taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Cara Menganalisis Bisnis Catering Rumahan Bagi Pemula

5 Cara Menganalisis Bisnis Catering Rumahan Bagi Pemula

Saat ini ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan dari rumah, salah satunya usaha catering. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal yang sangat kecil. Bermodalkan alat masak dan dapur yang ada Anda sudah bisa memulai usaha katering rumahan. 
Cara Menganalisis Bisnis Catering
Tetapi, Anda perlu belajar menganalisis usaha yang satu ini. Berikut di bawah ini cara menganalisis bisnis catering rumahan untuk pemula.

Cara Menganalisis Bisnis Catering Rumahan 

Pemula dalam berbisnis catering perlu mengetahui analisis bisnis yang satu ini. Buat Anda yang pemula dalam bisnis catering, berikut di bawah ini cara menganalisis bisnis catering rumahan. 

1. Survey Harga Bahan Baku

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai usaha catering adalah melakukan survey pasar mengenai harga bahan baku. Seperti harga beras, harga sayuran, buah-buahan, bumbu dan lainnya. 

Survey ini akan berguna untuk menentukan harga pokok bahan baku, harga produk dan keuntungan yang akan didapatkan. Maka dari itu yang Ada perlukan adalah mendapatkan harga pemasok bahan baku catering yang murah tetapi berkualitas. 

Anda juga bisa meminta harga grosir kepada penjual sayuran, karena Anda akan berlangganan belanja sayuran di toko tersebut. Diskon belanja sayuran dan bahan masakan akan menghemat pengeluaran untuk belanja bahan baku.

2. Tentukan Target Market Anda

Membuka bisnis catering tentunya perlu menyiapkan target market untuk usaha rumahan Anda. Target pasar dari usaha catering adalah anak kos, karyawan, pesanan, nasi tumpeng dan lainnya. Membuat target market yang jelas akan memudahkan Anda dalam menentukan menu catering dan harganya. 

Jika di sekitar bisnis Anda merupakan lingkungan rumah tangga, maka Anda bisa menjadikan mereka target pasar Anda dengan menu dan harga yang bervariasi. Anda bisa membuat menu catering seperti nasi kuning, nasi uduk, dan lainnya. 

3. Membuat Menu yang Bervariasi 

Cara menganalisis bisnis catering rumahan agar cuan adalah dengan membuat menu masakan Anda yang bervariasi. Menu catering rumahan yang itu-itu saja tidak bervariasi, jelas akan membuat bosan para pelanggan.  Maka Anda sebagai pemula dalam bisnis catering sangat perlu untuk membuat daftar menu yang bervariasi setiap pekannya. 

Untuk menghindari kebosanan dan kejenuhan Anda bisa merotasi menu masakan setiap pecan. Hal ini juga memberikan kenyamanan kepada mereka, karena adanya pilihan menu setiap harinya.

4. Menganalisa Bisnis Kompetitor

Persaingan dalam bisnis akan selalu ada, termasuk dalam berbisnis catering. Jika bisnis Anda ingin bertahan, maka sangat perlu untuk melakukan analisis terhadap bisnis catering dari Kompetitor Anda. 

Sebagai pemula Anda bisa memulai dengan mencari tahu, apakah di sekitar lingkungan bisnis Anda terdapat bisnis yang di bidang yang sama atau tidak. Jika di lingkungan Anda terdapat bisnis yang sama, Anda perlu mencari tahu jenis bisnis catering seperti apa yang mereka layani. Anda bisa membedakan bisnis Anda dengan mereka. 

Anda perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari Kompetitor Anda. Dengan begitu Anda bisa membuat produk dan pelayanan yang lebih baik dari Kompetitor. Cara menganalisa Kompetitor bisnis catering bisa dilakukan dengan melihat media sosial mereka dan memperhatikan testimoni dan komentar atas produk dan pelayanan mereka. 

5. Menganalisa Harga Catering

Cara selanjutnya dalam mengembangkan bisnis catering adalah dengan menganalisa harga ketering di pasaran. Anda bisa menganalisa harga catering dari Kompetitor dan yang diinginkan masyarakat calon pelanggan Anda. 

Tentukan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk dan porsi yang Anda jual. Misalnya Anda menjual catering nasi box yang rata-rata per pcs dihargai minimal  Rp. 10.000 yang biasanya menunya nasi, ayam kecap, bihun, dan lalap. Selian itu Anda juga perlu menganalisa cara promosi. Misalnya mengadakan promosi diskon harga dan lainnya. 

6. Menganalisis Cara Promosi di Media Sosial

Perkembangan teknologi akan mempermudah Anda dalam melakukan promosi bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook dan Tiktok. Yang perlu Anda lakukan untuk promosi di media sosial adalah dengan menganalisa cara promosi di media sosial. 

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 5 cara menganalisis bisnis catering rumahan agar makin cuan dan sukses. Cara di atas bisa menghasilkan cuan puluhan juta rupiah per bulan. Yang paling penting dalam bisnis catering adalah terus melakukan promosi dan selalu memperbaharui menu dan layanan usaha Anda. 
Related Posts