taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mencari Bisnis yang Tepat, Cocok untuk Pemula

Cara Mencari Bisnis yang Tepat, Cocok untuk Pemula

Tanpa disadari, ternyata jenis-jenis bisnis itu sangat banyak sekali dan beragam. Hal inilah akan membuat pemula bingung bagaimana cara mencari bisnis yang tepat untuk dirinya.
Cara Mencari Bisnis yang Tepat
Maka dari itu, terdapat dua pilihan yang harus kamu pilih yaitu pertama, menjadi pekerja dan yang kedua adalah menjadi pengusaha.

Cara mencari bisnis yang tepat memang harus dipikirkan dengan rancangan yang matang. Dengan begitu, pastinya kamu tidak akan asal-asalan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Buat kamu yang saat ini bingung untuk mencari bisnis, kali ini pembahasan yang akan diulas tentang cara mencari bisnis yang tepat. Check it out!

Cara Mencari Bisnis yang Tepat

1. Melalui Hobi atau Keahlian

Tidak perlu jauh-jauh mencarinya, dengan hobi yang kamu miliki bisa menjadi cara mencari bisnis yang tepat. Hobi yang dimaksud ini aktivitas yang produktif sehingga bisa berpotensi menghasilkan uang.

Biasanya jika melakukan pekerjaan atau bisnis berdasarkan hobi dan keahlian, pasti mudah mencapai kesuksesan karena menjalankannya dengan yang disenangi. Hobi yang kamu miliki sama dengan bisnis orang lain? Jangan khawatir.

Seperti istilah mencari pintu masuk yang berbeda dengan mereka, misalnya hobi kamu masak-masak. Apabila orang lain cara bisnisnya dengan jasa katering, maka tidak ada salahnya kamu buka kelas memasak atau melakukan tutorial masak yang dilakukan secara online

2. Melihat Sekitar Masyarakat

Cara mencari bisnis yang tepat selanjutnya yaitu melihat lingkungan masyarakat, maksudnya cari tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri sehingga bisa berpotensi dari apa yang akan kamu jual.

Memulai dengan apa yang menjadi permasalahan bagi masyarakat di sekitar kamu. Dari sanalah kamu bisa mendapatkan peluang Misalnya, jika di lingkungan tempat kamu masyarakatnya kesulitan mendapatkan air bersih. 

Maka kamu bisa menjual air mineral dengan harga yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu mahal. Dengan buka bisnis depot air minum kamu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan pastinya bisa mendapatkan cuan.

3. Sesuaikan dengan Modal yang Dimiliki

Antara modal dengan jenis bisnis yang kamu inginkan sebaiknya harus dipikirkan secara matang. Sebagai pemula, jangan sampai bisnis yang kamu inginkan memiliki modalnya lebih besar dari modal yang miliki. 

Tidak perlu takut apabila modal kamu yang tidak terlalu besar. Jika kamu mampu mengelola bisnis ini dengan baik, maka modal yang kamu keluarkan itu bos saja menghasilkan keuntungan besar.

Sebanyak apapun modal yang dikeluarkan jika pengelolaan tidak becus percuma saja, jadi sesuaikan saja dengan kapasitas kamu.

4. Berpikir Out of The Box

Ketika banyak orang yang menjalankan bisnis berdasarkan apa yang sudah ada sebelumnya, maka dari itu kamu sebisa mungkin mencari bisnis yang tepat dengan mencari diluar kebiasaan itu tapi tetap berupa solusi bagi masyarakat.

Kita bisa lihat bagaimana konsep belanja online yang digagas oleh sebuah perusahaan startup tidak mengikuti kebiasaan jualan dan transaksi secara konvensional. 

Dan lihat, saat ini tren belanja berbasis online telah digandrungi oleh masyatakat. Kamu bisa mempelajari perkembangan teknologi yang semakin canggih dan menawarkan berbagai kemudahan, sebagai cara mencari bisnis yang tepat dikemukakan oleh kamu.

5. Mengetahui Tren Masyarakat

Meski tidak menjamin akan bertahan lama, produk yang sedang tren memang selalu menarik sebagai landasan untuk memulai bisnis, terutama bila kamu masih belum yakin harus memulai dari mana.

Cara mencari bisnis yang tepat bisa dicoba melihat yang sedang tren di media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Dari sini kamu bisa menemukan usaha-usaha di bidang jasa, kuliner, maupun fashion

Sebagai contoh peluang bisnis di bidang kuliner yang sedang tren di antaranya minuman seperti cappucino cincau, thai tea, es kepal milo, dan boba tea. 

Makanan pastinya memiliki banyak jenis bahkan beberapanya sempat menjadi tren, seperti makanan yang serba hitam yang sangat disukai oleh masyarakat. Contoh makanan black burger dan balck kebab.

6. Kombinasi dengan Produk Sejenis

Sebagai pemula yang baru masuk ke sebuah pasar, sangat penting untuk mempelajari produk-produk apa saja yang sudah ada di pasaran. 

Tugas kamu sebenarnya bukan hanya sekedar mengetahuinya saja, tetapi memahami dan menilai semua aspek yang mana kelebihan dan kekurangan dari produk kompetitor tersebut.

Keinginan dan kebutuhan dalam pasar terhadap produk yang sudah ada, tetapi belum terwujud juga bisa menjadi catatan penting yang harus kamu miliki. 

Dengan informasi-informasi yang didapat, kamu bisa melakukan kombinasi serta menciptakan ide bisnis baru yang inovatif sekaligus kreatif dan kompetitif.

Kamu harus tahu, secara garis besar kamu harus melalui 3 tahap yaitu pahami, tiru, kemudian modifikasi.

Contoh nyatanya tentang keberadaan ojek online karena melihat kebutuhan transportasi yang tinggi. Untuk menyempurnakan ojek konvensional dari berbagai aspek yang telah ada sebelumnya.

7. Kreativitas

Sejatinya cara mencari bisnis yang tepat, diperlukan yang namanya kreativitas dan inspirasi. Kreativitas itu dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru dan memberi ide kreatif dalam memecahkan masalah yang ada.

Solusi dari sebuah persoalan adalah ide bisnis. Contoh nyatanya kebutuhan akan peralatan sehari-hari, semua itu dimulai dari sebuah persoalan lantas kreativitas manusia muncul menciptakan berbagai alat yang membantu menyelesaikan persoalan tersebut.

Maka tidak ada salahnya lebih banyak melibatkan diri dengan hal-hal yang memancing kreativitas tersebut. Kamu bisa mencoba dengan liburan, mengunjungi pameran-pameran seni, atau bergabung pada forum-forum kreatif.

8. Niat dan Fokus

Keuntungan dan kerugian yang dialami oleh seorang pebisnis itu sudah menjadi hal lumrah dan sebagai makanan sejati-harinya.

Jika kamu sudah fokus dan niat, tentunya akan lebih mudah dalam menjalaninya. Untuk yang masih pemula, jangan mendadak merasa down jika terdapat kejadian hal-hal yang tidak diinginkan dalam menjalankan bisnis. 

Hal inilah yang membuat betapa pentingnya niat dan fokus untuk diterapkan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Sebenarnya masih banyak lagi sumber-sumber untuk mencari bisnis yang tepat. Kuncinya jangan takut untuk memulai, asah terus kemampuanmu dalam mencari suatu ide yang cemerlang, meskipun  sederhana tapi suatu saat dapat menjadi sesuatu yang luar bisa.

Informasi berikut ini juga bisa dijadikan referensi yang tepat bagi kamu semua.

Baca juga:





Demikian informasi tentang cara mencari bisnis yang tepat yang pastinya cocok bagi pemula yang baru masuk dunia bisnis.

Penulis: Putri Geo
Related Posts