taupasar.com

we read, we create and we share it.

Anti Gagal! 7 Tips Jitu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dalam Bisnis

Anti Gagal! 7 Tips Jitu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dalam Bisnis

Semua orang pastinya ingin menjadi pengusaha sukses, untuk mencapainya maka harus tahu cara kepuasan pelanggan dalam bisnis. Memperhatikan kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang berlaku apapun jenis bisnis yang kamu geluti.
Kepuasan Pelanggan Dalam Bisnis
Mendapatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis itu akan menentukan apakah kamu sudah sukses menjalani bisnis atau tidak. Pelanggan merasa puas produk atau jasa kamu, otomatis akan menjadi pelanggan loyal yang tak segan merekomendasikan produk kamu ke lainnya.

Dengan demikian, kepuasan pelanggan dalam bisnis sangat penting untuk membangun bisnis sehingga lebih maju dan mampu meningkatkan keuntungan. Faktor apa saja yang bisa membuat kepuasan pelanggan dalam bisnis? Berikut ini rinciannya.

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dalam Bisnis

1. Kualitas Produk 

Memiliki produk yang berkualitas sangat penting, karena hal ini merupakan harapan konsumen terhadap apa yang kamu sajikan.

2. Pelayanan

Pelayanan untuk pelanggan merupakan pilar utama yang bertujuan menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan. Bentuk pelayanannya bisa berupa mendengarkan berbagai keluhan dan masukan pelanggan serta memberikan solusi yang tepat sasaran.

3. Promosi

Bisnis kamu akan jalan di tempat saja kalau kamu tidak memiliki promosi dan strategi pemasaran yang tepat. Adanya promosi akan memberikan informasi, meningkatkan penjualan, serta menciptakan loyalitas. Tentu saja hal ini menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis.

4. Harga

Sebelum membeli, biasanya konsumen lebih memperhatikan harganya dulu baru kualitas produknya.
Makanya patokan harga sangat penting dalam berbisnis, karena hal ini menjadi  tolak ukur dari produk itu sendiri. 

Fungsi dan Manfaat Mengetahui Kepuasan Pelanggan dalam Bisnis

Fungsi dari kepuasan pelanggan dalam bisnis untuk mengetahui apa saja keluhan dan feedback dari pelanggan. Dari keluhan serta masukan pelanggan, pastinya akan membuat para pelaku bisnis untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya.

Dengan begitu para pelanggan akan merasa dihargai karena suara hati mereka didengar oleh perusahaan atau jasa yang kamu tawarkan. Manfaat mengetahui kepuasan pelanggan dalam bisnis untuk menciptakan loyalitas kepada pelanggan.

Hal ini jauh lebih penting daripada berusaha mendapatkan konsumen baru, karena memerlukan biaya yang lebih besar. Jadi, bagaimana caranya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis? Berikut ini akan dikupas tuntas pembahasannya.

7 Tips Jitu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dalam Bisnis

1. Produk Berkualitas Tinggi dan Pelayanan yang Super Ramah

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis adalah memberikan produk yang berkualitas. Tahukah kamu konsumen sangat menyukai produk yang memiliki kualitas bagus yang bebas dari kerusakan.

Selain itu, pelanggan akan betah untuk menggunakan produk-produk kamu jika kamu melayani mereka dengan ramah dan sopan. Pastikan untuk memberikan layanan pelanggan terbaik baik dari segi ketepatan waktu hingga informasi yang mudah dipahami. Hal ini pastinya akan membuat pelanggan merasa leluasa menyampaikan keluhannya dan bisa mendapatkan solusi secepat mungkin.

2. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Interaksi antara konsumen dan bisnis tidak hanya berhenti begitu saja setelah produk sampai ditangan pelanggan. Kamu juga perlu menjalin dan menjaga hubungan baik dengan seluruh pelanggan kamu agar mereka tetap setia menggunakan produk yang kamu. Cara ini bisa kamu coba dengan mengirimkan email marketing atau pesan instan lainnya supaya tetap bisa berhubungan dengan pelanggan.

3. Sesuaikan Harga dan Beri Garansi

Sebagian konsumen jika sudah menyangkut soal harga produk cukup sensitif mempengaruhi tingkat kepuasan mereka. Maka dari itu, berikan harga yang sesuai nilai dan kualitas produk berdasarkan kondisi pasar. 

Kamu bisa memberikan penawaran harga sedikit dibawah pasar untuk menarik minat pelanggan. Namun, jangan sampai membuat bisnis kamu jadi rugi. Agar bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis kamu bisa terapkan dengan menawarkan garansi.

Pelanggan akan lebih senang jika produk yang mereka beli diberikan jaminan atau garansi untuk keamanan produk. Misalnya saja produk ditukar jika tidak bisa digunakan, sehingga pelanggan akan percaya terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan ke mereka.

4. Cek Laporan Penjualan dengan Teliti

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis dengan meninjau ulang laporan penjualan secara teliti. Analisis dengan cermat kinerja penjualan, karena ada beberapa hal yang harus kamu analisis dalam laporan penjualan.

Kemudian bandingkan berapa banyak pelanggan yang merupakan pembeli berulang maupun yang tidak.
Jika kamu memiliki banyak pelanggan berulang, jumlah ini memberikan indikator kepuasan pelanggan yang baik.

Selain itu, perhatikan jenis produk mana yang laris, apakah itu produknya habis sekali pakai atau tidak. 
Dengan kata lain, banyaknya repeat order berarti kamu memberikan layanan yang memuaskan terhadap ke pelanggan. Namun, jika tidak memiliki banyak repeat order, berarti kamu memiliki rekam jejak untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan pelanggan lebih baik lagi.

5. Tidak Bertele-Tele

Jika bisnismu tidak memenuhi keinginan pelanggan, maka katakan bahwa ku memang tak sanggup meskipun terdengar mengecewakan. Tidak apa-apa untuk mengatakan hal ini di awal, karena tak semua permintaan pelanggan bisa kamu kabulkan.

Lain cerita jika dari awal kamu tidak berani berkata tidak padahal tak bisa memenuhi pelanggannya. 
Sehingga pelanggan baru nantinya akan menyadari dan akhirnya kecewa pada sebuah harapan palsu yang mereka terima.

6. Bertindak Cepat

Keluhan dan ulasan negatif dari pelanggan mungkin bisa menjadi mimpi buruk bagi siapapun yang sedang menjalani bisnis. Tetapi, jika kamu bisa menanganinya hal tersebut dengan cepat dan tepat, keluhan dan ulasan negatif itu jadikan sebagai feedback yang berharga. 

Saat menganalisisnya, kamu akan menyadari apa sebenarnya yang diinginkan pelanggan terhadap bisnis kamu. Mulai dari sekarang jadikan feedback negatif tersebut sebagai peluang kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

7. Memberikan Reward

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis yang harus kamu lakukan adalah dengan memberikan hadiah atau reward. Kamu bisa menawarkan sesuatu kepada pelanggan berupa produk dan layanan gratis untuk meningkatkan kepuasan belanja mereka. 

Sebelum itu, kamu harus meneliti dahulu ulasan pelanggan. Setelahnya rencanakan peningkatan, dan tawarkan sesuatu kepada pelanggan kamu. Jika ada produk yang menurut pelanggan kamu kurang memuaskan, berikan penawaran berupa diskon sebagai ungkapan permintaan maaf.

Dengan begitu, awalnya rasa kekecewaan mereka akan sirna karena mendapatkan diskon terhadap produk yang mereka inginkan. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan berupa bisa berupa kupon gratis, produk gratis, layanan gratis, dan bentuk lainnya yang bisa memuaskan pelanggan.

Jangan lewatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 7 tips jitu meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis.
Kepuasan pelanggan itu lebih dari sekedar mempertahankan saja. Karena semakin puas pelanggan maka bisnis semakin berkembang dan dikenal banyak orang.
Related Posts