taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Ide Bisnis di Lahan Kosong yang Perlu Dicoba!

7 Ide Bisnis di Lahan Kosong yang Perlu Dicoba!

Banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang. Hal ini seolah menjadi salah satu wacana lama namun selalu diperbaharui dengan kondisi terkini di sekitar kita. Banyak jenis usaha yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan pahan kosong. 
Ide Bisnis di Lahan Kosong
Akan tetapi pastinya perlu menjadi pertimbangan pula.bagi Anda sekaligus managerial yang tepat agar bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Lahan kosong memang tampak sederhana jika dilihat dengan mata telanjang alias tanpa ada gambaran kegiatan yang dapat dilakukan diatas lahan tersebut. Akan tetapi bagi yang mampu memahami dunia bisnis jelas menjadi posisi empuk untuk mencari ide yang tepat untuk memanfaatkan lahan tersebut.

Diantara beberapa jenis usaha atau ide usaha yang bisa dijalankan di lahan kosong sangat bervariasi. Anda perlu melihat kebutuhan sekitar lingkungan tersebut atau kemungkinan jangka panjangnya. Misalkan lahan tersebut berada di pinggir jalan di tengah kota. 

Jelas hal tersebut lebih bercelah untuk memulai bisnis apa saja seperti bisnis kuliner dan lain sebagainya. Berikut beberapa ide usaha yang bisa Anda jadikan pilihan dan pertimbangan untuk memulainya.

Ide Bisnis di Lahan Kosong

1. Mendirikan Kos-kosan Atau Rumah Kontrakan

Untuk beberapa lokasi yang berada di perkotaan dengan lokasi strategis, mendirikan kos-kosan atau rumah kontrak menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Sebab biasanya banyak yang membutuhkan rumah singgah bisa dengan kos kosan atau rumah kontrak untuk para pekerja yang merantau ke kota, mahasiswa atau bahkan keluarga baru. 

Untuk mendirikan kos-kosan bisa menyiapkan beberapa kamar dan kamar mandi beserta dapur dan beberapa ruang inti lainnya untuk fasilitas tambahan. Anda bisa membuka untuk khusus mahasiswa jika lokasi cukup dekat dengan kampus atau sekolah negeri, atau untuk pekerja jika lokasi berada di sekitar pabrik dan sejenisnya.

Dengan membuka kos-kosan atau rumah kontrak Anda akan mendapatkan pasif income yang bisa menambah pemasukan keuangan Anda dari para penghuni rumah kos atau rumah kontrak Anda. Pastinya dengan begitu akan menjadikan keuangan lebih stabil dan bahkan bisa balik modal 2x lipat.

2. Membuka Lahan Pujasera

Selain membuka ide usaha sebagai tempat tinggal, Anda juga bisa menjadikan lahan kosong sebagai tempat pilihan kuliner yang menarik dan beragam. Anda bisa menyiapkan tempat duduk dan model.yang estetik untuk selanjutnya menyiapkan stand-stand untuk penjualnya.

Untuk penghasilannya biasanya dihargai di setiap standnya, bagi para penjual yang menyewa lokasi tersebut yang akan membayar biaya sewa baik tiap bulam atau tahun tergantung kesepakatan Anda dan penjual. Biasanya selain estetik dan menarik, adanya hiburan dan family friendly bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat kuliner keluarga. 

3. Membuat Cafe Kekinian

Jika lokasi lahan kosong berada di tengah kota, Anda bisa memulai ide bisnis lahan kosong dengan membuat coffeshop atau cafe yang estetik untuk menjulang penghasilan Anda. Ada banyak sekali cafe yang biasa dijadikan nongkrong dengan model yang estetik atau vintage tergantung daya tarik konsumen. 

Adapun jika dirasa kurang memahami pembuatan coffeshop atau sejenisnya, Anda bisa membuka lahan untuk disewakan atau bekerja sama dengan pemilik coffeshop  ternama di berbagai kota. Dengan begitu Anda tetap mendapat penghasilan tambahan sebagai pemilik lahan tanpa turut mengelola coffeshop tersebut. Lebih mudah bukan?

4. Menjadikan Lahan Pertanian

Jika lokasi lahan kosong tidak berada di tengah kota atau tempat yang strategis, Anda tetap bisa memanfaatkan lahan kosong untuk menambah penghasilan dengan memulai bisnis pertanian. Banyak sekali ragam tanaman yang mudah perawatannya dan tidak membutuhkan modal terlalu besar. Seperti tanaman obat, rumput gajah untuk pakan ternak, padi, tebu , sayuran dan lain sebagainya.

Anda bisa meminta bantuan atau bekerjasama dengan pengelola sawah atau lahan untuk menanyakan atau konsultasi terkait kecocokan penanaman pada lahan tersebut. Sehingga tidak perlu khawatir jika masih baru pemula, yang penting ada usaha yang bisa Anda lakukan dan trik atau teknik yang tepat.

5. Sebagai Lahan Peternakan

Diantara pemanfaatan sebagai bisnis di lahan kosong selanjutnya adalah dengan memanfaatkannya sebagai lahan peternakan. Anda bisa memanfaatkan lahan untuk pembuatan kandang hewan ternak untuk selanjutnya diisi dengan hewan yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Bisa hewan sapi, ayam, atau bahkan ayam petelur atau ayam pedaging. Banyak jenis hewan ternak yang bisa dipelihara dan menghasilkan.

Adapun jika lahan tersebut jauh dari rumah Anda, Anda bisa mempekerjakan orang sekitar untuk merawat hewan tersebut. Anda sebagai pemodal bisa menyerahkan pekerjaan perawatan hewan ternak dan kandang kepada pekerja untuk penggajian bisa dilakukan perbulan atau dengan sistem bagi hasil. Pastinya hal ini akan memudahkan Anda dan lebih efisien dalam pengerjaannya.

Akan tetapi jika lokasi dekat dengan rumah Anda, Anda bisa melakukan pemberian makan dan pembersihan kandang secara mandiri untuk mendapatkan hasil maksimal. Sebab Anda tidak perlu membayar atau menggaji orang lain. 

Anda bisa memberi makan tiap pagi dan sore serta membersihkan kandang secara berkala. Pemilihan sistem tergantung dengan kesiapan dan kenyamanan Anda sebagai pelakunya.

6. Membuka Toko Atau Mini Market

Jika memiliki lahan kosong di tempat yang strategis, Anda bisa memanfaatkannya sebagai lahan usaha untuk memaksimalkannya. 

Ada banyak sekali jenis usaha jual beli yang dapat Anda lakukan untuk menambah pemasukan beberapa diantaranya sepeti toko baju, toko grosir makanan, dan kebutuhan lainnya. Anda hanya perlu melihat di sekitar terkait toko apa yang belum tersedia untuk membuka di lahan Anda.

Anda bisa membuka lahan kosong dengan mendirikan toko apa saja sesuai keinginan, bisa toko baju berbagai brand baik toko baju pria wanita anak-anak. Atau bisa juga membuka toko kelontong versi besar seperti mini market yang banyak diminati oleh konsumen untuk berbelanja bulanan dan lain sebagainya. 

Anda bisa memilih sesuai ketertarikan serta peluang yang ada. Pastinya dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

7. Membuka Lahan Untuk Disewakan

Ide bisnis lahan kosong yang paling mudah selanjutnya dengan minim modal adalah dengan menginformasikan kepada masyarakat untuk membuka lahan untuk disewakan. Pasalnya hal ini cukup banyak diminati terutama jika lokasinya berada di tengah kota. 

Akan ada banyak investor yang tertarik untuk membuka usaha namun tidak memiliki tempat yang tepat. Maka bisa memanfaatkan penyewaan lahan sebagaimana yang bisa Anda lakukan.

Untuk penyewaan lahan biasanya dilakukan per tahun sebagai income tahunan Anda. Dalam hal ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal tambahan sebab untuk pelaku usaha adalah penyewa, Anda hanya melihat dan menerima biaya sewa tanpa turut bekerja sama mengelola usaha yang ada di lahan Anda. 

Meski begitu pemasukan tetap jalan jika ternyata usaha tersebut cocok dan berjalan dengan baik setiap tahunnya.

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Beberapa ide bisnis di lahan kosong tersebut bisa Anda jadikan referensi tambahan untuk memanfaatkan lahan kosong yang Anda miliki. Selanjutnya bisa disesuaikan dengan kondisi Anda masing-masing. Semoga bermanfaat! 
Related Posts