taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ingin Untung? Coba Cara Menganalisis Bisnis Buku Berikut Ini

Ingin Untung? Coba Cara Menganalisis Bisnis Buku Berikut Ini

Bagi Anda yang ingin memulai usaha membuka toko buku, informasi mengenai cara menganalisis bisnis buku kali ini akan sangat Anda perlukan untuk menunjang bisnis Anda agar dapat berkembang dengan baik sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai.
Cara Menganalisis Bisnis
Seperti yang Anda ketahui, jika buku adalah salah satu kebutuhan yang banyak orang cari dan beli. Apapun jenis  bisnis buku yang akan dijalankan, baik fiksi atau non-fiksi, akan sangat berpeluang menguntungkan karena banyaknya orang yang membutuhkan untuk kebutuhan mereka.

Cara Menganalisis Bisnis Buku untuk Bisnis Lebih Untung

Suatu analisis dalam bisnis sangat diperlukan, bahkan untuk bisnis yang tidak mengharuskan Anda untuk memproduksi atau menciptakan produk dan barang seperti misalnya bisnis buku. Hal ini dikarenakan setiap bisnis akan berpeluang untuk mendapatkan keuntungan dan juga kerugian. Dengan analisis yang tepat diharapkan bisnis yang dijalankan, akan meminimalisir kerugian yang dialami.

Jika Anda tertarik dengan bisnis yang satu ini, Anda harus memperhatikan setiap hal dengan detail. Termasuk bagaimana Anda bisa mendapatkan informasi seputar supplier yang akan bekerja sama dengan Anda. Nah, berikut ini cara menganalisis bisnis buku yang bisa Anda tiru untuk diterapkan dalam bisnis yang akan dijalankan. 

1. Lakukan Riset Untuk Analisis

Melakukan riset adalah salah satu langkah dari Anda melakukan analisis terhadap bisnis yang satu ini. Riset disini dilakukan dengan harapan Anda bisa mendapatkan target pasar yang tepat sehingga penjualan buku dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan di setiap harinya.

Perlu diketahui, jika riset ini harus Anda lakukan jika ingin melakukan bisnis. Dalam hal usaha buku ini, Anda bisa mencoba untuk melakukan riset mengenai jenis buku yang paling memiliki peluang untuk terjual secara cepat. Misalnya saja jika target pasar Anda adalah anak remaja, maka Anda bisa menjual buku fiksi karena sebagian remaja akan menyukainya.

Lakukan riset dengan baik dan benar sebab ini akan membawa arah bisnis Anda kedepannya. Riset bukan hanya soal Anda menentukan jenis buku yang akan Anda jual, tapi juga mengenai prospek kedepannya, seperti apakah buku yang Anda jual akan selamanya disukai oleh target pasar Anda atau tidak. Jadi pikiran hal ini dengan baik dan seksama.

2. Analisis Supplier dengan Tepat

Cara menganalisis bisnis buku yang berikutnya adalah dengan melakukan analisis mengenai supplier atau penyetok buku dengan tepat. Tentunya jika Anda ingin memulai bisnis buku ini, Anda harus bisa menemukan orang/perusahaan yang bisa menjadi rekan kerja Anda dan bisa mengirim beberapa stok untuk Anda jual.

Anda harus bekerja dengan bijak dalam hal pemilihan supplier karena jika Anda salah dalam memilihnya, maka dapat dipastikan jika bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik karena terkendala dengan sistem penyetokan yang dilakukan oleh supplier. 

Oleh karena itu, anda harus bisa mencari supplier yang tepat yang bisa memenuhi kebutuhan dalam hal penyetokan buku sebagai salah satu hal penting ketika Anda ingin bisnis Anda berjalan dengan baik.

3. Analisis Lokasi dengan Baik

Hal selanjutnya jika Anda ingin membuka bisnis buku adalah Anda harus bisa menentukan lokasi yang tepat untuk bisa Anda gunakan sebagai toko buku Anda. Lokasi yang tepat tentunya akan memberikan Anda sejumlah keuntungan yang berujung pada pendapatan yang meningkat.

Beberapa manfaat dari pemilihan lokasi yang tepat adalah toko Anda dapat dijangkau dengan mudah, banyak pembeli yang berdatangan, dan juga bisa diakses mudah oleh supplier dengan menggunakan transportasi angkut yang besar.

Penentuan lokasi ini harus Anda pikirkan dengan matang-matang. Sesuaikan dengan target pasar yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Misalnya, Anda bisa menggunakan lokasi dekat sekolah atu kampus untuk menggaet pembeli yang ada di kalangan pelajar atau mahasiswa.

4. Analisis Pemilihan Rak atau Lemari

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengenai tempat untuk menyimpan atau meletakkan buku Anda. Pastikan Anda menggunakan rak atau lemari yang sesuai untuk menyimpan buku Anda dengan baik.

Jika Anda membuka toko buku secara offline, tentunya Anda harus memperhatikan ini dengan detail. Tata juga tempat buku tersebut dengan rapi sehingga ketika ada pengunjung yang datang mereka tidak akan melihat buku yang berserakan.

Terlebih lagi, jika Anda ingin mendapatkan kesan baik dari pembeli Anda, Anda bisa menempatkan buku sesuai dengan jenis atau genre. Misalnya jika buku tersebut merupakan buku fiksi, Anda bisa meletakkannya di rak khusus untuk buku fiksi.

5. Menganalisis Penggunaan Toko Online Atau E-Commerce

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka toko online untuk bisnis buku Anda. Tentunya hal ini dikarenakan sekarang teknologi sudah berjalan dengan pesat sehingga menghasilkan tempat terbaik untuk Anda bisa menjual buku Anda.

Misalnya Anda bisa menggunakan beberapa sosial media sebagai tempat penjualan Anda atau e-commerce yang dimana menjadi favorit bagi orang-orang yang ingin berbelanja dengan cepat tanpa harus mendatangi tempat tertentu.

Gunakan juga fasilitas iklan berbayar untuk menjangkau lebih banyak orang agar bisa mengenal bisnis buku yang sedang Anda jalankan. Jika Anda melakukan ini dengan tepat, tentunya bisnis Anda akan berjalan dengan baik dan lancar.

6. Lakukan Analisis Promosi yang Tepat

Cara selanjutnya jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis buku Anda adalah Anda harus bisa melakukan analisis mengenai promosi dengan tepat. Promosi ini dilakukan dengan harapan agar Anda bisa mendapatkan pembeli dengan cepat.

Promosi ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, tergantung bagaimana Anda menjalankan bisnis buku tersebut. Jika Anda membuka toko buku, tentunya Anda harus melakukan sederet promosi, misalnya penggunaan banner atau baliho untuk memberikan informasi seputar toko buku yang Anda kelola.

Selanjutnya, jika Anda membuka toko buku secara online, Anda bisa memanfaatkan beberapa iklan yang disediakan oleh pihak e-commerce terkait atau sosial media untuk mendapatkan insight lebih dari pengguna sosial media.

7. Analisis Keuntungan Bekerja Sama dengan Penerbit

Terakhir, Anda bisa melakukan analisis dengan tujuan bekerja sama dengan penerbit. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan buku terbitan mereka, baik yang baru atau lama. Apalagi jika Anda bisa menjadi distributor resmi dari penerbit mayor yang rata-rata akan mengeluarkan buku yang pasti laku dipasaran.

Anda bisa bekerja sama untuk mendapatkan peluang besar dalam meraih keuntungan dalam berbisnis buku, baik secara offline maupun online. Jadi tidak ada salahnya untuk Anda mencoba hal ini agar bisnis buku Anda berjalan dengan baik dan tumbuh dengan pesat.

Simak juga informasi menarik lainnya yang tersedia di bawah ini.

Baca juga:





Demikianlah artikel yang menginformasikan tentang cara menganalisis bisnis buku agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Gunakan cara diatas jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dalam berbisnis buku. Semoga membantu.

Penulis artikel : Rizal Herdiansyah
Related Posts