taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Cara Mengembangkan Usaha Makanan Korea

7 Cara Mengembangkan Usaha Makanan Korea

Hallyu atau demam drama dan musik Korea saat ini semakin meningkat, demam Korea sudah berlangsung belasan tahun di Indonesia. Dari mulai menyukai hiburan-hiburan Korea, masyarakat akhirnya mencari tahu berbagai informasi seputar Korea, salah satunya makanan Korea. 
Cara Mengembangkan Usaha
Banyak masyarakat yang demam dengan Korea menambah peluang bisnis baru yang menguntungkan. Banyak makanan Korea yang muncul di drama-drama korea yang bisa dijadikan ide usaha yang menguntungkan. 

Anda yang ingin mencoba peruntungan dengan buka usaha makanan Korea, berikut di bawah ini tips dan cara mengembangkan usaha makanan Korea. 

Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Makanan Korea

Semakin tingginya minat masyarakat dengan budaya Korea membuat peluang bisnis baru di berbagai bidang, misalnya di bidang makanan. Penjualan makanan Korea selalu meningkat peminatnya, sehingga bisnis makanan Korea bisa menghasilkan cuan yang banyak. 

Agar penjualan dan bisnis makanan Korea kamu meningkat, maka diperlukan tips dan cara khusus yang harus dilakukan. Berikut di bawah ini cara mengembangkan usaha makanan Korea. 

1. Mengetahui Jenis dan Cara Pembuatan Makanan Korea

Pinternya Korea mereka tidak hanya menawarkan hiburan-hiburan yang menarik, tetapi juga budaya yang menjadi ciri khasnya. Misalnya dari segi pakaian dan makanan yang ditampilkan di drama-drama Korea. 

Beberapa drama bahkan banyak membahas makanan khas Korea, misalnya Bakin of Kim Tak Gu, It’s Beautiful now, let’s It dan lainnya. Kamu yang ingin mengambil kesempatan menghasilkan cuan dari berbisnis makanan Korea yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengetahui jenis dan cara pembuatan makanan Korea. 

Ada banyak jenis makanan Korea yang bisa dijadikan ide usaha yang menguntungkan. Seperti Kimbab, Tteokbbokki, Eomuk, Twigim, Hotteok, Ramyeon, Mandu, Hotba/ hot bar, Corndog, Dakgangjeong. 
Dari banyaknya jenis makanan Korea di atas bisa kamu pilih untuk dijadikan ide usaha makanan.

Tetapi, sebelum memutuskan untuk membuka usaha ini, sebaiknya kamu mempelajari sejarah dan cara membuatnya terlebih dahulu 

Kamu bisa mempelajari cara membuatnya dari YouTube atau Google. Dari sana ada banyak informasi seputar Korea yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari cara membuat makanan-makanan Korea di atas. 

2. Menyiapkan Modal

Setiap bisnis yang perlu dipersiapkan di awal-awal adalah modal. Termasuk juga bisnis makanan Korea perlu modal yang harus kamu siapkan. 

Besaran modal yang kamu butuhkan untuk membuka bisnis makanan Korea sangat variatif. Hal ini tergantung jenis dan cara mengelola bisnis makanan Korea tersebut. Misalnya modal untuk bisnis street Korean food berbeda dengan jenis usaha restoran Korea. 

Berikut di bawah ini uraian lengkap modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha street Korean Food
  • Gerobak 1,5 juta
  • Peralatan masak (kompor, wajan, panci, spatula, sendok kuas besar) 1 juta 
  • Alat makan (piring/ mangkok, sumpit, garpu, sendok, cup kecil dan lain-lain) 1 juta
  • Bahan-bahan 1 juta
Jika ditotal modal untuk membuka usaha makanan Korea street food hanya sekitar 4.500.000 rupiah saja. Sedangkan untuk membuka usaha restoran makanan Korea ada beberapa tambahan modal yang harus kamu siapkan. Tambahan tersebut diantaranya untuk biaya sewa lokasi, kursi, meja makan dan lainnya. 

3. Pilihlah Lokasi Usaha Makanan Korea yang Strategis

Kunci untuk menarik banyak pengunjung ke lokasi usaha adalah memilih tempat yang strategis. Lokasi usaha strategi misalnya dipusat keramaian seperti mall, dekat perkantoran, dan kampus.

Semakin banyak dan meningkatnya pelanggan toko membuat bisnis makanan Korea kamu akan menghasilkan keuntungan yang banyak. Bisnis Anda pun akan cepat berkembang.

4. Lokasi Usaha yang Bersih dan Nyaman

Hindarilah lokasi usaha makanan Korea yang kotor. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan pelanggan. Maka jagalah kebersihan terhadap lokasi usaha makanan Korea milikmu. 

Selain menjaga kesehatan, yang perlu kamu perhatikan juga adalah penataan lokasi usaha. Karena bersih saja tidak cukup, tetapi juga harus rapi. 

5. Mempromosikan di Media Sosial 

Berbisnis apapun tidak lepas dari kegiatan promosi usaha. Ada beragam cara yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan usaha makanan Korea. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha di media sosial. 

Saat ini ada 3 media sosial yang sangat cocok untuk berjualan makanan Korea, yaitu Facebook. Manfaatkanlah ketiga media sosial tersebut untuk mempromosikan usaha kamu agar semakin banyak pengunjung dan pendapatan.

6. Tawarkan dengan Harga Terjangkau

Harga produk adalah salah satu faktor seseorang akan belanja produk kamu atau tidak. Harga produk yang terlalu mahal atau tidak sesuai dengan kualitas produk membuat calon konsumen mengurungkan niatnya untuk belanja produk kamu. 

Cara mengembangkan usaha makanan Korea selanjutnya adalah tentukan lah harga produk bisnis makanan Korea milikmu yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk yang kamu tawarkan. Caranya dengan menghitung biaya harga pokok produk dan ditambahkan dengan keuntungan yang ingin kamu dapatkan. 

7. Memberikan Promo Khusus

Cara menarik pelanggan yang sering dilakukan para pengusaha adalah memberikan promo khusus kepada pembeli. Misalnya dengan memberikan diskon ketika pembeli berbelanja minimal 100 ribu. 

Cara lainnya misalnya dengan memberikan bonus makanan tambahan jika mereka membeli minimal 3 porsi makanan. Promo memberikan diskon dan bonus efektif dapat meningkatkan penjualan produk, sehingga cara ini sering dilakukan oleh para pengusaha. 

Pengusaha makanan seringnya memberikan kupon makan gratis ketika mereka berkunjung ke toko. Kupon tersebut nantinya dikumpulkan dan ditukarkan dengan satu porsi makanan dengan gratis. Cara ini terbukti dapat meningkatkan penjualan usaha makanan.

Di bawah ini juga disediakan sejumlah pilihan atau informasi tambahan yang tak kalah menarik, simaklah.

Baca juga:





Di atas adalah 7 cara mengembangkan usaha makanan Korea yang terbukti dapat meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan mudah. Melakukan cara-cara di atas dijamin usaha makanan Korea milikmu akan berkembang dengan pesat. 
Related Posts