taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ingin Merintis Usaha? Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula dengan Mudah

Ingin Merintis Usaha? Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula dengan Mudah 

Apakah Anda ingin mendirikan bisnis? Namun, kesulitan untuk mengetahui berapa modal usaha yang harus disiapkan? Lantas Bagaimanakah cara mendapatkan modal usaha bagi pemula? 
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Pertanyaan tersebut sering terlontar bukan? Untuk mereka yang ingin membuka usaha. Keberadaan modal sangat penting dalam mendirikan lapangan usaha baru. Agar bisnis yang sedang dirintis dapat melesat. 

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula

Mempunyai usaha adalah harapan semua orang yang ingin memiliki usaha dengan masa depan cerah. Bahkan sebagian dari mereka memilih cara aman untuk mendapatkan modal. 

Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan dana pribadi. Dimana dana tersebut tidak didapat dari dana bank untuk membangun kerajaan bisnisnya. 

Berikut adalah dana aman yang bisa Anda dapatkan untuk mendirikan bisnis yang sesuai dengan keinginan. Tentunya dengan modal sendiri atau modal yang dinyatakan aman. Para pelaku usaha dapat merintis usahanya dengan nyaman. Selain itu, tanpa takut harus memikirkan membayar setiap  bulan.
 
1. Dana Tabungan

Apakah Anda mempunyai sebuah tabungan? jika Iya tabungan tersebut dapat digunakan untuk membangun kerajaan bisnis. Dengan demikian, akan terhindar dari adanya hutang.

Sebagian besar para pelaku usaha yang ingin menuju Jalan aman dapat menggunakan dana tabungan yang dimilikinya dan terhindar dari resiko kerugian. Itulah mengapa para pelaku usaha yang mempunyai cita-cita membangun kerajaan bisnis harus menabung terlebih dahulu jika ingin aman. 

2. Menjual Barang Berharga

Apabila Anda tidak memiliki dana tabungan,  dapat menggunakan aset pribadi yang bernilai tinggi jika dijual. Sebagai contoh adalah emas,  mobil,  sertifikat rumah dan tanah. 

Walaupun berawal dengan rasa berat ingin menjual. Namun,  apabila  bisnis yang dirintis mengalami kesuksesan, maka Anda dapat mengadopsinya lagi. Bahkan bisa mendapatkan berlipat dana dari aset awal yang telah dijual. Bagaimana? Apakah sudah siap untuk menjual aset berharga demi merintis masa depan? 

3. Menggadaikan Aset

Apabila Anda tidak ingin menjual barang pribadi. Solusi yang tepat dapat dilakukan dengan menuju ke instansi Pegadaian. Dengan demikian, barang berharga milik Anda akan tetap aman. Selain itu, modal usaha secara cash ada ditangan. 

Namun,  meskipun terbilang aman tetap ingat jatuh tempo untuk segera mengambilnya. Agar barang milik Anda tidak dilelang pihak pegadaian. 

4. Mencari Partner Untuk  investor 

Cara mendapatkan modal usaha bagi pemula selanjutnya adalah dengan mencari investor bisnis. Trik ini terbilang cukup susah, sebab mencari investor yang terpercaya tidak mudah. 

Namun, jika berhasil mendapatkan investor, maka suntikan dana akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis yang baru dirintis. Agar Anda dipercaya, maka yakinkanlah para investor tersebut untuk menanamkan modal usaha.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan proposal dan prospek dari bisnis di masa akan datang. Selain itu, tunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang pekerja keras. 

Dengan begitu, para investor yakin dan segera mencairkan dana pada usaha yang akan dirintis. Untuk dapat menemukan investor, maka sering lah mengikuti seminar tentang wirausaha. Jika Dewi Fortuna ada di pihak Anda, maka bersiaplah menerima investor serta dana. 

5. Ajak Teman Untuk Ikut Bergabung 

Apabila Anda kesulitan menemukan investor atau partner bisnis. Anda dapat menggunakan trik jitu,  yaitu mengajak teman untuk bergabung. 

Dengan demikian, Anda dapat membagi modal usaha menjadi dua bagian. Tanggung jawab pun harus dibagi dua agar adil dan beban kerja menjadi ringan. 

Jangan lupa untuk memberikan sebuah  perjanjian hitam diatas putih. Isi dari perjanjian tersebut adalah mengenai keuntungan dan bagi hasil. 

6. Meminjam Dana Ke Saudara Atau Teman 

Cara mendapatkan modal usaha bagi pemula berikutnya yaitu dengan meminjam dana ke teman atau saudara. Walaupun tidak begitu besar, namun sangat membantu dalam memenuhi modal usaha Anda.

Terbilang sangat aman dan tidak dikenai denda atau pun bunga apabila terlambat untuk membayar. Dengan begitu,  Anda terhindar dari adanya resiko.
 
7. Meminjam Dana Dari Platform P2P Lending

Apabila pilihan terakhir tidak mempunyai dana untuk dipinjam. Maka Anda dapat menggunakan platform p2p lending.

Dengan mengajukan di platform p2p lending, maka dapat dengan mudah meminjam dana tanpa jaminan. Akan tetapi,  perlu diketahui  bahwa bunga pinjaman tersebut cukup tinggi. 

Inilah rekomendasi platform p2p lending yang sangat dianjurkan, yaitu amartha, danamas, koinworks, modalku dan investree. Perlu diketahui  bahwa Anda harus berhati-hati agar tidak tertipu.

Membangun sebuah bisnis cukuplah susah jika tidak memiliki modal usaha. Akan tetapi, jika para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang, maka dengan mudah dapat teratasi. 

Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya tepat di bawah ini.

Baca juga:





Pada intinya Cara mendapatkan modal usaha bagi pemula cukup mudah jika Anda mengetahui  peluang. Segera realisasikan bisnis keinginan Anda dan wujudkan masa depan cerah. 

Penulis: Farah
Related Posts