taupasar.com

we read, we create and we share it.

Raih Cuan Puluhan Juta dengan 10 Cara Mengembangkan Usaha Laundry

Raih Cuan Puluhan Juta dengan 10 Cara Mengembangkan Usaha Laundry

Memulai bisnis yang sukses pasti memiliki strategi dan cara tertentu untuk menghasilkan keuntungan yang besar. 
Cara mengembangkan Usaha
Begitupun dengan bisnis laundry. Berikut di bawah ini 10 cara mengembangkan bisnis laundry yang menguntungkan. 

10 Cara Mengembangkan Usaha Laundry yang Menguntungkan

Bisnis laundry tidak boleh asal menjalankan tanpa ada strategi. Agar usaha laundry berkembang dan sukses menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah Anda harus mengetahui beberapa strateginya. Di bawah ini akan menjelaskan 10 cara mengembangkan usaha laundry

1. Menyiapkan Modal 

Memulai bisnis tidak lepas dari menyiapkan modal. Termasuk juga dalam berbisnis laundry modal adalah hal utama yang perlu disiapkan. Jangan sampai modal yang Anda miliki kurang untuk memulai bisnis laundry

Sebenarnya modal untuk membuka bisnis laundry tidaklah terlalu besar. Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk membeli peralatan seperti mesin cuci, setrika uap, pewangi, dan peralatan lainnya. Jika ditotal dengan sewa lokasi usaha modal ini tidaklah lebih dari puluhan juta rupiah.

2. Pilih Lokasi Usaha Laundry yang Strategis 

Berbisnis membutuhkan lokasi usaha yang tepat. Termasuk juga bisnis laundry perlu tempat usaha yang strategis. 

Lokasi usaha yang mudah dijangku banyak orang akan berpengaruh terhadap perkembangan usaha tersebut. Hal ini dikarenakan lokasi usaha dengan akses yang mudah dijangkau dan strategis akan membuat semakin banyak konsumen berdatangan.

Seperti apa lokasi tepat dan strategis yang mudah dijangkau dan cocok untuk memulai dan mengembangkan usaha laundry

Lokasi usaha yang tepat untuk bisnis laundry yaitu sekitar perumahan, kos-kosan, perkantoran, area kampus. Tempat-tempat tersebut merupakan pusat keramian yang memberikan peluang bisnis laundry dengan keuntungan yang besar. 

3. Menyiapkan Peralatan Laundry yang Murah dan Berkualitas

Berbisnis laundry membutuhkan beberapa peralatan yang perlu disiapkan. Misalnya seperti mesin cuci, setrika uap dan lainnya.

Ada banyak jenis dan merek mesin cuci dan setrika uap yang bisa dipilih untuk peralatan usaha laundry. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan modal yang Anda miliki namun barangnya berkualitas baik untuk dijadikan usaha laundry. 

4.  Memberikan Pelayanan yang Baik

Kunci bisnis yang sukses adalah memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumennya. Memberikan kesan yang baik terhadap konsumen adalah sebuah peluang yang besar untuk menjadikannya menjadi pelanggan setia dari usaha laundry kamu. 

Salah satu cara memberikan kesan yang baik terhadap konsumen adalah dengan memberikan pelayanan yang baik terhadapnya. Misalnya dengan ramah, sopan dan santun. 

5. Memahami Cara Mencuci dan Menyetrika yang Benar

Ada banyak jenis kain dan model pakaian yang akan dititipkan konsumen untuk di laundry. Setiap jenis kain memiliki kekurangan dan kelebihannya, cara mencuci dan menyetrika setiap kainnya berbeda.

Misalnya ada kain yang tidak bisa disetrika yang terlalu panas atau ada pula kain yang harus disetrika yang panas. 

Kemungkinan konsumen juga tidak hanya akan melaundry pakaian seperti baju dan celana. Mereka juga akan melaundry boneka, seprei, selimut, dan lainnya. Setiap barang memiliki caranya berbeda untuk mencucinya. 

6. Membuat Laporan Keuangan 

Berbisnis pasti menginginkan keuntungan yang besar. Namun banyak pengusaha pemula yang tidak membuat laporan keuangan. Sehingga terkadang uang bisnis dan uang pribadi tercampur yang membuat uang bisnis terpakai tidak sengaja dan akahirnya kehabisan modal. 

Untuk menghindari kerugian bisnis dikarenakan uang bisnis keseringan terpakai maka diperlukan laporan keuangan. Laporan keungan juga bisa untuk menghitung biaya operasional sehingga bisa menentukan peningkatan harga jasa, biaya karyawan dan lainnya.

7.  Menawarkan Beragaman Layanan Jasa Laundry

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik konsumen menggunakan jasa laundry Anda. Misalnya dengan menyediakan jasa layanan antar jemput barang laundry. Caranya dengan konsumen menelpon atau chat kepada Anda untuk meminta pakaian laundry dijemput dan diantar kerumahnya. 

Memberikan pelayanan antar jemput pakaian kotor tentukan akan menghabiskan biaya operasional tambahan untuk bensin dan waktu yang telah Anda habiskan. Salah satu strateginya bisa dengan menambahkan biaya ongkos kirim untuk konsumen yang meminta jasa layanan ini. 

Selain itu cara mengembangkan usaha laundry untuk menarik konsumen bisa dilakukan dengan cara memberikan promo dan diskon. Misalnya konsumen akan diberikan diskon jika sudah menggunakan jasa Anda sebanyak 10 kali. Memberikan potongan harga juga bisa dilakukan di awal ketika baru membuka usaha laundry. 

8. Memasarkan Bisnis dengan Kreatif

Agar usaha laundry Anda semakin banyak dikenal oleh orang-orang, maka diperlukan pemasaran yang kreatif. Selain menggunakan brosur diperlukan juga pemasaran jasa laundry melalui media sosial. 

Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok yang memiliki banyak pengguna bisa dimanfaatkan untuk promosi usaha jasa laundry Anda. Promosikanlah jasa Anda dengan kreatif dan inovatif. 

Cara promosi di media sosial bisa dengan membuat status atau dengan menawarkan langsung lewat pesan pribadi. Promosi yang menarik contohnya dengan memberikan diskon dan bonus. 

9. Terus Inovatif dan Kreatif

Kebutuhan masyarakat selalu berubah-ubah, agar bisnis laundry Anda dapat bertahan maka harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya selain membuka jasa laundry pakaian juga menawarkan jasa laundry boneka, karpet, sepatu, bed cover dan lainnya. 

10. Optimis 

Suatu bisnis diperlukan sikap yang optimis dan tetap sabar. Setelah semua cara di atas telah dilakukan maka selanjutnya adalah optimis bahwa bisnis laundry Anda akan menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulan. 

Anda juga bisa menyimak sekaligus mendapatkan informasi lainnya pada sejumlah artikel pilihan berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 10 cara mengembangkan usaha laundry untuk menghasilkan keuntungan jutaan rupiah per bulan. Informasi di atas semoga bermanfaat dan bisnis laundry Anda pun sukses meraup keuntungan yang besar. 
Related Posts