taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Cara Mengembangkan Usaha Cemilan, Rahasia Memenangkan Kompetitor

5 Cara Mengembangkan Usaha Cemilan, Rahasia Memenangkan Kompetitor

Cemilan merupakan salah satu jenis produk usaha makanan yang memiliki segmen pasar tidak terbatas. Makanan yang banyak peminatnya digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Itulah sebabnya, banyak orang berminat membuka usaha di bidang ini.
Cara Mengembangkan Usaha
Meski diminati banyak kalangan, cara mengembangkan usaha cemilan tidak sepenuhnya mudah. Pasalnya Anda harus bersaing dengan ratusan kompetitor dengan aneka macam harga dan keunggulan produk yang mereka miliki.

Cara Mengembangkan Usaha Cemilan Kecil 

Apabila Anda ingin penjualan produk cemilan laris manis, cara mengembangkan usaha cemilan yang diterapkan harus kreatif. Munculkan keunggulan produk cemilan dari berbagai sisi, mulai dari harga, bentuk produk, dan tentunya kelezatan rasa.

Berikut merupakan 7 strategi cara mengembangkan usaha makanan ringan yang efektif:

1. Memperluas Segmen Pasar

Dalam strategi cara mengembangkan usaha cemilan yang benar, tidak ada aturan seorang pengusaha untuk membatasi luas segmen pasar. Justru sebaliknya, Anda harus mengupayakan agar produk Anda relate atau disukai oleh setiap kalangan konsumen.

Sebagaimana kita ketahui, target pasar makanan ringan pada umumnya adalah anak-anak, remaja hingga dewasa. Jika sebelumnya Anda hanya fokus pada proses produksi cemilan untuk anak-anak, kini saatnya untuk mengembangkan segmen konsumen baru yaitu remaja.

2. Mengikuti Trend Citarasa Makanan

Bukan hanya pada fashion, trend citarasa terkini juga wajib menjadi pertimbangan dalam menyusun cara mengembangkan usaha cemilan. Misalnya baru-baru ini, cemilan dengan rasa pedas sedang banyak diminati, maka Anda bisa mengadopsi ide tersebut pada produk.

Inovasi produk menjadi salah satu kunci utama agar konsumen tidak bosan. Jika bisnis Anda berada di zona nyaman, niscaya kompetitor akan mudah menggeser kedudukan.

3. Membuat Konten Mukbang Produk

Tentu Anda sudah tidak asing dengan konten video mukbang bukan? Mukbang merupakan rekaman video seseorang sedang menghabiskan makanan dalam jumlah besar. Tren konten yang berasal dari Korea ini seringkali membuat para penontonnya menelan ludah dan penasaran dengan rasa makanan tersebut.

Belakangan ini, konten mukbang mulai diadaptasi menjadi salah satu cara memasarkan produk makanan online. Video mukbang semakin berkembang, bukan hanya menyantap makanan-makanan berat melainkan juga cemilan.

Dengan membuat iklan berupa video mukbang, para penonton dapat menyaksikan betapa lezat dan renyahnya produk cemilan Anda ketika dikunyah di dalam mulut. Itulah alasan mengapa ide cara mengembangkan usaha cemilan satu ini sangat kami rekomendasikan.

4. Berafiliasi dengan Marketplace

Ada banyak alasan mengapa orang lebih suka berbelanja secara online daripada langsung datang ke toko. Beberapa penyebab utamanya adalah pilihan lebih beragam, tidak perlu keluar rumah, dan banyak potongan harga besar-besaran.

Untuk menyediakan diskon produk bagi para pembeli online, Anda harus mendaftarkan usaha dalam program afiliasi yang diadakan oleh marketplace. Dijamin jumlah penjualan Anda akan meningkat pesat karena pelanggan tentu tidak mau menyia-nyiakan momen promo.

Cara mengembangkan usaha cemilan di Shopee, Tokopedia, Lazada, BukaLapak, maupun berbagai marketplace lainnya tidak sulit. Masing-masing platform menyediakan panduan pendaftaran afiliasi dengan pembagian keuntungan cukup menggiurkan.

5. Membuat Desain Kemasan Menarik

Salah satu bagian yang paling menarik perhatian konsumen dari sebuah produk cemilan adalah kemasannya. Semakin unik dan menggiurkan, orang akan tergoda untuk mencoba makanan tersebut.

Tampilkan foto terbaik dari cemilan, buat desain yang ringan dan unik, warna kemasan khas, dan kata-kata fantastis untuk menggambarkan keunggulan produk.

Informasi berikut ini juga menambah wawasan dan referensi kamu tentang bisnis, simaklah.

Baca juga:





Demikian ulasan mengenai 5 cara mengembangkan usaha cemilan yang anti-mainstream dan layak dicoba.
Related Posts