taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 5 Cara dan Tips Bisnis Kue Kering Lebaran

Inilah 5 Cara dan Tips Bisnis Kue Kering Lebaran

Bisnis menjelang puasa biasanya akan banyak bermunculan jenis-jenis yang baru dan unik. Salah satu bisnis yang unik saat menjelang puasa adalah bisnis kue kering lebaran. Bisnis ini termasuk bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar dan bisa dimulai dengan modal yang kecil.
Tips Bisnis Kue Kering
Saat ini Anda bisa memulai bisnis kue kering lebaran dimulai dari rumah saja. Anda tidak perlu membutuhkan modal yang besar untuk membuka bisnis yang satu ini. Tetapi, bisnis ini juga membutuhkan cara khusus untuk mengembangkannya. Anda yang ingin membuka bisnis ini berikut di bawah ini tips bisnis kue kering lebaran. 

Cara dan Tips Bisnis Kue Kering Lebaran

Memiliki bisnis kue kering lebaran harus memperhitungkan keuntungan yang ingin didapat. Dalam menjalankan bisnis Anda akan membutuhkan cara dan tips khusus untuk menjalankan dan mengembangkannya. Berikut di bawah ini tips bisnis kue kering lebaran untuk pemula.

1. Perkirakan Modal, Harga Jual dan Keuntungan 

Dalam memulai bisnis apapun yang perlu Anda perhitungkan adalah modal, harga jual produk dan keuntungan dari setiap penjualan produk. Pertama hitung modal yang Anda butuhkan untuk memproduksi kue kering dengan jumlah yang cukup besar. 

Jika Anda tidak memiliki oven, mixer, dan alat-alat baking pastikan Anda memasukkan pembelian barang-barang ini kedalam modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kue kering lebaran.  

Tetapi jika memilikinya Anda tidak perlu memasukkan harga barang tersebut kedalam modal yang dikeluarkan, jadi Anda hanya memperkirakan bahan baku sesuai dengan jenis kue kering yang ingin Anda buat.

Selain memperkirakan modal yang dibutuhkan, penting juga untuk menghitung harga jual produk dan keuntungan yang ingin Anda dapatkan dari setiap produk yang dijual. Setelah selesai memproduksi kue kering pastikan Anda menghitung jumlah modal yang harga pokok produk lalu menghitung keuntungan yang ingin Anda dapatkan, dan baru tentukan harga jual produk.

2. Tentukan Kue Kering dan Resepnya 

Varian kue kering lebaran sangatlah banyak dan beragam. Maka sebelum membuka toko kue kering Anda harus menentukan jenis kue kering lebaran yang seperti apa yang ingin Anda jual. Tentukan minimal 3 jenis kue kering, tetapi jika Anda mahir membuat beragam kue kering, Anda boleh memilih lebih dari 3 jenis kue kering untuk dijual. 

Masyarakat saat lebaran biasanya menyediakan tidak hanya satu jenis kue kering, melainkan mereka biasanya minimal menyediakan 3 jenis kue kering di rumahnya untuk dipajang di ruang tamu rumah mereka. 

Kebiasaan tersebut karena masyarakat berharap para tamu dapat mencicipi kue kering dengan beraneka ragam ketika berkunjung. Adapun jenis kue kering lebaran yang biasa dijual adalah kue putri salju, nastar, kastangel, kue sagu, semprit, lidah kucing, dan kacang telur. 

Selanjutnya adalah menentukan resep yang enak dan lezat. Resep dalam membuat makanan adalah hal yang penting, karena reseplah suatu makanan menjadi enak atau tidak, pas atau tidak. Maka, pastikan Anda menentukan resep kue kering yang enak dan lezat terlebih dahulu sebelum membuka usaha kue kering labaran. 

3. Menggunakan Bahan Berkualitas

Sebagai pengusaha makanan yang harus Anda pehatikan tidak hanya resep, melainkan juga bahan-bahan yang berkualitas. Pastikan Anda menggunakan bahan yang berkualitas dalam membuat kue kering lebaran untuk dijual. 

Manfaat menggunakan bahan berkualitas adalah akan menghasilkan hasil produksi yang lebih segar, enak dan tentunya akan dipercayai oleh pelanggan Anda. selain itu menggunakan bahan yang berkualitas juga bisa membuat kue kering lebih awet, aroma dan teksturnya pun lebih berkualitas, unggul dan terjamin. 

4. Mengemas Produk yang Menarik

Kemasan produk bagi suatu usaha sangatlah penting. Karena dari kemasan produk yang menarik bisa memberikan daya tarik bagi calon pelanggan Anda. Tips bisnis kue kering lebaran yang satu ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan, Anda bisa membuat desain kemasannya terlebih dahulu lalu meminta orang terdekat menilainya. 

5. Mempromosikan Produk Usaha

Setelah Anda membuat produk kue kering lebaran yang lezat, dan dikemas dengan desain yang unik dan menarik, selanjutnya adalah mempromosikan usaha Anda ke masyarakat umum. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti FB, WA, IG untuk memperkenalkan usaha Anda dan kualitas produk Anda. 

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 5 tips bisnis kue kering lebaran untuk pemula. 5 tips dan cara di atas perlu Anda pertimbangkan untuk menjalankan bisnis Anda agar semakin berkembang dan sukses menghasilkan keuntungan yang besar selama bulan ramadan. 
Related Posts