taupasar.com

we read, we create and we share it.

Calon Wirausahawan Wajib Tahu! 8 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Investor

Calon Wirausahawan Wajib Tahu! 8 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Investor

Investasi merupakan aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) dengan tujuan memperoleh sebuah keuntungan. Pihak atau orang yang melakukan investasi dikenal dengan sebutan investor. Untuk melakukan sebuah bisnis atau usaha pasti memerlukan modal, apalagi jika kamu sudah tidak memiliki modal pribadi.
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Maka salah satu cara agar bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha kamu adalah dengan mendapatkan investor. Tahukah kamu bahwa tidak semua pengusaha bisa mendapatkan investor yang cocok sama mereka.

karena ada beberapa oknum yang melakukan investasi bodong sehingga usaha yang dijalankan yang mengalami kebangkrutan bahkan ditutup. Meskipun begitu, tidak semua bisnis yang diambil itu dimulai dengan tanpa modal besar. Tapi agar usaha kamu bisa lebih berkembang, maka mau tidak mau harus memerlukan modal yang besar.

Buat kamu yang sekarang masih bingung mencari modal usaha dari investor jangan khawatir. Kali ini kami akan memberitahukan kamu tentang 8 cara mendapatkan modal usaha dari investor yang sangat wajib diketahui khususnya calon wirausahawan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dari Investor

1. Buat List Investor Berpengalaman

Sebelum memilih investor yang akan dijadikan investasi, kamu harus cari dahulu dan membuat list investor yang telah berpengalaman. Cara mendapatkan modal usaha dari investor ini sangatlah penting karena mereka akan menunjukkan bagaimana memperoleh dana untuk memulai usaha sendiri.

Selain itu, jika kamu mendapatkan investor berpengalaman mereka akan secara sukarela mengarahkan kamu ke perusahaan untuk mendapatkan modal usaha dengan suku bunga yang rendah.

2. Siapkan Strategi Usaha

Selanjutnya untuk membuktikan bahwa usaha yang kamu jalankan itu nyata bukan omong kosong belaka, kamu harus menyiapkan strategi usaha untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Hal ini nantinya bisa menarik investor untuk mau memberikan suntikan dana di perusahaan atau bisnis yang kamu perjuangkan.  Dengan menyiapkan strategi bisnis yang matang dan juga rapi, tentu prospek usaha yang dijalankan berpeluang untuk berkembang pesat.

3. Ventura

Cara mendapatkan modal usaha dari investor yang cukup populer terutama untuk mendanai pengusaha kecil adalah ventura.

Tugas menjadi seorang pemodal ventura ini dengan berinvestasi dalam bisnis yang akan menguntungkan. Dengan demikian, akan mendapatkan pengembalian yang substansial untuk anggota mereka.

Pendanaan modal ventura ini dalam bentuk modal ekuitas, artinya kamu  harus siap kehilangan sebagian kepemilikan perusahaan atau usaha kamu (ekuitas) sebagai imbalan atas dana tersebut. Di sisi positif dari cara ini, tidak ada pinjaman untuk membayar kembali dengan dana modal ventura konvensional.

4. Angel Investor

Selanjutnya kamu bisa menggunakan cara mendapatkan modal usaha dari investor dengan angel investor.  Angel investor ini merupakan individu yang memiliki kekayaan cukup banyak atau bisa dikatakan sangat kaya, hingga bersedia untuk menyediakan dana usaha kamu. 

Seperti sebelumnya imbalan dari cara ini, dengan bisnis kamu yang siap untuk memberikan saham kepada angel investor tersebut. Dana yang disediakan pula bisa berupa suntikkan dana investasi satu kali agar bisa membantu bisnis kamu jalankan semakin berkembang.

5. Peer-to-peer Lending

Melalui cara Peer-to-peer Lending ini, kamu akan mudah bertemu dengan para pendana yang siap meminjamkan uang mereka sebagai modal usaha kamu.  Kamu juga bisa memilih tenor pengembalian berdasarkan kemampuan kamu dalam mengembalikan pinjaman. 

Bunga pinjaman dihitung sebagai keuntungan bagi para investor. Namun, kamu tidak perlu risau tidak bisa membayar pinjaman ini sebab bunga pinjaman di P2P Lending disesuaikan dengan skor kredit kamu.

6. Equity Crowdfunding

Crowdfunding merupakan salah satu cara mendapatkan modal usaha dari investor. Di mana para investor akan mengambil kepemilikan di perusahaan, biasanya melalui saham. Meskipun investasi awal mereka tidak dibayar kembali, mereka akan menerima bagian dari keuntungan jika perusahaan atau usaha kamu dilakukan dengan baik.

Jumlah yang diinvestasikan pun tidak kecil, biasanya dimulai dari ribuan. Imbalannya juga bisa jauh lebih besar daripada dengan investasi biasa, tetapi crowdfunding berbasis ekuitas ini juga bisa lebih berisiko karena tidak ada jaminan pengembalian. 

Pengusaha biasanya tidak membayar dividen atau bunga di hari-hari awal, dan ada perlindungan dari hukum.

7. Ikut Serta dalam Pameran atau Kompetisi

Dalam menjalankan perusahaan atau bisnis, maka penting bagi kamu untuk aktif mengikuti pameran maupun kompetisi yang berhubungan dengan bidang bisnis kamu. Tentu saja saat pameran ataupun kompetisi bisnis yang berlangsung ini, pasti ada banyak investor yang datang dan melihat berbagai bisnis yang ditawarkan. 

Nah, Kesempatan emas  ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan investor dengan cara yang lebih mudah. Jadi, semakin menarik konsep bisnis yang kamu tampilkan, tentu saja semakin banyak investor yang tertarik untuk memberikan suntikan dana pada perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan.

8. Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah (KUR)

Selanjutnya cara mendapatkan modal usaha dari investor bisa kamu coba bantuan pemerintah. Terdapat ada berapa bantuan permodalan bisnis dan usaha dari pemerintah, salah satu yang banyak diberikan kepada pelaku usaha adalah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Pinjaman KUR tahun di 2022 bisa didapatkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Pemerintah masih memberikan suku bunga yang sama seperti seperti tahun sebelumnya yaitu di level 6 %.  Ternyata ada beberapa perubahan pada subsidi KUR yang bisa kamu akses melalui situs resminya.

Jadi tidak ada salahnya manfaatkan KUR untuk pengembangan usaha, kamu tinggal  akses lamar kur.bri.co.id dan buat akun. Cara daftar pinjaman KUR dapat dilakukan secara online dengan mengisi data yang diberikan BRI seperti profil nasabah, profil usaha, unggah dokumen dan data pengajuan.

Sebagai informasi tambahan Anda bisa menyimak sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Apakah kamu sudah menemukan cara mendapatkan modal usaha dari investor? Semoga adanya informasi bisa bermanfaat dan dijadikan sebagai referensi dalam usaha yang kamu jalankan. Tetap semangat!

Penulis: Putri Geo
Related Posts