taupasar.com

we read, we create and we share it.

4 Cara Belajar Mengelola Bisnis Online di E-commerce

4 Cara Belajar Mengelola Bisnis Online di E-commerce

Untuk mengelola sebuah usaha menjadi bisnis online, tentu membutuhkan persiapan terlebih dahulu, supaya bisnis online Anda berjalan sesuai harapan. Jika bingung harus mulai dari mana, kali ini kami akan membagikan informasi bagaimana cara belajar mengelola bisnis online untuk pemula.
Cara Belajar Mengelola Bisnis
Seperti yang sudah Anda ketahui, bisnis online atau e-commerce merupakan jenis bisnis yang dilakukan melalui platform digital atau internet, yang mana penjual dan pembelinya melakukan transaksi jual beli barang atau jasa secara online.

Bisnis online dapat berupa toko online, marketplace, layanan berlangganan, dan lain-lain. Dalam bisnis ini, transaksi pembayaran dilakukan secara online melalui berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, atau e-wallet.

Cara Belajar Mengelola Bisnis Online di E-commerce

Berikut ini adalah 10 cara belajar mengelola bisnis online untuk pemula :

1. Mempelajari Mengenai Bisnis Online

Cara belajar bisnis online pertama yaitu mempelajari mengenai bisnis online, dalam hal ini melibatkan pemahaman tentang cara membangun, mengelola dan mempromosikan bisnis yang beroperasi secara online. Apa saja yang perlu dipersiapkan?
  • Mempelajari platform bisnis online
Dalam hal ini ada banyak platform bisnis online yang dapat digunakan untuk memulai bisnis. Anda perlu memahami dulu bagaimana platform-platform ini bekerja dan mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda.
  • Strategi pemasaran
Selanjutnya, pahami strategi pemasaran mencakup berbagai teknik seperti SEO, iklan PPC, pemasaran email, media sosial, dan konten pemasaran. Anda perlu memahami cara mengembangkan strategi pemasaran online yang efektif untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
  • Manajemen bisnis
Manajemen bisnis online mencakup manajemen stok, pengiriman, pembayaran, dan layanan pelanggan. Anda perlu memahami cara mengelola proses ini supaya bisnis berjalan dengan efisien dan efektif.
  • Analisis bisnis
Untuk memahami kinerja bisnis Anda, maka perlu mengumpulkan data dan menganalisisnya. Anda perlu memahami cara melacak data, menganalisis, dan mengambil tindakan berdasarkan hasil analisis tersebut.
  • Hukum bisnis online
Anda juga perlu memahami hukum dan peraturan yang relevan supaya bisnis tidak melanggar aturan sehingga terkena sanksi.

2. Memilih Platform E-commerce yang Tepat

Dalam memilih platform e-commerce pastikan untuk melakukan penelitian cermat dan mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda serta sumber daya yang tersedia. Dengan memilih platform e-commerce yang tepat, bisnis online Anda akan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih platform e-commerce yang tepat seperti :
  • Fitur
Pastikan platform e-commerce memiliki fitur yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis, seperti integritas pembayaran, manajemen stok, dan analisis data. Setiap platform e-commerce memiliki fitur berbeda, jadi pastikan membandingkan beberapa platform untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Skalabilitas
Pastikan platform e-commerce dapat menangani pertumbuhan bisnis yang Anda jalankan. Anda tidak ingin berinvestasi dalam platform yang tidak dapat mengakomodasi pertumbuhan bisnis di masa depan.
  • Keamanan
Selanjutnya, pastikan juga platform yang digunakan memiliki keamanan yang kuat untuk melindungi data pelanggan. Pastikan platform sudah diuji dan disetujui oleh organisasi keamanan independent.
  • Kemudahan Penggunaan
Hal lain yang tidak kalah penting kemudahan menggunakan platform. Hal ini dapat diintegrasikan dengan sistem bisnis Anda yang sudah ada. Platform e-commerce yang sulit digunakan dapat menghambat efisiensi bisnis Anda.
  • Biaya
Pastikan juga platform e-commerce memiliki biaya sesuai dengan anggaran bisnis. Ada platform e-commerce yang gratis, sementara yang lain memerlukan biaya berlangganan atau biaya transaksi. Pastikan mempertimbangkan biaya ini sebelum memiliki platform.
  • Dukungan pelanggan
Dukungan pelanggan yang dapat membantu jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah dengan platform, jadi pastikan platform memiliki hal ini.
  • Integritas
Pastikan juga platform dapat diandalkan dan stabil. Anda tidak ingin mengalami masalah teknik yang dapat mempengaruhi bisnis bukan?

3. Membuat Branding yang Kuat

Cara belajar mengelola bisnis online selanjutnya dengan membangun branding bisnis online yang kuat memerlukan waktu, kesabaran, dan kerja keras. Namun, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini secara konsisten, Anda dapat membangun merek yang kuat dan sukses untuk bisnis online :
  • Mengenali target pasar Anda
Ketahui siapa target pasar Anda dan buat pesan merek yang tepat untuk mereka. Anda harus memahami preferensi dan perilaku pasar Anda untuk membangun merek yang relevan dan menarik bagi mereka.
  • Konsisten dalam desain merek
Gunakan logo, warna dan gaya yang konsisten di semua platform online Anda. Hal ini akan membantu menciptakan kesan merek yang konsisten dan menghindari kebingungan di antara pelanggan Anda.
  • Fokus pada pengalaman pelanggan
Pastikan bahwa pengalaman pelanggan Anda konsisten dan menyenangkan. Hal ini akan membantu memperkuat kesan positif merek Anda dan membantu membangun kesetiaan pelanggan.
  • Gunakan sosial media
Walaupun sudah jualan di platform e-commerce, tetap gunakan sosial media untuk membangun merek Anda dan mencapai audiens yang lebih luas. Pastikan untuk memposting konten yang relevan dan menarik serta gunakan hashtag dan tautan yang relevan.
  • Evaluasi hasil
Selalu lakukan evaluasi hasil merek dan lihat apakah ada yang perlu ditingkatkan. Berikan perhatian khusus pada pengukuran yang mempengaruhi kesuksesan merek Anda, seperti kepuasan pelanggan,dan penjualan.

4. Bergabunglah dengan Forum Bisnis Online

Bergabunglah dengan forum bisnis yang bisa membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang memiliki pengalaman dalam mengelola bisnis online dan memberikan kesempatan untuk belajar dan bertanya tentang hal-hal penting dalam mengelola bisnis. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk bergabung dengan forum bisnis online :
  • Mencari forum yang relevan
Tentunya ada banyak forum bisnis online yang tersedia di internet, namun pastikan Anda memilih forum yang relevan dengan jenis bisnis online yang Anda Kelola dan minati.
  • Daftar dan buat profil
Setelah menemukan forum relevan, daftar untuk menjadi anggota dan buat profil dengan informasi akurat dan lengkap.
  • Lihat topik dan diskusi yang ada
Setelah mendaftar, lihat topik dan diskusi yang ada di forum untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dibahas dan masalah yang sering dihadapi oleh anggota.
  • Berpartisipasi dalam diskusi
Berpartisipasi dalam diskusi dapat membantu Anda terhubung dengan anggota lain yang memiliki pengalaman serupa dan memperoleh saran dan wawasan yang berguna tentang mengelola bisnis online.
  • Ajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman
Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan atau berbagi pengalaman di forum. Hal ini dapat membantu Anda belajar lebih banyak tentang mengelola bisnis online dan membantu anggota lain dalam prosesnya.
  • Jangan mengabaikan aturan dan etika forum
Terakhir, pastikan Anda mematuhi aturan dan etika forum dan berperilaku dengan sopan dan menghormati anggota lain.

Dapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Salah satu cara terbaik dalam cara belajar mengelola bisnis online untuk pemula yaitu mempratikkannya langsung, mulailah bisnis online Anda sendiri dan terus belajar dan mengembangkannya seiring waktu.
Related Posts