taupasar.com

we read, we create and we share it.

Banjir Orderan, Berikut Cara Mengembangkan Usaha Jahit

Banjir Orderan, Berikut Cara Mengembangkan Usaha Jahit

Dari waktu ke waktu usaha jahit memang semakin meningkat, apalagi usaha ini termasuk peluang bisnis yang sangat menguntungkan. 
Cara mengembangkan usaha
Bagaimana tidak? Pakaian yang sudah menjadi kebutuhan pokok ini juga dijadikan sebagai trendsetter di berbagai kalangan masyarakat.

Usaha jahit teribilang unik, karena dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan memiliki kemampuan menjahit. Biasanya usaha ini akan dicari oleh konsumen karena membutuhkan jasa jahit untuk membuat pakaian yang diinginkan.

Fashion telah menjadi salah satu bidang usaha yang sangat popular, tidak heran bahwa usaha jahit akan terus bertahan. Fashion akan menjadi prioritas utama bagi kalangan masyarakat, dimana mereka akan selalu memperhatikan style baru untuk menunjang penampilannya.

Perlunya menggali ide dan kreatif  adalah salah satu kunci untuk mengembangkan usaha ini, kalian harus bisa mendesain pakaian yang menarik. Bagaimana cara mengembangkan usaha jahit? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengembangkan Usaha Jahit

1. Selalu Update Trend Fashion

Agar usaha jahit kamu tetap bertahan dan semakin laris maka kamu harus mengetahui perkembangan dunia fashion, karena konsumen akan tertarik apabila pakaian kamu memiliki model yang kekinian.

Kamu bisa mencari referensinya di internet atau media sosial, kamu juga bisa memadukan desainnya agar tidak terlalu mirip dengan referensi yang kamu lihat.

Selalu ada permintaan dari konsumen yang mengharuskan kamu untuk membuat model ini dan itu. oleh karena itu menjalan kan usaha jahit kamu harus siap mengikuti perkembangan tren yang sedang hype saat itu.

2. Memiliki Relasi 

Tidak semua toko usaha dianggal sebagai kompetitor, pada dasarnya justru dijadikan sebagai relasi kerja. Hal ini sangat berguna jika suatu saat nanti di butuhkan, kamu dan pihak toko lain bisa berkerja sama.

Menjalankan sebuah usaha memang menjadikan kamu lebih aktif menyapa para kenalan mulai dari tetangga, teman, rekan kerja, sampai saudara. Dengan begitu kamu bisa memperkenalkan usaha kamu sehingga mereka mau menggunakan jasa jahit yang kamu jalankan.

3. Gencar dalam Promosi

Promosi sangat diperlukan untuk menjangkau pelanggan, kamu bisa menggunakan banyak media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Berikan promo yang menarik untuk pembelian produk agar semakin menarik.

Alangkah baiknya kamu juga menyertakan bukti foto dari hasil jahit kamu, dengan begini kamu bisa memberikan keyakinan kepada calon konsumen kamu dan segera menjadi pelanggan setia. Kamu bisa berkerjasama dengan influencer supaya usaha jahit kamu bisa semakin berkembang pesat.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Cara mengembangkan usaha jahit adalah memberikan pelayan terbaik kepada pelanggan dan calon pelanggan kamu, dengan cara ini mereka akan merasa senang dan puas. Ditambah lagi mereka akan tetap menggunakan jasa kamu.

Jika mereka puas dengan usaha yang kamu tawarkan, maka dengan senantiasa mereka mempromosikan usaha jahit kamu ke orang-orang terdekatnya. Hal ini membuat nama usaha kamu membesar dan pastinya pelanggan yang datang semakin banyak.

5. Berikan Harga Tejangkau dan Tepati Deadline

Harga bisa menjadi pertimbangan orang memutuskan untuk menggunakan jasa kamu atau tidak. Jadi, alangkah baiknya kamu tidak membuat harga terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah, sehingga kamu tidak merasakan kerugian.

Selanjutnya tepati waktu saat kamu menerima pesanan jahit dari pelanggan. Apabila tiba-tiba mesin jahit kamu rusak sebaiknya kamu langsung beri kabar kepada pelanggan kamu permasalahan ini sehingga mereka bisa memaklumi dan tidak kecewa telah menggunakan jasa kamu.

Apabila kamu tidak sanggup, jangan memaksa menerima semua pesanan, meskipun dibayar mahal. Jika kamu tetap menyanggupinya namun kamu tidak bisa menyelesaikan dengan cepat, bisa saja pelanggan kamu marah dan enggan menggunakan jasa kamu kembali.

Keuntungan Menjalankan Usaha Jahit

1. Kebutuhan Utama

Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia, selama manusia masih hidup maka kebutuhan pakaian selalu ada. Selalu dibutuhkan masyarakat karena menginginkan pakaian yang menarik dan nyaman sesuai selera.

2. Pelanggan Besar

Meskipun saatini pakaian jadi sedang marak, namun keberadaan usaha jahit tidak akan pudar. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat memilih menjahitkan pakaian mereka ke usaha jahit ketimbang membeli pakaian jadi. Menggunakan usaha jahit bisa merancang pakaian yang disesuaikan dan ukuran baju pas di tubuh.

3. Keuntungan Besar

Dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang melayani banyak orang, membuat usaha jahit bisa memberikan keuntungan yang besar. Ditambah lagi jika kamu memilki lokasi yang strategis yang akan membuat keuntungan semakin besar. 

Selain pakaian, kamu juga bisa membuka jasa jahit boneka, kerudung, tas, permak baju, jasa desain baju, dan lain sebagainya. Bagimana tertarik untuk terjun usaha ke dalam ini?

4. Modal Kecil

Menggeluti usaha ini tidak memerlukan modal yang besar. Dengan modal Rp 2 juta kamu bisa memulai usaha ini. Hal ini lah sangat cocok dijalankan oleh orang yang memiliki modal kecil namun memiliki keterampilan menjahit.

Memiliki peluang yang tinggi dengan resiko kecil dan modal rendah membuat banyaknya orang membuka usaha jahit ini. 

Paling penting kamu harus selalu mengasah keahlian menjahit, tetap berusaha, banyak belajar dan tekun disetiap proses sehingga kamu bisa mencapai kesuksesan yang kamu harapkan.

Banyak pengusaha sukses dalam bidang jahit menjahit, bahkan penghasilan yang mereka dapat bisa mencapai miliaran rupiah. Hal tersebut tentuknya tidak lepas dari kerja keras dalam membangun usaha menjahit dari nol hingga menjadi skala nasional dan internasional.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya dengan menyimak sejumlah pilihan artikel berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi tentang cara mengembangkan usaha jahit, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa kamu jadikan referensi dalam mengambangkan usaha jahit kamu. Tetap semangat dan selalu sukses.

Penulis: Putri Geo
Related Posts