taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Cafe Cocok Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Modal Usaha Cafe Cocok Untuk Pemula

Bisnis Cafe saat ini memang lagi digandrungi oleh masyarakat, terutama kawula muda. Anak zaman sekarang lebih banyak nongkrong di cafe, karena bisa memberikan suasana tenang ditambah menu minuman dan makanan yang enak.
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Hal inilah yang membuat cafe menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh anak muda.
Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu buka bisnis cafe yang sedang naik peminatnya saat ini.
Jangan khawatir soal modal, disini kami akan kupas tuntas cara mendapatkan modal usaha cafe.

Pastinya pembahasan cara mendapatkan modal usaha cafe ini cocok untuk kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis, check it out!

Cara Mendapatkan Modal Usaha Cafe

1. Menjual Aset Pribadi

Cara mendapatkan modal usaha cafe yang tidak memiliki jaminan, tidak ada salahnya kamu coba menjual aset pribadi kamu. Sebelumnya coba cek jumlah tabungan yang sudah ditabung selama bertahun-tahun untuk suatu keperluan.

Siapa tahu bahwa semua jerih payah kamu dalam menabung merupakan persiapan untuk usaha yang akan dibuat kelak. Tetapi jika semua tabunganmu masih tidak cukup untuk dijadikan modal usaha, cobalah menjual aset-aset yang ada di rumah.

Tidak harus surat rumah, kamu bisa jual alat elektronik atau perabotan yang masih layak untuk dijual. Dari hasil jual tersebut, gabungkanlah dengan uang tabungan kamu. Dengan begitu bisa menjalankan bisnis cafe impian kamu.

2. Pinjam Uang Kerabat Dekat

Kamu juga bisa meminjam uang modal dari keluarga atau teman dekat untuk membantu mengembangkan usahamu. Pastikan relasi kamu dengan orang tersebut cukup dekat, agar pinjaman tidak sulit.

Pastikan juga bahwa kamu merupakan orang yang bisa dipercaya untuk dipinjamkan sejumlah uang. Sebelumnya perlu melakukan perhitungan yang akurat mengenai modal yang dibutuhkan, supaya dana yang dipinjam bisa digunakan secara maksimal.

Alangkah lebih baik lagi apabila kamu membuat proposal bisnis mengenai rencana yang dilakukan, supaya kerabat kamu memahami betul arah bisnis yang akan dibuat.

3. Mencari Investor

Apabila kamu pandai dalam berjejaring (networking), maka manfaatkan opportunity ini untuk menggaet investor. Siapa tahu di antara mereka ada yang tertarik dengan rencana bisnis cafe kamu.

Selain dari networking dan circle pertemanan, pikatlah calon investor sebanyak mungkin, salah satunya pada acara bootcamp atau seminar.  Biasanya, di acara tersebut sering dihadiri oleh mereka yang memang fokus untuk berinvestasi.

4. Pinjam ke Bank

Opsi umumnya untuk cara mendapatkan modal usaha cafe yaitu melakukan peminjaman uang ke Bank. Pihak Bank hanya memerlukan riwayat pendanaan yang baik dan mumpuni, sehingga mereka percaya untuk memberi pinjaman ke nasabah.

Bank juga punya kriteria khusus saat menyeleksi calon nasabah peminjam. Ada lima poin syarat penilaian yang terdiri dari capital, character, capacity, collateral, dan condition. Selain itu pihak Bank juga akan mengecek secara detail dan teliti mengenai riwayat BI checking kamu apakah baik atau buruk.

5. Cari Rekan Bisnis

Mencari rekan bisnis merupakan salah satu cara mendapatkan modal usaha cafe yang baik di awal bisnis kamu. Selain bisa menambah modal usaha, rekan bisnismu juga dapat menyalurkan ide-ide kreatifnya agar bisnis dapat berkembang dengan cepat.

Namun, ada yang perlu diperhatikan, dalam mencari rekan bisnis. Sebaiknya kamu harus menemukan orang yang mempunyai visi dan misi yang sejalan denganmu dalam merintis bisnis cafe.

6. Ikut Program UKM

Cara lainnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengikuti program pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ditawarkan oleh berbagai lembaga. Ada banyak sekali lembaga pemerintah maupun swasta yang peduli dengan usaha kecil dan menawarkan pinjaman modal usaha.

Kebanyakan program tidak hanya memberikan modal usaha saja, tetapi juga melakukan pelatihan dan pendampingan di awal usaha yang dirintis. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan berbagai masukan untuk setiap langkah yang diambil.

7. Memanfaatkan Layanan P2P Lending

Perkembangan teknologi membuat tidak perlu lagi keluar rumah untuk mendapatkan modal untuk usaha. Hanya memanfaatkan layanan P2P Lending sebagai pilihan cara mendapatkan modal usaha cafe selanjutnya. 

Ada banyak pilihan aplikasi dan situs yang menawarkan jasa peer to peer lending. Namun, pastikan memilih jasa P2P Lending yang terjamin kredibilitasnya dan sudah terdaftar di OJK. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai hal negatif yang tidak kamu kehendaki.

Persyaratan pinjam dana di P2P Lending relatif lebih mudah. Meskipun begitu, mereka menerapkan bunga yang cukup tinggi. Jadi kamu perlu melakukan perhitungan dengan detail dan teliti sehingga tidak mengalami kerugian sebelum mengajukan pinjaman dengan memanfaatkan jasa tersebut.

Tips Membuka Usaha Cafe

Agar usaha cafe kamu bisa sukses dan berkembang sehingga menghasilkan cuan yang banyak.
Ikuti tips jitu membuka usaha cafe dibawah ini:

1. Temukan Lokasi Strategis

Tips jitu pertama yang tidak boleh disepelekan untuk bisnis kafe adalah memilih lokasi yang strategis. Pilihlah lokasi yang dilewati oleh banyak orang seperti di dekat sekolah, pinggir jalan raya atau dekat perkantoran.

2. Menyiapkan Modal yang Cukup

Memiliki modal yang cukup akan membantu persiapan bisnis kamu jadi semakin lancar. 
Maka dari itu, kamu harus bisa membuat rincian modal usaha yang lengkap supaya tahu apa saja yang dibutuhkan.

3. Bikin Konsep Cafe Unik dan Menarik

Konsep yang unik dan menarik untuk cafe suatu terobosan yang perlu kamu miliki. 
Misalnya, dengan menyediakan panggung mini di cafe dan mengizinkan para pelanggan untuk menyanyi di sana.

Selain menyediakan makanan dan minuman, atau membuat barang-barang antik sebagai penghias cafe sehingga bisa dijadikan sebagai pameran seni. Zaman sekarang memiliki konsep cafe yang menarik bisa mendatangkan banyak pelanggan, maka tak heran banyak cafe yang bersaing dengan konsep yang unik.

4. Bahan Baku Berkualitas

Kamu harus membeli bahan baku berkualitas untuk menu makanan dan minuman cafe.
Bahan yang berkualitas akan menghasilkan makanan dan minuman yang lezat. Dengan begitu, cafe kamu akan menarik minat peminat karena menu yang kamu suguhkan enak dan lezat.

5. Gunakan Sistem Part Time

Jika membutuhkan karyawan yang bisa membantu kamu melayani para pelanggan. Tidak ada salahnya gunakan sistem kerja part time untuk para karyawan. Kamu bisa mempekerjakan mereka yang masih bersekolah. Pengeluaran untuk upah karyawan pun jadi tidak terlalu besar.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelanggan adalah raja, semboyan ini selalu menjadi moto bagi wirausahawan agar bisnis yang dijalankan bertahan. Makanya, memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan merupakan keharusan yang dilakukan. Pastikan pelayanan pada setiap pelanggan dilakukan secara maksimal tanpa membeda-bedakan mereka.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Anda bisa menyimak sejumlah artikel tambahan berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan tentang cara mendapatkan modal usaha cafe beserta tips jitunya.
Semoga bermanfaat dan sukses untuk bisnis cafe kamu!
Related Posts