taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Strategi Memulai Usaha MUA Paling Konkrit 2022

10 Strategi Memulai Usaha MUA Paling Konkrit 2022

Hari ini, video tutorial makeup bisa setiap hari bisa kita tonton gratis di Instagram, Tiktok, Facebook, dan Youtube. Fenomena ini menunjukkan bahwa pada dasarnya setiap orang bisa merias diri sendiri maupun orang lain selama mereka mau belajar.
Strategi Memulai Usaha
Banyaknya konten make up secara tidak langsung mengilhami banyak laki-laki maupun perempuan untuk menjadi seorang Make Up Artist atau MUA. Jadi, selain bisa tampil cantik untuk diri sendiri, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan besar.

Namun jangan lupa, merubah hobi menjadi cuan juga memerlukan strategi memulai bisnis MUA yang tepat. bagaimana langkah awal menjadi MUA dan apa saja modal yang kita perlukan?

Strategi Memulai Usaha MUA

Menciptakan strategi memulai bisnis MUA tidak sepenuhnya mudah. Anda membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya untuk menjalani proses menjadi seorang profesional.

Setidaknya, ada 10 langkah strategi memulai bisnis MUA yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Membuat Konten Makeup di YouTube/Media Sosial

Langkah awal jadi MUA bisa dilakukan dengan membangun self-branding atau popularitas diri. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh agar dikenal oleh kalangan luas adalah membuat tutorial make up di YouTube atau platform video lainnya.

Dengan menjadi seorang content creator, Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Popularitas diri sendiri dan kemampuan make up yang terus terasah. Jangan lupa untuk mengemas video semenarik mungkin.

2. Mengenali Berbagai Produk Kosmetik untuk Berbagai Kebutuhan Kulit

Sebagai seorang MUA, Anda akan menghadapi berbagai jenis kulit dan karakteristik wajah konsumen. Masing-masing dari mereka membutuhkan penanganan berbeda, baik secara teknik maupun tipe kosmetik.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh berkutat hanya dengan satu brand make up saja. Anda tidak harus mengeksplorasi semua brand sendiri. Pasalnya saat ini sudah banyak konten yang me-review berbagai merk kosmetik.

3. Up To Date dengan Trend Make Up Terbaru

Berapa modal untuk menjadi MUA? Tentunya bisa mencapai jutaan. Namun modal biaya saja tidak cukup. Melakukan pemantauan secara konsisten terhadap dunia make up internasional juga menjadi hal wajib.

Dunia rias artis memang mengalami peralihan mode sangat cepat. Saat ini saja, kita sudah mengenal banyak tipe make up seperti bold, Indian, flawless, barbie look, Korean look, dan lain sebagainya.

4. Mengikuti Pelatihan MUA dan Mendapatkan Sertifikat

Strategi memulai bisnis MUA selanjutnya adalah mengikuti pelatihan profesional. Umumnya, pelatihan ini diselenggarakan oleh para pakar ternama. Peserta yang lulus pelatihan tersebut bisa mendapatkan sertifikat resmi.

Dalam dunia MUA, sertifikat ini bernilai sangat penting dan menjanjikan. Sertifikat MUA membedakan jasa Anda dengan jasa abal-abal dan membuat calon konsumen lebih yakin untuk memilih Anda.

5. Mempromosikan Jasa ke Orang-Orang Terdekat

Selain terus membekali diri dengan kemampuan yang baik, yang dibutuhkan MUA pemula adalah promosi dan testimoni. Sebagai pemula, sangat wajar jika belum mempunyai pasar konsumen.

Oleh karenanya, meminta orang-orang terdekat sebagai media promosi gratis adalah alternatif yang brilian. Anda bisa memanfaatkan momen karnaval, kondangan, wisuda, maupun photoshoot untuk mendandani mereka menjadi cantik.

6. Membuat Before After Makeup di Akun Medsos

Salah satu bagian yang tidak boleh Anda lewatkan ketika merias adalah membuat perbandingan wajah sebelum dan sesudah di make up. Selanjutnya, Anda bisa memajang perbandingan tersebut di akun bisnis.

Selain sebagai strategi memulai bisnis MUA, Anda secara tidak langsung juga sedang membuat katalog digital di media sosial. Konsumen dapat memilih make up seperti apa yang ingin mereka gunakan.

7. Melayani Berbagai Jasa Makeup

Seorang MUA profesional tentu dapat mengatasi berbagai kebutuhan make up, misalnya make up untuk pernikahan dan prewedding,  wisuda, lamaran, karnaval, fashion show, maupun berbagai event lainnya.

Oleh karena itu, jangan lupa mencantumkan berbagai tawaran jasa tersebut dalam portofolio Anda. Adapun cara membuat portofolio makeup artist cukup mudah, Anda bisa mendownload template portofolio gratis di internet.

8. Membuat Paket Wedding dan Prewedding

Umumnya, kebanyakan masyarakat menggunakan jasa MUA dalam pernikahan mereka. Dengan demikian, tidak heran jika banyak MUA memutuskan fokus dalam ranah tersebut dan mengambil pekerjaan sampingan sebagai vendor pernikahan.

Strategi memulai bisnis MUA satu ini cukup bagus untuk kita terapkan. Dengan menyediakan paket wedding, konsumen dapat lebih tertarik menggunakan jasa rias Anda.

9. Menciptakan Keunikan Riasan Tersendiri

Cara membuka usaha make up selanjutnya adalah menawarkan keunikan riasan Anda. Poin ini berada di urutan cukup bawah karena praktiknya yang tidak mudah. Untuk menciptakan keunikan, Anda harus menguasai banyak teknik make up lebih dahulu.

Namun, menciptakan keunikan dapat memberikan nilai tersendiri pada bisnis Anda. Dengan terus menerus mengasah diri, niscaya Anda akan segera menemukan keistimewaan riasan Anda.

10. Membuat Promo untuk Peringatan Hari Tertentu

Langkah sukses membangun usaha MUA yang terakhir adalah menyediakan promo. Sebenarnya, Anda bisa membuat promo-promo menarik secara bebas dan sesuai dengan kreativitas Anda.

Tidak kalah penting daripada memuat promosi adalah memastikan bahkan promo efektif menjangkau pasar lebih luas.

Tentunya, berbagai saran ini tidak akan Anda temukan di tempat lain. Jangan lupa untuk bersabar dan pantang menyerah ketika berhadapan dengan berbagai tantangan bisnis. Selamat mencoba dan tetap semangat.

Dapatkan informasi menarik lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Demikian 10 poin strategi memulai bisnis MUA yang mudah dan sistematis. Tidak masalah untuk mengembangkan berbagai langkah di atas menjadi tindakan-tindakan yang lebih efektif.
Related Posts