taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Ramen

5 Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Ramen

Ramen adalah makanan asli dari Jepang yang berbahan dasar mi. Dari sekian banyaknya makanan khas Jepang mi ramen adalah yang paling terkenal di Indonesia saat ini. 
Cara Mengembangkan Usaha
Sehingga peluang bisnis mi ramen di Indonesia sangatlah besar. Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengembangkan usaha mi ramen. 

Apakah kamu pernah menikmati sajian mi ramen? Kamu yang belum pernah makan mi ramen perlu mencoba makanan khas Jepang ini. Makanan ini memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia, sehingga bisa dijadikan ide usaha makanan khas Jepang. 

5 Cara Mengembangkan Usaha Ramen

Mie ramen adalah mi kuah dengan cita rasa yang nikmat dan lezat. Meskipun mi kuah ini berasal dari negara sakura namun di Indonesia memiliki penggemar dari usia anak-anak hingga kalangan orang tua di seluruh daerah Indonesia. 

Sekarang ini mi ramen banyak sekali dicari masyarakat. Peluang bisnis mi ramen memang sangat menguntungkan dan menjanjikan sekali. Peluang bisnis ini bisa dilihat dari banyaknya penggemar mi ramen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Usaha mi ramen di berbagai tempat seluruh wilayah Indonesia tidak pernah sepi dari konsumen. Sehingga bisnis ini perlu kamu coba. 

Namun ada beberapa strategi yang perlu kamu tahu untuk mengembangkan bisnis yang satu ini. Berikut di bawah ini cara mengembangkan usaha ramen. 

1. Mempersiapkan Modal

Dalam memulai bisnis yang perlu kamu siapkan adalah modal usaha, termasuk juga bisnis mi ramen. Perlu modal yang harus kamu siapkan untuk membuka usaha mi ramen. Modal ini peruntukan membeli peralatan masak, sewa kios atau gerobak, beli bahan baku, dan lainnya. 

Setidaknya kamu menyiapkan modal minimal 3 juta rupiah untuk membuka usaha mi ramen. Modal ini dialokasikan untuk beli gerobak, beli bahan baku, peralatan dapur dan lainnya. 

Modal yang tidak terlalu banyak ini bisa menghasilkan pendapatan hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Melihat banyaknya masyarakat yang menyukai mi ramen, usaha mi ramen bisa membuat anda sukses menghasilkan cuan yang banyak.

2. Menggunakan Peralatan yang Berkualitas

Memulai usaha makanan sajian mi tidak jauh dengan kebutuhan peralatan dapur. Seperti panci, kompor dan tabung gas, wadah, pisau, baskom, wajan, spatula, pengaduk, mangkok, sendok, garpu dan peralatan  tambahan lainnya. 

Peralatan tersebut harus kamu siapkan untuk membuka usaha mi ramen. Pastikan bahwa peralatan-peralatan untuk memasak mi ramen merupakan barang-barang yang berkualitas. Saat ini banyak peralatan dapur yang harganya murah namun berkualitas yang bisa kamu pilih. 

Peralatan dapur adalah investasi jangka panjang untuk membuka usaha ramen, jadi jangan asal memilih produk peralatan masak. Pilihlah peralatan yang bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak. 

3. Menentukan Resep Usaha Ramen yang Enak

Berbisnis makanan tidak boleh sembarang dijual. Pastikan bahwa kamu menjual makanan mi ramen yang enak dan lezat. Resep mi ramen yang enak bisa kamu pelajari dari Google atau YouTube dengan gratis. 

Tentukan lah resep andalan yang bisa membuat konsumen menjadi langganan usaha kamu. Cara tes apakah mi ramen kamu enak atau tidak bisa dilakukan dengan survey. Misalnya dengan meminta orang terdekat untuk mengkritisi hasil masakan mi ramen kamu. 

Setelah menemukan resep mi ramen yang enak, kamu sudah bisa membuka usaha mi ramen yang menguntungkan. Bisnis ini bisa menjadi jalan untuk kamu sukses mendapatkan cuan puluhan juta rupiah per bulan.

4. Memilih Lokasi Usaha Mi Ramen yang Strategis

Hal yang paling penting dalam menjalankan usaha ramen adalah menentukan lokasi usaha. Penting sekali untuk memilih lokasi usaha yang strategis dan ramai agar bisnis ramen berjalan dengan lancar dan menguntungkan. 

Memilih lokasi usaha yang strategis untuk menjalankan usaha ramen sebenarnya sangat mudah didapatkan. Ada banyak sekali lokasi usaha strategis yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha mi ramen. 

Lokasi usaha yang strategis adalah salah satu cara mengembangkan usaha ramen yang menguntungkan. Lokasi usaha yang strategis contohnya adalah tempat ramai pengunjung seperti di dekat pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, perkantoran, dan lainnya. 

5. Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Saat ini salah satu cara untuk promosi dengan mudah dan murah adalah dengan memanfaatkan media sosial. Beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok bisa dijadikan tempat untuk mempromosikan usaha ramen milikmu. 

Setiap media sosial memiliki caranya sendiri agar promo produk kamu sampai kepada akun yang tepat. Kamu bisa mempelajari cara promosi produk sajian mi dari kompetitor kamu. postingan promosi di media sosial harus dengan foto dan caption yang menarik. 

Foto produk yang di posting ke media sosial haruslah berkualitas tinggi dan menarik. Postingannya ditambahi tulisan atau caption yang menawarkan produk dengan cara yang unik dan menarik. 

Untuk menghasilkan tulisan yang menarik kamu harus mempelajari ilmu copy writing agar kamu bisa membius calon konsumen untuk berkunjung ke lokasi usaha ramen milikmu. 

Promosi produk yang biasa dilakukan oleh para pengusaha adalah dengan memberikan diskon dan bonus kepada konsumen. Misalnya konsumen diberikan diskon 20.000 rupiah ketika mereka membeli ramen minimal 5 porsi. 

Cara lainnya dengan memberikan bonus tambahan porsi ramen. Misalnya ketika konsumen membeli ramen minimal 5 porsi mereka akan diberikan bonus satu porsi mi gratis.  Memberikan diskon dan bonus diyakini bisa mendatangkan konsumen lebih banyak lagi. 

Di bawah ini kamu juga bisa mengetahui sejumlah cara mengembangkan jenis usaha lain yang sesuai dengan yang kamu jalankan, simaklah.

Baca juga:





Di atas adalah 5 tips dan cara mengembangkan usaha ramen yang menguntungkan. Kelima cara di atas diyakini bisa mendatangkan pengunjung lokasi usaha ramen yang banyak, sehingga dapat meningkatkan penjualan ramen. 
Related Posts