taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 7 Ide Bisnis Ekonomi Kreatif Modal Minim, Unik dan Dijamin Cuan

Inilah 7 Ide Bisnis Ekonomi Kreatif Modal Minim, Unik dan Dijamin Cuan

Menjalankan usaha ada yang sangat penting untuk Anda miliki yaitu kreativitas. Hal ini akan membuat usaha Anda memiliki ciri khas sebagai daya tarik dan pembeda dengan para kompetitor. Ide usaha kreatif bisa Anda temukan begitu banyak yang terbukti bertahan hingga puluhan tahun. 
Ide Bisnis Ekonomi
Usaha Anda dijamin tampil berbeda dan sukses jika Anda memaksimalkan kreativitas Anda. Untuk Anda yang masih bingung mencari ide bisnis yang kreatif, berikut  di bawah ini ide bisnis ekonomi kreatif.

7 Ide Bisnis Ekonomi Kreatif 

Saat ini ada beragam ide bisnis yang unik dan bisa dimulai dengan modal minim, tapi untungnya sangat menjanjikan. Ide-ide bisnis tersebut juga sangat cocok bagi Anda pemula dalam berbisnis. Berikut di bawah ini ide bisnis ekonomi kreatif dengan modal minim, unik dan dijamin cuan untuk Anda pengusaha pemula. 

1. Menjual Produk Daur Ulang

Anda bisa memulai membuka usaha dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Ada banyak barang bekas yang bisa dijadikan produk yang bernilai dan memiliki nilai jual. Anda bisa membuat kerajinan kapal-kapalan dari botol bekas, sehingga terbuatlah mainan kapal-kapalan yang memiliki nilai jual. 

Contoh lainnya Anda bisa membuat frame, bunga dan lainnya dari koran  atau kertas-kertas  yang sudah tidak terpakai. Usaha ini selain memiliki potensi yang besar juga lebih ramah lingkungan. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang seorang pecinta lingkungan.

2. Desain Buket Wisuda

Menjelang bulan Desember dan tahun baru hampir semua perguruan tinggi mengadakan wisuda secara bergiliran. Di acara-acara wisuda para mahasiswa biasanya menyediakan buket bunga untuk penambah hiasan berfoto sebagai kenang-kenangan, atau ada yang buat hadiah kepada teman mahasiswa lainnya. 

Desain buket wisuda bisa Anda jadikan ide bisnis ekonomi kreatif yang unik. Anda bisa membuat buketnya terlebih dahulu sebagai contoh untuk promosi produk di media sosial. Buatlah buket yang cantik dan menarik dan lakukan promosi di media sosial baik di WA, Facebook, dan Instagram. 

3. Penulis Artikel di Blog

Anda yang memiliki kemampuan menulis  bisa dijadikan ide usaha ekonomi kreatif yang minim modal. Usaha ni cocok untuk Anda seorang mahasiswa yang memiliki laptop dan ingin menghasilkan cuan darinya. Hanya bermodalkan kemampuan menulis, Anda sudah bisa membuka usaha penulis di blog dan website perusahaan-perusahaan ternama. 

4. Les Privat

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam mengajar anak-anak secara privat. Anda bisa membuka jasa les privat di jam pulang anak sekolah. Anda bisa memulai dari jam 1 siang hingga jam 7 malam. 

Ada banyak orang tua yang menginginkan anaknya berprestasi di sekolah, sehingga mereka rela memberikan les kepada anak-anaknya di jam luar sekolah. Anda bisa membuka les privat sesuai dengan kemampuan Anda. 

Misalnya Anda yang memiliki kemampuan dan ilmu tahsin, Anda bisa membuka les privat tahsin di rumah atau mushola terdekat. Kisaran biaya les bisa Anda sesuaikan dengan les lainnya di dekat lokasi les Anda. 

5. Influencer

Ide usaha kreatif lainnya di jaman sekarang adalah menjadi influencer. Usaha ini dijamin bisa menghasilkan cuan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Asalkan Anda konsisten membuat konten di media sosial, dijamin Anda bisa sukses dengan media sosial yang Anda kelola. 

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Tiktok, YouTube, Facebook dan Instagram untuk menghasilkan cuan puluhan juta per bulan. Cara menjadi influencer bisa Anda pelajari dari orang-orang yang sudah berhasil seperti Ria Ricis, Raffi Ahmad dan lainnya. 

6. Desainer Grafis dan Desainer Website

Anda yang memiliki kemampuan desain bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha kreatif. Ada banyak ide usaha yang hanya memanfaatkan kemampuan desain,  diantaranya desain grafis dan desain website. Kedua usaha tersebut sebenarnya hampir mirip, bedanya kalau desainer website adalah untuk merancang di website. 

Saat ini kedua jasa ini banyak perusahaan yang membutuhkannya, utamanya bagi desainer website. Mereka ingin membuat website yang terlihat unik, menarik dan rapi. Usaha ini termasuk bisnis yang sangat menjanjikan dengan modal hanya laptop dan skill desain Anda. 

7. Menjual Makanan yang Unik

Anda yang suka memasak dan membuat makanan di rumah, bisa Anda gunakan untuk membuka usaha menjual makanan yang unik. Misalnya seperti cemilan kering, kue, bolu, dan lainnya. Usaha ini mudah dan bisa dijalankan hanya di rumah saja dan bermodalkan kuota, peralatan masak dan kue di rumah dan bahan-bahannya. 

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 7 ide bisnis ekonomi kreatif yang unik dan modal minim. Menjalankan usaha-usaha di atas dijamin akan menghasilkan cuan hingga ratusan juta per bulannya. Asalkan mempelajari dan terus berusaha mengembangkan usahanya. Semoga usaha Anda semakin sukses dan berkembang. 
Related Posts