taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mencari Bisnis dengan Modal Kecil Paling Hits 2022

Cara Mencari Bisnis dengan Modal Kecil Paling Hits 2022

Sebagai seorang pemula, kita dituntut menemukan cara mencari bisnis dengan modal kecil yang tepat dan anti gagal. Modal kecil tidak boleh menjadi penghalang untuk mendapatkan keuntungan besar.
Cara Mencari Bisnis
Pada dasarnya referensi usaha yang paling tepat untuk pemula sangat beragam. Anda bisa menemukan ide melalui pengamatan terhadap lingkungan sekitar, internet, maupun jaringan pertemanan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa sistem memulai usaha dengan modal kecil. Meski begitu, beberapa bisnis berikut memiliki peluang keuntungan sangat besar sehingga layak Anda perjuangkan.

Cara Mencari Bisnis dengan Modal Kecil dan Pilihannya

1. Reseller atau Dropshipper

Sebagaimana namanya, reseller adalah pihak yang menjual ulang produk dari supplier kepada pembeli dengan harga lebih tinggi. Adapun dropshipper adalah pihak yang menawarkan produk milik supplier dan mengambil keuntungan tiap penjualan.

Kedua sistem ini sudah terbukti menjadi usaha yang cocok untuk pemula, mulai ibu rumah tangga hingga pelajar. Dengan menjadi reseller, Anda tidak membutuhkan anggaran produksi. Sedangkan dropshipper justru tidak perlu modal sama sekali.

Beberapa ide produk penjualan yang umumnya laris untuk dua sistem ini adalah berikut:
  • Produk Fashion
Minat masyarakat yang tinggi terhadap pakaian menjadikan produk ini menyimpan peluang bisnis sangat tinggi. Jika Anda ingin memproduksi pakaian sendiri, tentu modalnya sangat besar. Dengan sistem reseller atau dropshipper, Anda bisa menjadi penjual pakaian dengan usaha modal 50 ribu saja.
  • Produk Kecantikan
Produk yang tidak pernah sepi pembeli selanjutnya adalah produk kecantikan. Terbukti, mayoritas merk skincare dan produk perawatan tubuh sukses diperjual-belikan menggunakan sistem ini.

Namun begitu, jangan sembarangan menjual produk skincare, terutama yang belum memiliki sertifikat edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pastikan Anda menjual produk sekaligus testimoni yang jujur dan meyakinkan.
  • Peralatan Rumah Tangga
Bagi para ibu rumah tangga yang ingin menambah tabungan dengan usaha modal kecil, menawarkan perabotan kebutuhan rumah tangga kepada teman melalui sistem arisan bisa menjadi ide menarik.

Cara mencari bisnis dengan modal kecil ini menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. Penjual untung karena mendapatkan laba, pembeli untung sebab bisa mendapatkan perabot baru dengan sistem menyicil.

2. Merintis Bisnis Rumahan

Usai pandemi Covid-19, banyak orang tertarik memulai bisnis rumahan. Usaha ini memang sangat ramah untuk berbagai kalangan dan tidak memerlukan modal terlalu besar. Sebut saja diantaranya adalah bisnis berikut ini:
  • Usaha Makanan Ringan
Hampir semua orang suka mengonsumsi cemilan untuk mengisi waktu luang. Sayangnya, hanya sedikit orang yang mempunyai waktu untuk membuat camilan keluarga (meskipun sebenarnya tidak terlalu sulit), kebanyakan membeli produk instan.

Minat pasar yang tinggi tentu sayang jika dilewatkan begitu saja. Dengan usaha modal 300 ribu saja, Anda bisa berkreasi membuat makanan ringan dengan cita rasa yang lezat dan khas. Makanan ringan mempunyai masa simpan yang panjang, jadi Anda bisa membuat stok.
  • Usaha Makanan Pedas
Anda suka memasak dan hobi makan makanan pedas? Mengapa tidak membuka usaha makanan pedas? Saat ini makanan dengan citarasa pedas sedang banyak peminat, terutama kalangan perempuan.

Ada banyak referensi jenis makanan yang cocok untuk dipadukan dengan rasa pedas. Misalnya, usaha rumahan modal kecil olahan ceker, mie ayam, pentol / bakso, cilok, sosis, dan lain sebagainya.
  • Usaha Pembuatan Hampers atau Souvenir
Jenis usaha rumahan yang tidak pernah sepi peminat selanjutnya adalah usaha pembuatan hampers, souvenir pernikahan, bucket bunga, dan jenis hadiah sejenisnya. Usaha ini tentunya sangat cocok dilakukan di rumah sebagai usaha sampingan.

Usaha rumahan satu ini bisa menjadi hobi sekaligus penghasilan. Dengan kreatifitas, Anda bisa meningkatkan harga jual produk menjadi 2 kali lipat. Sangat menguntungkan, bukan?

3. Menawarkan Jasa (Freelance)

Cara mencari bisnis secara online selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kemampuan yang kita miliki. Dengan demikian, Anda lebih membutuhkan modal skill dan keberanian untuk memulai daripada dana.

Beberapa contoh usaha yang bisa menghasilkan uang setiap hari bermodal kemampuan adalah sebagai berikut:
  • Jasa Penulis Artikel
Contoh usaha modal kecil untung besar adalah penulis artikel. Seiring perkembangan teknologi informasi digital, kebutuhan terhadap jasa penulis artikel sangat tinggi untuk mengisi konten-konten di website.

Adapun keperluan modal seorang penulis artikel adalah laptop, jaringan internet, dan waktu luang untuk menulis. Adapun penawaran projek bisa Anda dapatkan melalui situs pencari freelancer maupun media sosial
  • Fotografer
Kendati semua orang sudah memiliki lensa kamera di smartphone mereka, tidak berarti setiap orang bisa menghasilkan foto menarik. Untuk beberapa kebutuhan penting seperti iklan produk, momen pernikahan, atau modelling, jasa fotografer tetap diperlukan.

Bagi Anda yang hobi fotografi, jasa ini juga merupakan usaha yang cocok untuk pemula sekaligus belajar. Adapun modal yang Anda perlukan adalah kamera dan kemampuan memotret sesuatu dengan angle yang anti-mainstream.
  • Designer / Editor / Animator
Ide cara mencari bisnis dengan modal kecil yang terakhir adalah jasa pembuatan konten media sosial, baik sebagai designer grafis, editor video, maupun animator. Permintaan jasa ini bisa datang dari perusahaan besar, komunitas, lembaga kemasyarakatan, dll.

Saat ini banyak orang memilih menyediakan jasa pembuatan konten dengan sistem freelance. Jadi, Anda tidak terikat pada satu perusahaan tertentu, sehingga projek dapat dikerjakan di mana saja.

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya, pada sejumlah pilihan artikelnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian beberapa referensi cara mencari bisnis dengan modal kecil. Bisa dengan menjadi reseller / dropshipper, merintis usaha rumahan, hingga menawarkan jasa melalui kemampuan yang kita miliki.
Related Posts