taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan Untuk Pemula

Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan Untuk Pemula

Memulai bisnis dibidang apapun pasti akan membutuhkan modal usaha yang lumayan. Besarnya modal usaha tergantung dari jenis usaha yang akan Anda jalankan. Ada bisnis yang bisa dimulai dengan modal di bawah 1 juta Rupiah hingga 10 juta Rupiah. Ada juga bisnis yang membutuhkan modal lebih dari 10 juta.
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Di era digital ini Anda bisa memulai usaha dengan modal tanpa jaminan, pinjaman dan bunga. Anda bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan. Berikut di bawah ini 3 cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan 

Sebagai pemula dalam memulai bisnis juga membutuhkan modal untuk menjalankannya. Modal berbisnis sebagai pemula mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. 

Hal ini tentu akan membuat Anda kesulitan dalam memulai menjalankan bisnis. Berikut ini cara  mendapatkan modal usaha tanpa jaminan untuk pemula.

1. Meminjam Dari Orang Terdekat

Modal untuk memulai usaha memang ada kemungkinan akan menguras semua tabungan Anda. Tetapi apakah jumlah tabungan yang Anda punya belum cukup untuk modal usaha? Anda bisa mengambil cara meminjam dari orang terdekat. 

Misalnya dengan meminjam dari anggota keluarga seperti orang tua, kakak, adik atau paman. Selain itu Anda juga bisa meminjam dari teman dekat yang siap membantu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Pastikan bahwa Anda meminjam dari orang yang benar-benar dekat. Selain itu pastikan bahwa Anda adalah orang yang dapat dipercaya oleh mereka. 

Sebelum melakukan pinjaman ke kerabat, pastikan bahwa Anda sudah melakukan perhitungan modal yang dibutuhkan dengan akurat. Hal ini akan bertujuan agar dana pinjaman tersebut dapat digunakan dengan maksimal.

Cara agar Anda dapat mengetahui besaran modal yang dibutuhkan adalah dengan membuat proposal bisnis Anda. Hal ini supaya pihak peminjam memahami bisnis Anda. 

2. Menjual Semua Aset yang Anda Miliki

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan adalah dengan menjual semua aset yang Anda miliki. Cara ini sebenarnya yang harus pertama kali Anda lakukan sebelum melakukan pengajuan pinjaman kepada orang lain. 

Anda bisa memulai dengan memperhitungkan tanah yang Anda miliki untuk kemudian dijual dan hasilnya untuk menambah modal usaha Anda. Lalu ke barang elektronik dan lainnya. Jika semuanya digabungkan, maka Anda bisa memulai usaha dengan modal menjual aset yang Anda miliki saat ini. 

Cara ini merupakan langkah aman dari pada meminjam agar jika usaha Anda menghadapi kesulitan, maka Anda tidak perlu repot-repot memikirkan hutang kepada orang lain.

3. Melakukan Kerjasama dengan Orang Lain

Cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan yang ketiga adalah dengan melakukan kerjasama dengan orang lain. Anda bisa mengajak orang lain untuk bersama-sama membangun bisnis pilihan Anda.

Anda sebagai pengelolanya, sedangkan temanmu yang jadi investornya yang mendanai operasional bisnis Anda. Buatlah surat kerjasama dengannya, sehingga ketika ada masalah dalam bisnis Anda maka acuannya adalah surat kerjasama yang telah ditandatangi kedua belah pihak.

Dalam surat itu isinya dapat berupa berapa kisaran pembagian keuntungan, jika perusahaan dalam kondisi untung. Selain itu sertakan juga kisaran pembagian rugi, jika nanti perusahaan mengalami kesulitan bahkan rugi. 

Anda juga bisa menyimak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





3 cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan di atas dijamin ampuh membuat Anda sukses tanpa hutang berbunga dengan bisnis yang Anda jalani. Karena berdasarkan kisah para pengusaha, banyak sekali yang terlilit hutang, akibat menggunakan modal usaha dari hutang yang berbunga. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda semakin sukses dengan bisnisnya.
Related Posts