taupasar.com

we read, we create and we share it.

Dapatkan Cuan Lebih dengan Cara Mencari Bisnis Sampingan

Dapatkan Cuan Lebih dengan Cara Mencari Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan bisa menjadi opsi banyak orang untuk menambah cuan atau penghasilan tetap. Siapa saja bisa melakukan bisnis sampingan ini mulai dari ibu rumah tangga, karyawan perusahaan, hingga mahasiswa. 
Cara Mencari Bisnis
Selagi masih memiliki waktu luang dan ide bisnis yang terencana. Bisnis sampingan ini sangat menarik untuk dijalani, karena tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini.

Hal itu disebabkan tujuan bisnis sampingan ini memang sebatas sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan. Tingkat kompetisinya yang rendah sehingga bisa menjadi peluang sukses semakin besar.

Apabila kamu memiliki ide yang unik dan menarik yang jarang digunakan oleh banyak orang. Nah, kamu hanya tinggal merancang strategi jitu untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.
Jadi bagaimana cara mencari bisnis sampingan?

Berikut beberapa cara mencari bisnis sampingan yang perlu kamu ketahui:

Cara Mencari Bisnis Sampingan

1. Disiplin Mengatur Waktu

Karena memang merupakan bisnis sampingan sebab memiliki pekerjaan utama, pastinya kamu harus bisa mengatur waktu kamu agar tidak kateter.

Buat jadwal setiap harinya hal ini bertujuan agar bisnis utama kamu tidak terganggu. Pastikan juga ya untuk selalu mematuhi jadwal yang dibuat agar aktivitas yang kamu jalankan tidak berantakan.

2. Tidak Takut Capek

Namanya dalam berbisnis pasti ada rasa lelah dan capek menyertai. Hal itu disebabkan terkurasnya energi karena terbaginya tenaga dan waktu pada bisnis utama dan sampingan.

Meskipun begitu jangan sampai kamu berlarut dari rasa itu. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan serta kuatkan tekad agar komitmen mencari penghasilan tambahan bisa dipegang teguh.

3. Lakukan Riset

Zaman sekarang untuk melakukan riset tidak hanya melulu dari media cetak, kamu bisa mencoba nya melalui internet.

Internet itu sendiri banyak menyediakan berbagai peluang yang membantu bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara mencari bisnis sampingan dengan internet secara baik dan kreatif untuk menggali berbagai informasi terkait cara mendapatkan penghasilan tambahan.

Meskipun bisa memberi kemudahan, pastikan untuk double cross check informasi tersebut secara teliti. Hal ini bertujuan karena banyaknya kasus penipuan berkedok cara mendapatkan penghasilan tambahan di internet.

4. Manfaatkan Smartphone

Cara mencari bisnis sampingan selanjutnya dengan menggunakan aset. Aset yang dimaksud tidak perlu yang besar, kamu bisa gunakan smartphone yang bisa dijadikan sebagai aset besar jika dimanfaatkan dengan baik cuan tambahan.

Contohnya seperti bisnis online yang bisa dilakukan di dimana saja misal menjadi admin sosial media secara freelance, berjualan game online, hingga dropshipper.

5. Gali Hobi dan Keahlian

Bagi sebagian orang yang belum menyadari bahwa dengan hobi bisa menjadi sarana untuk mendapatkan bisnis sampingan.

Misalnya kamu hobi menulis, dengan keahlianmu itu bisa kamu gunakan untuk membuat artikel, cerpen, novel, dan bentuk penulisan lainnya.

Jika kamu suka memotret, gunakan hobi itu dengan membuka jasa foto atau bisa juga menjadi fotografer lepas.

Setelah mengetahui cara mencari bisnis sampingan, berikut ada beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan untuk menambah cuan.

Ide Bisnis Yang Tepat

1. Bisnis Sampingan Menyediakan Jasa

Semakin perkembangan zaman banyak sekali masyarakat lebih memilih praktis dalam melakukan segala hal karena bisa menghemat waktu.

Nah hal itu bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa layanan seperti membuka jasa laundry kiloan, cuci kendaraan, desain grafis, les privat, agen asuransi, penerjemah, dan jasa lainnya.

2. Bisnis Sampingan Menawarkan Barang

Selain dengan jasa layanan, menawarkan barang bisa menjadi ide bisnis sampingan yang cemerlang untuk dilakukan.

Contohnya saja dengan menjual pulsa elektrik, jual beli motor bekas, dan menjual barang bekas yang layak pakai.

3. Bisnis Sampingan Menyajikan Santapan

Berbisnis sampingan dengan menyajikan santapan juga tidak boleh dilupakan, apalagi kebutuhan pokok manusia adalah makanan dan minuman.

Misalnya seperti membuat sarapan, buka warung kopi malam, dan jual aneka kue.

4. Bisnis Sampingan Online

Internet atau online memang lagi digandrungi oleh masyarakat. Baik itu dari kalangan muda maupun tua sudah banyak beralih melakukan bisnis online ini.

Misalnya saja membuat blog, buka toko online, MLM online, jual foto di internet, dan lain sebagainya. Menjalankan bisnis sampingan ini pastinya membutuhkan modal. Meskipun begitu jika kamu tidak memiliki modal yang cukup jangan berkecil hati.

Karena kunci menjalankan sebuah bisnis ini harus miliki tekad kuat dan bersungguh-sungguh sehingga bisa mengetahui bisnis sampingan yang kamu jalankan. 

Bukan hanya bermodal tekad saja, kamu juga harus membuat rancangan bisnis seperti modal yang dibutuhkan serta harga jual dan untung yang diperoleh. Berikut beberapa rekomendasi cara mencari modal bisnis sampingan:
  • Modal usaha dari bank
Kamu bisa lho, mengajukan pinjaman modal usaha dari bank dengan berbagai pilihan produk yang ditawarkan seperti KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau KMG (Kredit Multiguna).
  • Modal usaha dari pinjaman keluarga
Cara kedua yang dapat dilakukan adalah meminjam modal usaha dari keluarga atau kerabat dekat kamu. 

Pastikan kamu mampu bersikap profesional saat meminjam dari keluarga dan mengembalikan dana yang dipinjam sesuai dengan kesepakatan waktu.
  • Modal usaha dari Fintech P2P Lending
Selain itu, mengajukan modal usaha dari fintech pinjaman online juga bisa. Apabila kamu benar-benar matang dengan bisnis sampingan yang jalani, kamu bisa mengajukan pendanaan dari perusahaan fintech peer to peer lending. Kedepannya, mereka akan memiliki skema sendiri untuk modal usaha tersebut.
  • Gadai atau Jual Aset
Tak ada salahnya kamu menggadaikan atau menjual aset untuk mendapatkan modal usaha. Jika nanti usaha kamu sudah balik modal dan semakin besar dengan banyak untung, kamu bisa kembali menebus/membeli kembali aset yang telah digadaikan/dijual.

Meskipun bisnis sampingan ini bisa dikatakan minim kegagalan, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengalami kegagalan.

Biasanya kegagalan dalam bisnis sampingan ini karena salah menentukan prioritas, dimana memaksakan diri mengambil banyak pesanan di luar batas kemampuan.

Selain itu, menganggap enteng dalam menjalan bisnis sampingan juga menjadi salah satu kegagalan karena memiliki pola pikir yang keliru.

Perencanaan bisnis tidak matang dan tidak bisa membangun relasi juga menjadi penyebab kegagalan dalam berbisnis sampingan.

Maka dari itu, sedini mungkin kamu tumbuhkan jiwa pengusaha. Semakin banyak anak muda memiliki jiwa pengusaha, maka akan semakin besar juga kesempatan untuk bekerja karena banyaknya lapangan kerja yang tersedia.

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya berikut ini,

Baca juga:





Demikian informasi mengenai cara mencari bisnis sampingan yang harus diketahui, semoga bisa bermanfaat.
Related Posts