taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Cara Mencari Investor Bisnis yang Tepat, Kamu Wajib Tahu!

8 Cara Mencari Investor Bisnis yang Tepat, Kamu Wajib Tahu!

Dalam menjalankan sebuah bisnis tidak melulu berhasil karena banyaknya kompetitor yang ada dan modal usaha yang terbatas.
Cara Mencari Investor Bisnis
Ada banyak sekali calon pengusaha yang memiliki banyak ide kreatif untuk memulai sebuah bisnis hingga sukses tetapi mereka tidak berani mengambil risiko yang tinggi. Sebenarnya ada banyak ide untuk bisnis yang memiliki prospek yang baik untuk di masa mendatang. 

Namun, tidak semua bisnis itu bisa dimulai dengan tanpa modal besar. Adapun bisnis yang bisa dimulai dengan modal sendiri, akan tetapi seringkali butuh tambahan modal besar untuk bisa berkembang.

Maka dari itu, bagi kamu yang menekuni sebagai pengusaha harus tahu cara mencari investor bisnis yang tepat sehingga usaha yang kamu jalankan bisa berkembang. Tanpa basa-basi, yuk ketahui 8 cara mencari investor bisnis yang tepat. Dijamin bisnis kamu bisa semakin berkembang.

Cara Mencari Investor Bisnis yang Tepat

1. Mengajukan Proposal

Cara mencari investor bisnis yang tepat yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat proposal. Proposal ini bisa menjadi jembatan antara perusahaan dengan investor maupun pinjaman dana sebagai tambahan modal.

Pembuatan proposal harus dibuat semenarik mungkin serta sesuai dengan kondisi usaha yang akan memberikan dampak positif terhadap penilaian bisnis kamu. Sangat penting bagi kamu untuk membuat proposal yang sangat menarik, sehingga para calon investor akan lebih mudah tertarik untuk membaca lebih dalam rancangan bisnis kamu.

2. Bikin Presentasi yang Menarik

Selain mengajukan rencana bisnis dalam bentuk proposal, saat kamu mencari investor alangkah baiknya melakukan presentasi yang menarik. Membuat presentasi rencana bisnis yang menarik dengan media yang mendukung sehingga bisa menarik minat investor untuk melakukan pembiayaan bisnis kamu.

Dalam tahap presentasi inilah, kamu bisa menjelaskan secara rinci mengenai strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di masa depan sebagai cara menarik investor asing. Dengan strategi bisnis yang matang pasti bisa membuat investor lebih yakin untuk melakukan pendanaan terhadap bisnis tersebut.

3. Menjelaskan Resiko Usaha 

Apapun jenis usaha yang dijalankan pasti akan mengalami sebuah risiko. Nah, untuk itu kamu juga perlu menjelaskan risiko apa saja yang akan dialami oleh calon investor. Ingat, jangan menyembunyikan risiko tersebut pada calon investor jika ingin mendapatkan tambahan modal usaha.

Investor perlu tahu tentang hambatan apa yang akan dialami perusahaan dan mungkin saja bisa memberikan solusi untuk mengurangi risiko usaha tersebut.

Kebanyakan investor juga lebih memilih pengusaha yang jujur dan bisa dipercaya untuk diajak bekerja sama. Jadi cara mencari investor bisnis yang tepat yang harus kamu terapkan adalah dengan menjelaskan resiko dari bisnis yang kamu jalani.

4. Perluas Relasi

Secara umum, investor akan menerima penawaran dari berbagai macam perusahaan, dan biasanya mereka akan memilih perusahaan yang telah mereka kenal dan dirasa familiar. 

Tidak jarang para investor akan memberikan investasi kepada perusahaan yang telah direkomendasikan kenalan atau partner bisnis yang mereka percaya. Jadi, cara mencari investor bisnis yang tepat dengan memperluas relasi agar kamu bisa mendapatkan investor.

Mulailah memperluas relasi kamu dari lingkungan yang dekat dahulu seperti teman, alumni, maupun event seputar bisnis yang ada disekitar. Jika kamu mendapatkan investor yang tidak memiliki kenalan yang tidak bisa menghubungkan kamu dengan investor tersebut.

Maka kamu bisa mengikuti pemeran, kompetisi, dan forum bisnis. Biasa dalam acara itu banyak investor yang diundang. Selain itu, kamu juga dapat menjalin kerja sama atau menambah jaringan dengan para profesional yang bisa bermanfaat untuk jangka panjang.

5. Memanfaatkan Media Sosial

Cara investor bisnis yang tepat selanjutnya dengan memanfaatkan media sosial. Bisa dikatakan saat ini, media sosial menjadi alat dalam melakukan segala hal. Salah satunya dalam mengembangkan usaha kamu untuk mencari investor ataupun melakukan branding.

Maka dari itu, bisa dimulai dengan mencari di media sosial venture capital yang ada di Indonesia. Kamu bisa mencari-cari informasi bagaimana caranya bisa mendapatkan investasi dari perusahaan tersebut.

6. Bootstrapping

Selanjutnya cara mencari investor bisnis yang tepat adalah dengan menggunakan  Bootstrapping. Bootstrapping merupakan jalur atau strategi pengembangan usaha dimana pendiri atau pemilik bisnis, memilih mengandalkan kekuatan internal.

Cara Bootstrapping bisa diartikan merogoh kocek pribadi, baik antara sesama pendiri, maupun dana dari keluarga. Ada dua alasan yang melatarbelakanginya cara ini, yaitu karena tuntutan keadaan dan idealisme.

Idealisme maksudnya setiap bisnis memiliki nilai sendiri yang dipertahankan untuk menunjang visi bisnisnya. Kehadiran investor, yang membawa dana besar selain menguntungkan, juga memiliki kendali yang besar terhadap usaha tersebut.

7. Angel Investor

Selanjutnya kamu bisa menggunakan cara Angel investor. Angel investor yaitu individu yang memiliki kekayaan cukup banyak, hingga bersedia untuk menyediakan dana. Sebagai imbalannya, bisnis kamu akan memberikan saham untuk angel investor tersebut.

Dana yang disediakan pula bisa berupa suntikkan dana investasi satu kali agar bisa membantu bisnis kamu jalankan semakin berkembang.

8. Buat Laporan Keuangan Secara Lengkap

Salah satu faktor penting cara mendapatkan investor bisnis yang tepat adalah kami harus punya laporan keuangan yang lengkap.

Jadi Sebelum melakukan investasi, biasanya para investor akan memeriksa laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak. Oleh karena itu, mulai sekarang buatlah susunan laporan keuangan perusahan yang jelas, bagus, dan lengkap. 

Laporan keuangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para calon investor untuk melakukan kerjasama dengan bisnis yang kamu jalankan atau tidak.

Sebagai informasi tambahan Anda bisa menyimak sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi tentang cara mencari investor bisnis yang tepat, semoga informasi ini bermanfaat sekaligus bisa menjadi referensi kamu dalam membangun sebuah bisnis. Membangun bisnis memang tidak susah namun juga tidak mudah, maka dari itu diperlukan usaha dan kerja keras serta pantang menyerah pada tujuan awal yang ingin dicapai. Semangat dan semoga sukses!

Penulis: Putri Geo
Related Posts