taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menganalisis Lingkungan Bisnis untuk Perkembangan Bisnis Anda

Cara Menganalisis Lingkungan Bisnis untuk Perkembangan Bisnis Anda

Lingkungan  bisnis adalah nilai dan kekuatan lain yang secara keseluruhan dari individu, institusi yang berasal dari luar perusahaan, tapi akan berdampak pada laju usaha. Apa yang terjadi dan kekuatan yang dimiliki oleh lingkungan sekitar perusahaan menjadi perhatian penting, karena dapat mempengaruhi performa perusahaan. 
Cara Menganalisis Lingkungan
Bagi seorang pengusaha penting sekali untuk bisa menganalisis lingkungan bisnis sekitar usahanya. Berikut di bawah ini cara menganalisis lingkungan bisnis untuk perkembangan usaha Anda.

Cara Menganalisis Lingkungan Bisnis 

Seorang pengusaha sudah seharusnya memahami lingkungan bisnis beserta dengan perubahan-perubahannya yang merupakan bagian dari analisis lingkungan bisnis. Hal ini juga merupakan kegiatan merancang strategi kompetitif agar memiliki strategi usaha yang sukses dan tepat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Berikut cara menganalisis lingkungan bisnis untuk Anda.

1. PESTLE Analysis

PESTLE Analysis merupakan salah satu teknik dalam manajemen resiko yang biasa digunakan untuk mengevaluasi lingkungan eksternal bisnis. Anda bisa melakukannya dengan cara memecahkan peluang dan resiko usaha menjadi beberapa faktor di bawah ini. 
  • Faktor Politik
Factor ini yakni mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah yang akan berdampak pada perusahaan Anda. Faktor politik ini mencakup analisis mengenai stabilitas serta kebijakan perdagangan, pajak dan fiskal. 
  • Faktor Ekonomi
Factor ekonomi ini merupakan yang akan mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap produk Anda. Maka itu penting untuk mengevaluasi dampak jangka panjang baik langsung maupun tidak langsung, seperti nilai tukar uang, inflasi, tingkat pengangguran dan pendapatan konsumen per bulannya. 
  • Faktor Sosial 
Seorang pengusaha penting untuk mengevaluasi dimensi sosial di tengah-tengah masyarakat. Seperti norma, adat istiadat, demografis, distribusi usia, tingkat pendapatan, gaya hidup, kesadaran kesehatan, hambatan budaya dan tingkat pertumbuhan penduduk. 
  • Faktor Teknologi
Cara menganalisis lingkungan bisnis juga penting untuk melakukan analisis mengenai factor teknologi. Penting untuk melakukan evaluasi mengenai inovasi dalam dunia teknologi. Hal ini akan mempengaruhi operasi industri dan pasar. 
  • Faktor Hukum
Dalam melakukan analisis lingkungan usaha penting untuk evaluasi sesuatu yang terkait dengan hukum. Seperti undang-undang perlindungan konsumen, undang-undang hak cipta dan paten, dan undang-undang ketenagakerjaan. 
  • Faktor Lingkungan yang Lain
Penting juga untuk melakukan evaluasi mengenai cuaca, aspek ekologi dan perubahan iklim yang terutama dapat mempengaruhi industri.
 
2. Analisis Pemangku Kepentingan

Analisis pemangku kepentingan adalah proses dalam mengidentifikasi dan menganalisis para pemangku kepentingan dari dalam perusahaan. Hasil ini untuk dilakukan evaluasi agar dilakukan tindakan preventif dengan mempertimbangkan semua pihak yang terlibat. 

Sangat penting untuk melakukan analisis pemangku kepentingan. Agar ketika dilakukan pengembangan dan penerapan strategi bisnis dapat menjawab kepentingan siapa yang harus dipertimbangkan. 

Dalam melakukan analisis pemangku kepentingan Anda harus mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang peran dan kepentingan mereka secara sistematis. Hal ini bertujuan untuk kerjasama antara pemangku kepentingan dan perusahaan untuk kepastian kesuksesan proyek yang sedang jalan. 

Contoh Analisis Lingkungan Bisnis

Di bawah ini merupakan contoh analisis lingkungan bisnis yang bisa jadi acuan bagi Anda.

1. Lingkungan Bisnis Internal
  • Resource
Salah satu perusahaan di bidang parfum menggunakan bahan baku dari Desa Jatiwangi
  • Capability 
Perusahaan tersebut mempekerjakan 5 orang karyawan yang terdiri dari 2 orang peracik parfum, 2 orang bagian pemasaran dan 1 orang bagian admin.
  • Core of Competence
Perusahaan tersebut mampu menciptakan parfum yang unik yang belum pernah ada.

2. Lingkungan Bisnis Eksternal
  • Threat of New Entries
Perusahaan melakukan upaya agar tetap bertahan dari para kompetitornya dan berusaha berbeda dari yang lainnya. 
  • Threat of Subtitle Products 
Perusahaan membuat parfum yang ramah lingkungan, sebagai bentuk menjaga lingkungan. 

Di atas adalah contoh dan cara menganalisis lingkungan bisnis yang perlu Anda pelajari. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana cara melakukan analisis terhadap lingkungan bisnis sekitar perusahaan Anda. 

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Semoga dengan cara analisis lingkungan usaha di atas dapat mengembangkan perusahaan Anda. Sehingga usaha Anda dapat bertahan dengan situasi dan kondisi yang memiliki banyak kompetitor usaha. 
Related Posts