taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ternyata Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis yang Mudah

Ternyata  Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis yang Mudah

Anda ingin membangun bisnis tapi keterbatasan modal? Jika iya, coba simak artikel kali ini. Kami akan memberikan informasi mengenai cara mendapatkan modal usaha gratis yang mudah. Hal ini akan berguna bagi Anda.
Cara Mendapatkan Modal Usaha
Untuk mendapatkan modal usaha gratis membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Walaupun begitu, ada banyak cara yang dapat Anda coba. Mulai dari mencari investor, mendapatkan modal dari pemerintah, dan cara lain yang akan kami bahas berikut ini.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis 

Sebuah bisnis tentu membutuhkan modal. Tidak jarang modal yang dibutuhkan berjumlah tidak sedikit. Saat ini, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan modal usaha gratis. Inilah diantaranya:

1. Mencari Investor 

Jika merasa memiliki ide bisnis bagus, namun tidak ada modal. Anda bisa mencari investor atau mengajak orang yang memiliki kemampuan finansial untuk memberikan modal usaha tersebut.

Anda harus meyakinkan calon investor supaya memberikan dana usahanya. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pilihan apakah calon investor ini akan meminjamkan modalnya atau sama-sama menjalankan bisnis tersebut.

Oleh sebab itu, buatlah proposal bisnis menarik dengan skema saling menguntungkan. Selain kuat secara finansial, seorang investor juga harus bisa dipercaya.

2. Mendapatkan Modal Gratis dari Pemerintah

Saat ini, pemerintah memiliki banyak program pendanaan untuk masyarakat. Sasarannya yaitu pebisnis UMKM yang memiliki potensi besar untuk berkembang.  

Beberapa lembaga pendanaan modal usaha gratis banyak tersedia mulai dari Dinas Koperasi,  UKM, program PKBL, dan Dinas Perdagangan. Jumlah modal tersebut juga lumayan besar dan bisa untuk mengembangkan usaha kecil milik masyarakat.

Untuk Cara mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah, Anda harus mengisi data yang dibutuhkan, setelah itu pihak pemerintah akan melakukan survei. Persiapkan segala sesuatunya dengan maksimal supaya peluang mendapatkan modal gratis ini lebih besar.

3. Modal Bisnis dari BEKRAF

BEKRAF atau Badan Ekonomi Kreatif merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengurus ekonomi kreatif di Indonesia.  Ini termasuk program startup dan program ekonomi digital lainnya.
Jika Anda memiliki bidang usaha kreatif, seperti pembuatan aplikasi. Anda juga dapat mengajukan proposal ke BEKRAF agar mendapatkan modal usaha.

4. Dana Hibah BUMN

Secara umum, BUMN memiliki program sosial yang bertujuan membina masyarakat, termasuk UMKM. Anda harus mengikuti program Bina Lingkungan dari BUMN dan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Daftar di BUMN yang menawarkan pendanaan. Biasanya, proses pendaftaran dilakukan melalui website BUMN tersebut.

Siapkan berbagai persyaratan. Mulai dari data diri dan profil perusahaan. Lakukan hal ini dengan baik, supaya BUMN dapat memberikan modal usaha gratis.

Setelah persyaratan selesai. Pihak BUMN akan melakukan pengecekan administratif.
Apabila lolos pengecekan administratif, selanjutnya akan dilakukan survey ke lokasi Anda. Proses ini merupakan kunci apakah proposal Anda akan disetujui atau tidak.

5. Crowdfunding

Pada masa pandemi, tidak sedikit pengusaha yang mengalami kesulitan bahkan hampir bangkrut. Program crowdfunding sebagai bentuk bantuan sosial yang ditujukan bagi UMKM yang mengalami kesulitan.

Cara ini dapat menjadi pilihan terakhir jika Anda telah memasukan proposal khusus untuk UMKM namun belum lolos mendapatkan modal tersebut.  Gunakan modal sebaik mungkin untuk keperluan usaha.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis dari Pemerintah

Berikut ini beberapa syarat supaya Anda mendapatkan modal usaha gratis dari pemerintah:
  • Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Memiliki SKU (Surat Keterangan Usaha)
  • Tidak sedang menerima kredit
  • Bukan PNS, pegawai BUMN atau BUMD, dan anggota TNI/Polri
  • Aset yang dimiliki penerima maksimal 50 juta
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap
  • Calon penerima tidak memiliki omset atau penghasilan tahunan lebih dari 300 juta
Cara mendapatkan modal usaha gratis melalui pemerintah dapat menghubungi Dinas Koperasi sesuai dengan lokasi Anda. Jangan lupa untuk melampirkan NIK, KK, alamat tinggal, nama lengkap sesuai KTP, nomor telepon, dan jenis bidang usaha Anda.

Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya tepat di bawah ini.

Baca juga:





Itulah informasi tentang Cara mendapatkan modal usaha gratis, semoga dapat bermanfaat.

Penulis: Erisa
Related Posts