taupasar.com

we read, we create and we share it.

Rahasia Strategi memulai usaha yang efektif oleh Para Pengusaha Ternama

Rahasia Strategi memulai usaha yang efektif oleh Para Pengusaha Ternama

Merintis usaha adalah salah satu trend popular di berbagai kalangan masyarakat. Tidak peduli usia tua atau belia, latar belakang ekonomi atau pendidikan, berpengalaman maupun baru pemula.
Rahasia Strategi Memulai Usaha
Aspek yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis pada dasarnya hanya satu, yakni ketekunan dalam belajar dan keberanian untuk menghadapi kegagalan. Seseorang yang mempunyai strategi memulai usaha yang efektif, dialah yang dapat memenangkan pasar.

Strategi Memulai Usaha yang Efektif 

Pada kesempatan kali ini, secara khusus kita akan membahas strategi memulai usaha yang efektif. Kendati menempati peran kunci, tidak sedikit orang yang mengabaikan pentingnya fase menyusun strategi bisnis.

Umumnya mereka memulai bisnis secara serampangan tanpa memperhitungkan konsekuensi jangka panjang. Padahal, perhitungan tersebut tidak sulit ketika kita jalani dengan telaten.

Lebih lanjut, simak ulasan lengkap mengenai strategi memulai usaha yang efektif berikut ini:

1. Menyusun Bussines Plan

Dalam berbagai jenis bisnis, baik cara memulai bisnis makanan hingga jasa, kita memerlukan dokumen bussines plan. Bussines plan merupakan cetak hitam mengenai seluk beluk bisnis yang akan Anda jalankan.

Dalam bussines plan terdapat data mengenai target konsumen, bahan baku produk, proses produksi, sejarah perusahaan, hingga target-target yang ingin dicapai. Dengan membuat bussines plan, pengembangan bisnis Anda menjadi lebih terarah.

2. Menentukan Sumber Dana/Modal

Tahap kedua dalam strategi memulai usaha yang efektif adalah menentukan sumber dana usaha. Apakah sepenuhnya menggunakan dana pribadi, pinjaman bank, menarik investor, maupun variasi sumber dana usaha lainnya.

Sumber modal melalui investor tidak hanya bisa Anda terapkan bagi bisnis langsung atau rumahan melainkan juga menjadi salah satu cara memulai usaha online yang efektif.

Dengan menentukan sumber modal yang pas dan efektif, tidak perlu lagi alasan untuk menunda merintis usaha karena alasan tidak adanya modal.

3. Menentukan Tipe Penjualan Produk

Tahap selanjutnya, pengusaha harus menentukan apakah ingin membuka bisnis dengan cara membuka usaha sendiri di rumah, penjualan secara online, maupun mengadopsi kedua sistem tersebut secara bersamaan.

Penjualan online sendiri juga terbagi menjadi beberapa sistem penjualan seperti grosir, eceran, reseller, dropshipper, atau jenis lainnya. Setiap sistem membutuhkan penanganan yang berbeda sehingga perlu perencanaan matang.

4. Memetakan Target Pasar

Strategi memulai usaha yang efektif berdasarkan strategi bisnis menurut para ahli selanjutnya ialah memetakan target pasar. Dengan menentukan lingkaran konsumen potensial, Anda dapat merumuskan cara promosi yang paling tepat.

5. Memilih Strategi Promosi yang Tepat

Promosi merupakan bagian tidak terelakkan dari kesuksesan penjualan produk bisnis. Jika promosi strategi promosi Anda tepat, bisa dipastikan peluang penjualan sudah terbuka 50%.

Di era kecanggihan digital, kita tidak perlu bingung soal media promosi. Kita bisa menyebut beberapa media paling populer seperti marketplace, media sosial berbasis foto atau video, hingga layanan adsens berbayar di berbagai aplikasi.

Di bawah ini juga terdapat informasi menarik lainnya, jangan sampai Anda melewatkannya, langsung simak berikut ini.

Baca juga:





Demikian ulasan mengenai 5 strategi memulai usaha yang efektif dan valid. Semoga bermanfaat sehingga dapat menopang usaha Anda menjadi lebih berkembang.
Related Posts