taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mengembangkan Usaha Skincare untuk Maklon maupun Reseller

Cara Mengembangkan Usaha Skincare untuk Maklon maupun Reseller

Sudah memulai bisnis di bidang kecantikan namun bingung bagaimana cara mengembangkan usaha skincare?
Cara Mengembangkan Usaha
Pada tahun 2022 ini, produk perawatan kecantikan atau skincare menjadi salah satu jenis bisnis yang paling banyak diminati oleh perempuan di dunia. Tentu saja, tidak ada perempuan yang tidak ingin tampil cantik, bukan?

Itulah sebabnya, usaha di bidang kecantikan sangat menjanjikan, baik menjadi reseller skincare maupun maklon skincare. Keduanya mempunyai teknik pengembangan bisnis yang sangat berbeda. Oleh karena itu, kita akan membahasnya secara terpisah dalam artikel kali ini.

Cara Mengembangkan Usaha Skincare Sebagai Owner

Maklon skincare adalah tipe bisnis yang bergelut dalam bidang pembuatan skincare. Artinya, Anda berperan sebagai owner yang meracik bahan produk hingga memikirkan cara mengembangkan usaha skincare yang efektif.

Berikut 5 strategi cara mengembangkan usaha brand skincare milik sendiri:

1. Memastikan Legalitas Produk Skincare

Pada urutan pertama cara mengembangkan usaha skincare yang benar, Anda harus memastikan produk memiliki legalitas yang sah. Legalitas ini meliputi basis kesehatan (ingredient dan BPOM) dan basis keagamaan (logo halal dari Kemenag).

Kedua stempel keamanan di atas merupakan jaminan kualitas produk terhadap konsumen. Tidak akan ada orang yang mau mempertaruhkan kulit mereka untuk mengonsumsi produk kecantikan tanpa legalitas keamanan.

Oleh karena itu, upaya terpenting untuk mengembangkan penjualan produk skincare adalah menjamin legalitas. Setelah itu baru menginjak poin selanjutnya.

2. Merubah Kemasan Produk Menjadi Lebih Kekinian

Ibarat manusia, peran kemasan sama dengan wajah. Aspek yang menarik hati konsumen pertama kali dari sebuah skincare adalah tampilan kemasan yang ringan dan meyakinkan. Jika mereka tertarik untuk membaca kemasan, kemungkinan penjualan tentu terbuka lebih lebar.

Apabila mengamati produk skincare yang sudah ada, Anda pasti tahu bahwa masing-masing produk mempunyai warna khas sebagai lambang produk. Anda bisa menggunakan trik yang sama untuk menciptakan kesan unik dan istimewa di hati konsumen.

3. Memperluas Pasar

Cara mengembangkan usaha skincare yang berkaitan erat dengan pengembangan bisnis adalah pengembangan cakupan pasar. Jika Anda sudah cukup dikenal di kota asal, saatnya melebarkan jaring penjualan ke lingkup nasional.

Salah satu strategi perluasan pasar yang paling umum ditempuh adalah cara mengembangkan usaha skincare di Alfamart maupun Indomaret. Kedua retail tersebut memang sangat popular di berbagai wilayah Indonesia sehingga layak menjadi pertimbangan Anda.

4. Memilih Brand Ambassador Terbaik

Sosok brand ambassador adalah orang yang kita anggap menggambarkan kualitas produk. Jika Anda berjualan skincare, maka selayaknya BA adalah seorang perempuan yang mempunyai kulit sehat dan senyum sempurna.

Memilih seorang BA menjadi salah taktik mengembangkan usaha skincare paling efektif untuk menarik perhatian konsumen. tentunya, seorang brand ambassador harus memiliki karisma menarik dan popular di kalangan target market Anda.

5. Membuka Online Shop Di Market place 

Cara mengembangkan usaha skincare bagi pengusaha maklon skincare yang terakhir adalah mengaktifkan layanan penjualan produk secara online melalui marketplace. Tujuannya untuk memudahkan konsumen dari mana saja mendapatkan produk orisinal dari toko Anda.

Cara Mengembangkan Usaha Skincare Sebagai Reseller

Bagi Anda yang ingin mulai berkecimpung di dunia kecantikan dengan modal usaha skincare lebih minim, menjadi reseller layak dicoba. Dalam sistem tersebut Anda hanya bertugas menjual produk saja tanpa terlibat dalam proses produksi.

Setiap produk yang berhasil dijual, Anda berhak mendapatkan laba sesuai kesepakatan. Dalam sistem kemitraan ini, cara mengembangkan usaha skincare adalah sebagai berikut:

1. Andalkan Kreatifitas Marketing

Tidak sedikit orang yang meremehkan profesi reseller. Padahal, profesi tersebut seringkali menjadi langkah awal untuk membuka usaha skincare sendiri. Fase menjadi reseller bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuan marketing dan promosi.

Sebagai reseller, saingan Anda adalah sesama reseller. Demi memenangkan hati konsumen, Anda harus membuat iklan dan promosi Anda lebih menarik daripada reseller lain. Jangan ragu juga untuk memanfaatkan berbagai platform online sebagai media promosi.

2. Berikan Bonus Pembelian Kepada Pelanggan

Pelanggan adalah aset yang sangat berharga dalam bisnis penjualan. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mereka berpindah ke lain hati adalah dengan memberikan bonus pembelian.

Bonus pembelian pada dasarnya tidak harus barang yang mahal atau berharga. Anda bisa menyertakan produk rumah tangga dengan harga terjangkau. Dijamin pelanggan akan semakin loyal kepada Anda.

3. Jadikan Diri Sendiri Sebagai Role-Model

Tidak ada cara mengembangkan usaha skincare yang bagus selain menjadikan diri sendiri sebagai hasil sempurna dari produk dagangan. Orang akan meragukan sebuah produk skincare jika melihat penjualnya tampak berjerawat, kusam, dan kurang terawat.

Dengan cara promosi ini, Anda jelas mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, Anda bisa tampil cantik maksimal dengan perawatan rutin. Kedua, banyak orang akan penasaran dengan produk Anda sehingga ingin mencoba membelinya.

4. Membuat Logo Bisnis yang Menarik

Sebagai reseller, Anda selayaknya tetap membuat logo bisnis sendiri untuk membedakan diri dari reseller lain. Logo ini bisa kita tampilkan dalam kemasan pengemasan, stiker pada produk, atau poto profil usaha.

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon dan akun media sosial dalam logo tersebut sehingga siapapun yang melihatnya bisa menghubungi Anda.

5. Sediakan Fasilitas Konsultasi Kesehatan Kulit

Cara mengembangkan usaha skincare terakhir adalah menyediakan fasilitas konsultasi kesehatan kulit. Dalam hal ini, Anda harus mempelajari wawasan seputar kecantikan dan perawatan kulit yang saat ini bisa kita dapat dari berbagai sumber.

Dengan trik ini, Anda tidak hanya berperan sebagai penjual, melainkan juga konsultan kesehatan sederhana. Jika konsumen merasa terbantu dengan konsultasi Anda, dijamin mereka tidak akan ragu membeli produk tersebut.

Jangan sampai Anda melewatkan sejumlah informasi menarik lainnya yang telah disajikan berikut ini.

Baca juga:





Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengembangkan usaha skincare baik sebagai pemilik usaha maupun reseller. Semoga bermanfaat.
Related Posts