taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Cara Mendapatkan Modal Usaha Catering Sangat Terjamin dan Aman

8 Cara Mendapatkan Modal Usaha Catering Sangat Terjamin dan Aman

Bisnis catering termasuk salah satu usaha kuliner yang memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis catering ini juga bisa dijadikan sebagai ajang penyaluran hobi untuk kamu yang yang hobi masak. 
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Hanya dengan menggunakan modal minim, nilai keuntungan yang ada di dalamnya cukup sangat menjanjikan. Jadi tidak heran, sekarang bisnis catering menjadi usaha yang sangat berpeluang untuk menghasilkan cuan yang banyak.

Untuk kamu yang saat ini ingin membangun usaha catering tapi masih bingung bagaimana cara memulai dan mencari modal usaha yang terjamin. Jangan sedih, karena disini kami akan membahas 7 cara mendapatkan modal usaha catering yang terjamin dan pastinya aman.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Catering

1. Pinjam Kepada Kerabat

Jangan malu untuk meminjam uang modal dari keluarga atau teman dekat, karena bisa saja mereka bisa membantu mengembangkan usahamu. Tapi ingat pastikan hubungan kamu dengan orang tersebut cukup dekat, agar pinjaman uang bisa dilakukan denga. lancar.

Selain itu pastikan juga bahwa kamu orang yang bisa dipercayai untuk dipinjamkan uang untuk usaha modal kamu. Agar mereka percaya, cara mendapatkan modal usaha catering yang dapat kamu lakukan dengan membuat proposal bisnis. Dengan begitu, mereka bisa yakin dan mengetahui arah dan tujuan bisnis yang kamu jalankan.

2. Menggabungkan Uang Tabungan dan Jual Aset Pribadi

Cara mendapatkan modal usaha catering selanjutnya yang tidak memiliki jaminan, dengan menggunakan tabunganmu serta menjual aset pribadi kamu. Untuk itu, coba kamu cek jumlah tabungan yang sudah ditabung selama bertahun-tahun.

Apabila uang tabungan kamu masih kurang untuk dijadikan sebagai modal usaha, maka cara lain yang bisa kamu lakukan dengan menjual aset pribadi kamu. Kamu bisa menjual alat-alat elektronik atau perabotan rumah yang masih layak untuk dipakai.

Nah, dari hasil jualan itu. Kamu gabungkan dengan uang tabungan yang kamu miliki. Dengan begitu kamu sudah memiliki modal usaha deh untuk menjalankan bisnis catering.

3. Pinjam ke Bank

Opsi lainnya cara mendapatkan modal usaha cafe yaitu melakukan peminjaman uang ke Bank. Biasanya pihak Bank hanya memerlukan riwayat pendanaan yang baik dan mumpuni, sehingga mereka percaya untuk memberi pinjaman uang ke nasabah tersebut.

Pihak Bank juga tidak akan sembarang melakukan pinjaman karena mereka punya kriteria khusus saat menyeleksi calon nasabah peminjam.  Ada lima poin syarat penilaian  yang perlu kamu ketahui terdiri dari capital, character, capacity, collateral, dan condition.

Selain itu pihak Bank juga akan mengecek secara detail dan teliti mengenai riwayat BI checking kamu apakah baik atau buruk.

4. Ikut Program UKM

Cara lainnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengikuti program pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ditawarkan oleh berbagai lembaga. Ada banyak sekali lembaga pemerintah maupun swasta yang peduli dengan usaha kecil dan menawarkan pinjaman modal usaha.

Kebanyakan program tidak hanya memberikan modal usaha saja, tetapi juga melakukan pelatihan dan pendampingan di awal usaha yang dirintis. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan berbagai masukan untuk setiap langkah yang diambil.

5. Ambil Modal dari Konsumen

Kamu juga bisa mendapatkan modal usaha dari konsumen. Contohnya, menawarkan jasa atau menjual barang dengan sistem pre order. Kamu bisa meminta uang muka atau DP (down payment) dahulu. Setelah itu, baru deh kamu memproses pesanan konsumen.

Setelah pesanan selesai dibuat, barulah konsumen melunasi semua biaya dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Tidak sulit kok untuk mendapatkan modal usaha. Meskipun demikian, dengan sistem seperti ini kamu harus memiliki sebuah strategi agar mendapatkan kepercayaan konsumen di awal.

6. Koperasi

Cara mendapatkan modal usaha untuk catering yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pinjaman ke koperasi. Bisa dikatakan, koperasi adalah lembaga simpan pinjam yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia terutama bagi wilayah pedesaan. 

Pinjaman modal usaha ini sering dilakukan melalui koperasi dengan syarat utama yaitu menjadi anggota koperasi terlebih dahulu.  Apalagi koperasi ini dijalankan atas dasar kekeluargaan dan lebih mengutamakan kepentingan bersama. 

Nah untuk cara mendapatkan modal usaha catering dari koperasi, kamu bisa mendaftar jadi anggota yang pengurusannya cukup gampang.

7. Kredit Usaha Rakyat

KUR atau Kredit Usaha Rakyat bisa menjadi pilihan kamu untuk mendapatkan modal usaha membuka bisnis catering. Program yang diciptakab oleh pemerintah ini disambut baik oleh penggiat Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) dan juga calon pengusaha yang ingin mendapatkan modal usaha tanpa hutang. 

Ada beberapa macam bentuk usaha dari KUR yang mencakup dari berbagai bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan juga usaha lainnya. Tujuan dari adanya program KUR ini atau Kredit Usaha Rakyat ini untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memberantas kemiskinan. 

Diharapkan, dengan cara mendapatkan modal usaha catering dari pemerintah tanpa jaminan ini bisa mendongkrak perekonomian di sektor usaha kecil dan pembukaan lapangan kerja.  Bahkan, langkah ini juga bisa dijadikan sebagai cara mendapatkan modal usaha untuk pemula atau mahasiswa yang tengah merintis sebagai entrepreneur.

8. Crowdfunding

Crowdfunding merupakan penggalangan dana untuk proyek tertentu baik profit maupun non profit yang umumnya dilakukan secara online atau dengan internet. Saat ini, sudah banyak sekali platform crowdfunding yang bisa digunakan sebagai cara mendapatkan modal usaha catering.

Platform tersebut nantinya akan menghubungkan kamu dengan banyak orang yang akan menginvestasikan sebagian uangnya pada bisnis yang kamu jalani. Akan tetapi, untuk mendapatkan uang dari crowdfunding, kamu harus pandai dalam mengemas produk mu ke dalam sebuah cerita yang bisa menarik minat bagi investor.

Selain itu, kamu harus menjanjikan sesuatu kepada investor jika memberikan dananya. Misalnya, memberikan contoh produk atau hadiah lainnya sehingga bisa menarik perhatian investor. Cara mendapatkan modal usaha catering saat ini ada banyak sekali jenis dan bentuknya, tinggal kamu sendiri yang menentukan mana cara terbaik yang bisa membuat bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa menyimak sejumlah artikel tambahan berikut ini.

Baca juga:





Semoga informasi mengenai cara mendapatkan modal usaha catering ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi. Tetap semangat dan sukses selalu!
Related Posts