taupasar.com

we read, we create and we share it.

Laris Manis, Begini Cara Memasarkan Produk Agar Untung Besar

Laris Manis, Begini Cara Memasarkan Produk Agar Untung Besar

Melakukan sebuah bisnis kamu perlu mengetahui dan memahami bagaimana memasarkan suatu produk agar produk yang kamu produksi laris manis. Jadi tidak heran pemasaran disebut sebagai kunci keberhasilan dalam melakukan bisnis.
Cara Memasarkan Produk
Sebagus apapun produk kamu jika tidak ada yang tahu eksistensinya akan menjadi tidak berarti, maka dari itu dengan adanya peran pemasaran ini khalayak akan penasaran dengan produk kamu dan mulai tertarik untuk membeli.

Kalau begitu bagaimana cara memasarkan produk agar untung besar? Jangan khawatir, disini kami akan memberikan informasi tentang cara memasarkan produk agar untung besar dan penjualan meningkat. Berikut penjelasannya.

Cara Memasarkan Produk Agar Untung Besar

1. Lakukan Riset tentang Target Pasar

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami target pasar, tujuannya agar produk yang kamu pasarkan sesuai dengan sasarannya. Semakin spesifik targetnya maka semakin besar pula peluang bisnis kamu untuk sukses.

Kamu harus teliti dalam memilih produk untuk dijual, pilihlah yang dibutuhkan oleh banyak orang, karena bila produk kamu banyak dibutuhkan oleh khalayak maka penjualannya pun akan mudah. Pastikan kamu sudah pertimbangkan siapa saja yang cocok untuk mengunakan produk kamu.

Memiliki produk yang unik akan memberikan perhatian besar dari masyarakat, jadi tidak ada salahnya kamu mencipatkan keunikan produk kamu sehingga nantinya bisa menjadi identitas dari bisnis kamu tersebut.

Setelah itu buatlah profil target pasar agar lebih memudahkan kamu untuk merancang strategi pemasaran yang bagus dan menarik perhatian calon konsumen kamu.

2. Tingkatkan Penjualan dengan Lakukan Promosi

Menjadi pelaku bisnis tentu harus bisa dan memiliki strategi penjualan dalam mempromosikan produk agar meningkatkan brand reputation kamu. 

Melakukan promosi bisa meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan, maka dari itu perhatikan jalur promosi kamu agar sesuai dengan produki yang ingin kamu pasarkan.

Media sosial bisa menjadi pilihan kamu dalam melakukan promosi, tentu saja cara ini memberikan kemudahan karena banyak yang menggunakan sosial media di era globalisasi saat ini. Kamu bisa menggunakan cara dengan membagikan brosur atau pamflet di tempat umum.

Jangan lupa juga menggunakan sistem word of mouth publicity, cara ini memiliki kekuatan ajaib karena dapat menyebar dan menjaring khalayak lebih banyak.

Perhatikan pula cara promosi kompetitor agar kamu tidak kalah saing, kamu bisa memberikan giveaway seperti diskon atau hadiah untuk menarik pelanggan kamu. Semakin menarik penawaran promosi kamu makan semakin besar kamu untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

3. Memberikan Layanan Terbaik

Cara memasarkan produk agar untung besar yang tidak bisa kamu sepelekan adalah memberikan layanan terbaik terhadap konsumen produk kamu, buatlah mereka puas karena telah menggunakan produk yang kamu jual. 

Memiliki pelayanan yang berkualitas pastinya akan mendapatkan pengalaman yang bagus bagi pelanggan sehingga mereka tidak segan untuk menggunakan produk kamu lagi.

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan bisa menjadi salah satu pelayan terbaik, sehingga kamu bisa menghubungi mereka untuk bertanya soal testimoni tehadap produk yang kamu jual. 

Memberikan reward setiap mereka beli produk kamu bisa kamu gunakan agar pelanggan kamu setia untuk menggunakan jasa kamu.

4. Menjaga Kualitas Produk

Menjaga dan mempertahankan kualitas produk kamu agar tidak mengalami penurunan, karena rata-rata pebisnis mengalami kegagalan salah satunya karena kualitas produk yang berkurang.

Jika kamu pebisnis food and beverage pasti konsisten terhadap rasa karena hal ini sangat mengentukan pelanggan yang datang, begitu juga dengan pebisnis dibidang lain namun bagian layanan lah yang lebih ditonjolkan. Jadi jangan sampai pelayanan serta kualitas usaha kamu mengalami penurunan dan terdapat komplain dari pelanggan kamu.

5. Gunakan Digital Marketing

Memanfaatkan teknologi di zaman sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah, maka dari itu kamu bisa memanfaatkan digital marketing untuk bisnis kamu. 

Menggunakan cara ini tentu sangat penting karena sekarang banyak orang yang lebih memilih melakukan sesuatu dengan online tanpa ada batasan wilayah dan bisa menjangkau banyak orang.

Menggunakan digital marketing kamu bisa melakukan promosi atau memperkenal produk kamu seperti iklan di sosial media, SEO, iklan Goole, dan email marketing.

Pemasaran media sosial harus memiliki konsep yang matang dan baik. Mempunyai karakter berbeda dalam memperkenal produk ke khalayak dengan sosial media akan memberikan rasa tertarik dari calon pelanggan kamu.

6. Bergabung dengan Marketplace

Cara memasarkan produk agar untung besar selanjutnya adalah bergabung dengan marketplace. Saat ini banyak sekali platform marketplace yang bisa membantu kamu berkembang dalam berbisnis, bergabung dengan marketplace bisa membuat bisnis kamu dikenal oleh khalayak.

Menyediakan fitur yang menarik yang bisa kamu manfaatkan agar nilai penjualan kamu semakin meningkat, kamu juga bisa menggunakan lebih dari satu jenis marketplace demi menjangkau lebih luas target konsumen.

Kiat Sukses dalam Berbisnis


1. Menggunakan Strategi Akuisisi

Stategi bisnis akuisisi adalah usaha membeli perusahaan atau brand produksi tambahan dari produk yang telah ada. Keuntungannya adalah dengan modal besar sebuah perusahaan dapat menilai potensi bisnis yang akan diakuisisi sesuai dengan visi.

Strategi akuisisi ini kamu lakukan saat usaha bisnis kamu yang telah menguasai bisnis secara offline namun belum telalu menguasai di pasar online.

2. Diferensiasi Produk

Menggunakan cara ini akan menggali secara strategis faktor yang membedakan produk kamu dari kompetitor. Menonjol dari pesaing menjadi sayarat utama untuk kesuksesan dalam berbisnis. 

Jika konsumen tidak bisa menemukan perbedaan usaha kamu dengan kompetitor lain maka kamu akan mengalami kesulitan dalam melakukan jualan produk tersebut.

3. Penetapan Harga

Ada dua plihan dalam melakukan penetapan harga. Pertama menjaga harga tetap rendah agar lebih menarik pelanggan, tapi jumlah laba yang rendah akan membuat bisnis kamu harus menjual banyak produk untuk menghasilkan uang.

Kedua, penetapan harga lebih tinggi yang menjangkau konsumen level menengah untuk memberikan produk kamu dengan nilai aspirasional.

Kamu harus mempertimbangkan penetapan harga pada biaya produksi dan laba. Faktor penting dalam menentukan harga adalah pertimbangan biaya yang telah dikeluarkan untuk menghasilkan produk.

4. Konten Menarik

Menggunakan konten untuk pemasaran produk kamu bisa dikatakan efektif dan dapat diimpementasikan dengan baik. Konten dapat menggerakkan hati perlanggan dan menyampaikan nilai-nilai dari bisnis kamu.

Kembangkan konten secara spesifik, sehingga membuat calon pembeli menjadi pelanggan setia kamu dan responsif disetiap interaksi dengan pelanggan kamu. Karena hubungan dengan konsumen merupakan investasi yang paling berharga.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi tentang cara memasarkan produk agar untung besar. Semoga bermanfaat dan bisa kamu terapkan dalam meningkatkan produk usaha kamu. Jika sudah mendapatkan keuntungan dari bisnis kamu, pastikan kamu mengelolanya dengan sebaik mungkin agar kamu tidak mengalami hal yang merugikan.

Penulis: Putri Geo
Related Posts