taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Cara Mengembangkan Usaha Produk Kreatif

5 Cara Mengembangkan Usaha Produk Kreatif

Saat ini ide usaha bisa dikembangkan dari bebagai bidang. Asalkan memiliki kreatifitas kamu bisa memulai usaha dari berbagai bidang sesuai dengan kemampuan Anda. 
Cara Mengembangkan Usaha
Namun, sebelum memulai usaha ada beberapa strategi yang harus kamu perhatikan. Berikut di bawah ini cara mengembangkan usaha produk kreatif.

Cara Mengambangkan Usaha Produk Kreatif

Perencanaan yang matang merupakan kebutuhan dalam memulai usaha, khususnya bagi Anda yang akan mendirikan sebuah usaha kreatif yang mampu bertahan di sagala musim. 

Sedangkan banyak pengusaha pemula yang tidak memiliki ide usaha kreatif, sehingga mengalami kegagalan.

Para pengusaha yang sukses menjalankan bisnis semuanya berawal dari perencanaan yang matang, sehingga menjadikan usahanya sukses dan berhasil. 

Anda yang ingin memulai bisnis di jaman sekarang ini diperlukan cara dan strategi yang perlu kamu coba. Berikut di bawah ini 10 cara mengembangkan usaha produktif agar mendapatkan keuntungan yang besar.

1. Membuka Bisnis Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen

Suatu usaha tidak lepas dari peran konsumen. Karena produk yang ditawarkan pengusaha nantinya akan dikonsumsi oleh mereka. Maka, dalam membuka suatu usaha adalah harus menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Untuk mengetahui apa saja kebutuhan konsumen bisa dilakukan dengan cara mengamati kebiasaan konsumen. Dengan cara ini Anda akan mudah menemukan inspirasi untuk bisnis Anda. 

Permasalahan-permasalahan atau kebiasaan-kebiasaan mereka bisa dijadikan acuan untuk mengawali sebuah bisnis.

2. Mengenali Pesaing Bisnis

Dalam dunia bisnis pasti akan selalu ada pesaing bisnis. adanya kompetitor bisnis jangan sampai membuat Anda pesimis untuk mengembangkan usaha kreatif. Justru Anda bisa mengambil pelajaran dengan mengenali kompetitor bisnis Anda.

Menawarkan produk yang kreatif disertai dengan promosi yang terus menerus tidak akan menghasilkan penjualan yang besar, jika Anda tidak mengenali kelebihan dan kekurangan dari kompetitor bisnis Anda.

Cara mengenali pesaing bisnis adalah sebuah cara untuk mampu mempertahankan bisnis Anda di segala musim. Terutama Anda yang ingin mengembangkan bisnis menjadi lebih luas lagi sangat diperlukan untuk mengenali pesaing bisnis Anda.

Mengenali pesaing bisnis bisa dilakukan dengan cara melihat apa saja nilai jual mereka, bagaimana cara mereka promosi produk, bagaimana pengelolaan bisnisnya dan lain sebagainya. 

Mengenali kompetitor bukan berarti untuk menciptakan bisnis yang sama persis dengan mereka dengan tujuan memiliki posisi bisnis yang setara dengan mereka.

Tujuan mengenali kompetitor adalah agar Anda mampu mengeluarkan sesuatu yang berbeda yang menjadi ciri khas dari bisnis yang Anda jalankan. Dengan mengenali produk yang mereka tawarkan, akan ada muncul ide-ide kreatif untuk mengeluarkan produk yang berbeda dari mereka.

Mengenali cara promosi merekapun perlu kamu lakukan, hal ini bisa jadi membuat kamu melakukan promosi produk yang lebih baik dari mereka. Dengan begitu bisnis Anda bisa menghasilkan pendapatan yang bisa jadi lebih besar dari mereka.

3. Memperluas Jaringan Bisnis

Cara mengembangkan usaha produk kreatif yang selanjutnya adalah dengan memperluas jaringan bisnis Anda. Caranya bisa dengan melakukan perluasan promosi produk Anda. Cara lainnya bisa dengan membuka cabang atau gerai bisnis baru.

Memperluas promosi bisa dilakukan juga dengan cara melakukan promosi di media sosial. Anda yang saat ini bisnisnya hanya mengandalkan promosi offline, maka harus mencoba melakukan promosi dengan cara online, ataupun sebaliknya.

Mengembangkan bisnis saat ini bisa juga dilakukan dengan cara promosi produk di berbagai platform. Tidak hanya di media sosial, Anda harus mencoba promosi produk di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya.

Promosi di platform belanja online tidak hanya memberikan jangkauan yang luas. melainkan juga memberikan kemudahan kepada Anda untuk melakukan promosi dan penjualan produk. Hanya dengan satu kali klik produk Anda bisa terjual ribuan item per hari.

4. Memanfaatkan Setiap Kesempatan yang Ada

Seorang pengusaha harus bisa mengenali berbagai kesempatan yang bisa dijadikan ide bisnis. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan untuk membuka bisnis yang kreatif. 

Misalnya sedang viral tentang jajanan sostel atau sosis telur kemudian ide bisnis ini dijadikan ide usaha baru untuk mengembangkan bisnis baru.

Sekecil apapun peluang dari bisnis tersebut, pikirkanlah baik-baik dengan detail. Meskipun sudah banyak kompetitor bisnis di bidang usaha tersebut, bukanlah suatu masalah yang besar. Justru adanya kompetitor harus dijadikan motivasi untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Pastikan bahwa ide usaha Anda membutuhkan modal yang sesuai dengan dana yang kamu miliki. Jangan sampai Anda membuka bisnis dengan modal yang tidak bisa ditutup dengan dana yang dimiliki.

5. Mengutamakan Pelayanan Konsumen yang Baik

Pelayanan konsumen akan mempengaruhi tingkat penjualan produk Anda. Cara mengembangkan usaha produk kreatif selanjutnya adalah dengan mengutamakan pelayanan konsumen yang baik.

Produk yang bagus dan unik disertai dengan promosi yang terus menerus belum tentu akan menghasilkan penjualan yang bagus jika pelayanan konsumennya tidak baik. Maka pastikan bahwa Anda ataupun karyawannya memberikan pelayanan pada konsumen dengan baik, sopan dan santun.

Utamakan lah pelayanan kepada konsumen dengan baik dan ramah. Hal ini akan membuat konsumen merasa nyaman dengan pelayanan dari bisnis Anda, akhirnya mereka pun melakukan pembelian produk yang Anda jual.

Cara mengembangkan bisnis di atas dijamin akan membuat bisnis Anda semakin berkembang dan maju. Sukses dalam berbisnis membutuhkan waktu dan strategi bisnis tertentu, termasuk juga dalam berbisnis produk kreatif, pastinya membutuhkan strategi khusus untuk mengembangkannya.

Sebelum beranjak, pastikan Anda menyimak sejumlah informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





5 cara mengembangkan usaha produk kreatif di atas semoga bermanfaat. Semoga dengan 5 cara yang sudah di informasikan di atas membuat bisnis Anda semakin berkembang dan maju.
Related Posts