taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Strategi Memulai Usaha dengan Modal Kecil

10 Strategi Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Menjadi pengusaha besar dan sukses memanglah impian semua orang, namun hanya segelintir orang saja yang mampu mencapainya. Dalam melakukan usaha agar bisa mencapai sukses tidak segampang kita membalikkan telapak tangan, perlu usaha yang besar dan tekun dalam menjalankannya.
Strategi Memulai Usaha
Banyak yang merasa ragu untuk memulai usaha dengan modal yang kecil, padahal seberapa modal yang kita miliki tetap bisa lho kita jadikan untuk membuka usaha. 

Maka dari itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara memulai bisnis yang benar sehingga kamu dapat menjalankan bisnis tersebut meskipun kamu menggunakan modal kecil.

Kali ini kami akan memberikan Strategi Memulai Usaha dengan Modal Kecil yang bisa kamu jadikan referensi. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Strategi Memulai Usaha dengan Modal  Kecil

1. Tentukan dengan Teliti Model Bisnis yang Akan Kamu Jalankan

Menentukan model bisnis akanmempermudahkan kamu dalam memilih target pasar yang akan dituju, kamu bisa melihat skala bisnis yang telah kamu rancang. 

Jangan mudah terlena dengan konsep bisnis yang besar karena hal itu akan membuang waktu kamu dengan sia-sia. 

Alangkah lebih baik kamu menggunakan model bisnis yang sederhana, namun bisa tereksekusi dengan baik jika persiapan yang kamu lakukan dengan matang dan tidak sembarangan.

2. Harus Bijak dalam Menghitung Pengeluaran

Meskipun kamu menggunakan modal yang kecil, kamu tetap perlu memperhatikan dalam menghitung biaya pengeluaran.  

Kamu bisa melakukannya dengan mengutamakan terlebih dahulu kepentingan prioritas seperti bahan baku produk, biaya promosi, dan beberapa kepentingan lainnya yang berkaitan. 

3. Cermat dalam Memilih Modal Usaha dengan Tepat

Strategi Memulai Usaha dengan Modal  Kecil selanjutnya adalah cermat memilih modal usaha yang tepat. 

Kamu perlu mengetahui berapa modal dan alat apa saja yang diperlukan dalam memulai usaha tersebut. Jika kamu bisa mengalokasikan modal usaha dengan tepat, maka kamu bisa menghindari pembengkakan modal yang tidak terduga.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Penentuan lokasi merupakan cikal bakal kesuksesan dari usaha kamu lho. Semakin strategis lokasi usaha kamu maka semakin besar juga pengeluaran kamu dalam bisaya sewanya. 

Maka dari itu bagi pengusaha modal kecil jangan berkecil hati, kamu bisa menggunkan rumah kamu sebagai lokasi usaha, jika rumah kamu kurang strategis maka cobalah menyewa tempat sesuai potensi dan kemampuan yang kamu  miliki.

5. Maksimal Promosi di Media Sosial

Agar usaha kamu bisa dikenal lebih luas, maka manfaatkan media sosial sebagai media promosi usaha kamu. Media sosial memiliki pengatuh yang sangat kuat untuk mengembangkan usaha karena sangat dengan masyarakat. 

Melakukan promosi dengan media sosial tidak memerlukan banyak biaya, jadi ini sangat cocok bagi kamu yang memulai sebuah usaha dengan modal kecil.

6. Memiliki Karakter Kreatif dan Inovatif

Banyak pengusaha merasa bosan karena rutinitasnya dalam mengambil risiko. Selain mereka yang memiliki jiwa pemimpin, kreatif, inovatif, dan pertemanan yang luas serta memiliki insting yang bagus. biasanya pengusaha akan mengubah segala kekuranga menjadi peluang menguntungkan. 

Maka dari itu kamu harus mampu dalam menberikan ide-ide kreatif dan mudah mencari solusi dengan berbagai urusan. Kreatif dan berani tampil beda dengan inovasi produk sehingga bisa mempertahankan dan mengembangkan usahah kamu.

7. Meningkatkan Penjualan

Setelah kamu berhasil mempromosikan usaha kamu, Strategi Memulai Usaha dengan Modal  Kecil lainnya adalah meningkatkan penjualan.  

Meluncurkan suatu produk secara kualitas dan kuantitas, memperkaya produksi produk sehingga kamu bisa mencapai ke next level. Kamu bisa menarik konsumen dengan promosi dengan menjual paket bundling, promo buy one get one, dan promo menarik lainnya yang dapat menarik peminat konsumen kamu.

8. Memiliki Sifat Jujur 

Kepercayaan pelanggan harus benar-benar diperhatikan, sebagai pengusaha, kamu harus mengedepankan kejujuran saat menawarkan suatu produk. 

Hal ini akan membantu kamu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat mereka tidak ragu untuk kembali berbelanja produk usaha kamu.

9. Pandai Membagi Waktu

Mengembangkan usaha kamu memang dituntut supaya bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu yang tepat, efisien, efektif, dan menguntungkan.  

Jika perlu kamu buat timeline satu bulan ke depan mengenai apa saja yang kamu lakukan. Ingat jika kamu menunda-nunda pekerjaan, modal terus terpakai dengan hasil kurang signifikan bahkan kamu bisa kalah saing oleh kompetitor yang sama membangun usaha dengan kamu.

10. Ulet, Tekun, dan Pantang Menyerah

Kunci agar usaha kamu berhasil adalah selalu ulet, tekun dan pantang menyerah. Ulet dan tekun dapat kamu praktikan baik dalam usaha maupun melayani konsumen. 

Lakukan dengan sungguh-sungguh dan menyadari semua risiko serta kesulitan masing-masing. Selalu melakukan perbaikan agar usaha kamu tidak putus di tengah jalan.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi selaras lain dengan mengklik sejumlah pilihan artikel berikut ini.

Baca juga:





Demikian Informasi mengenai Strategi Memulai Usaha dengan Modal  Kecil yang dapat kamu praktikkan dalam kehidupan kamu. Membangun sebuah usaha harus menyiapkan mental seorang wirausahawan, memiliki mental baja maka usaha kamu pasti akan mengalami perkembangan.

Penulis: Putri Geo
Related Posts