ramadan sangatlah menjanjikan, banyak orang yang membeli perlengkapan ibadah untuk digunakan di saat bulan suci dan hari lebaran. 

Hanya menyediakan isian dan perlengkapan untuk menghiasnya, berupa keranjang dan pita. Kamu sudah bisa memulai usaha hampers ramadan. Bahkan kamu bisa memulainya hanya dari rumah saja. 

2. Survey Produk Terlebih Dahulu

Sebelum memulai bisnis kamu harus melakukan survey produk terlebih dahulu. Survey pasar adalah strategi memulai usaha hampers yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. 

Jika kamu akan menjual hampers makanan, cara melakukan surveynya adalah dengan meminta orang-orang terdekat untuk menilai makanannya, dan meminta mereka untuk menilai hasil kreasi kemasan hampersnya. 

Minta mereka  apakah hampers buatanmu sudah bagus dan layak untuk dijual atau tidak. Selain itu kamu juga bisa melakukan survey untuk harga hampers produk kamu. Hasil survey ini sebagai bahan pertimbangan kamu untuk menjalankan bisnis hampers ramadan. 

3. Amati dan Modifikasi Produk Hampers Orang Lain

Strategi memulai usaha hampers ramadan selanjutnya adalah dengan mengamati dan memodifikasi produk mereka. Agar bisa bersaing di dunia bisnis kamu harus sering melakukan strategi mengamati dan memodifikasi produk mereka. 

Perhatikan komposisi paket, hiasan, pengemasan, jenis hampers, hingga harga jual produk mereka. Catatlah kekurangan dan kelebihan produk mereka, dengan begitu akan mempermudah kamu untuk membangun bisnis hampers. 

Usaha mereka bisa dijadikan referensi untuk ide bisnis hampers yang akan kamu jalankan. Selain itu kamu bisa mempelajari cara mereka mempromosikan produknya. 

Meskipun bisnis ini musiman, namun bisnis ini terbilang menjanjikan dengan jangka waktu yang panjang. Karena bisnis ini adalah tren bisnis tahunan yang selalu hadir menjelang ramadan.

4. Mempromosikannya di Media Sosial

Aktifitas seorang pengusaha yang wajib dilakukan adalah mempromosikan produknya. Saat ini kamu bisa melakukan promosi hampers ramadan di media sosial. Minimalnya kamu mempromosikannya di Instagram, Facebook dan Tiktok.

Tiga aplikasi tersebut adalah aplikasi yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Peluang terjualnya produk hampers dengan promosi di media sosial sangatlah besar. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan tingkat penjualan produk hampers hingga ratusan per hari. 

5. Kreasikan Hampers Semenarik Mungkin

Orang-orang akan membeli hampers yang menarik dengan harga terjangkau. Jadi harus dipastikan bahwa produk hampers kamu dikemas dengan rapi dan menarik mereka untuk membeli produk kamu.

Cara mengemas hampers bisa kamu pelajari dari video tutorial mengemas produk di YouTube. Semakin cantik hampers yang kamu jual akan semakin besar peluang untuk habis terjual dalam satu hari. 

6. Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Sebagai pengusaha ujung tombak keberhasilan bisnis adalah dari tingkat penjualan. Semakin banyak yang membeli produk kamu, maka bisa menghasilkan uang yang lebih besar. 

Agar produk terjual dengan cepat dan membuat orang merekomendasikan usaha kamu kepada orang lain, maka jalinlah komunikasi yang baik dengan mereka. Caranya dengan melayani mereka dengan ramah dan sopan. 

Kamu juga bisa memberikan promo-promo khusus kepada mereka. Mengadakan promo khusus membuat mereka semakin tertarik untuk membeli produk kamu. 

7. Perhatikan Kadaluwarsa Produk

Jika kamu menjual hampers berupa makanan, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kadaluwarsa produknya. Jangan sampai kamu menjual hampers makanan yang produknya sudah kadaluwarsa. 

Membuat kekecewaan kepada konsumen akan menghancurkan bisnis kamu, ketika mereka tahu produk kamu kadaluwarsa jangan harap mereka akan membeli jualan kamu kembali atau menawarkannya kembali kepada orang lain. 

8. Membuka Kesempatan Menjadi Dropshipper dan Reseller Usaha Kamu

Cara cepat menghasilkan penjualan yang banyak adalah dengan membuka kesempatan menjadi dropshipper dan reseller bisnis kamu. Cara ini bisa menghasilkan penjualan yang cepat dan kamu tidak perlu promosi yang besar-besaran, karena dropshipper dan reseller yang akan mempromosikan produk kamu. 

Namun sebelum memutuskan mengajak orang lain menjadi dropshipper dan reseller usaha kamu. Kamu harus membuat aturannya terlebih dahulu. 

Misalnya jika ada yang ingin menjadi reseller, mereka harus belanja produk terlebih dahulu, minimalnya 10 pcs, maka mereka akan mendapatkan potongan harga tertentu di setiap produknya. 

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Informasi 8 strategi memulai usaha hampers ramadan di atas semoga bermanfaat. Semoga bisnis kamu berjalan lancar ya. 
Related Posts