taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Memulai Usaha Party Planner dengan Mudah

Cara Memulai Usaha Party Planner dengan Mudah

Jasa penyelenggara acara seperti party planner dewasa ini selalu dibutuhkan, seiring dengan banyaknya konsumen yang membutuhkan bantuan jasa profesional agar event-nya terselenggara dengan apik. Dari hal tersebut Anda bisa melihat adanya peluang bisnis menjanjikan, terutama jika Anda tertarik pada hal-hal yang berkaitan dengan bidang kreatif.
Cara Memulai Usaha
Terlebih lagi apabila sudah memiliki pengalaman menjanjikan dalam bidang serupa. Namun semuanya dapat Anda usahakan dengan baik, melalui proses belajar yang maksimal. Keberhasilannya pun tergantung pada bagaimana cara memulai usaha party planner yang Anda lakukan.

Dan tenang saja, berikut ini beberapa informasi penting mengenai cara memulai dan mengelola bisnis tersebut.

10 Cara Memulai Usaha Party Planner


1. Bangun Pengalaman

Pengalaman yang sejalan dengan passion bisnis memang sangat penting dan bermanfaat untuk ke depannya. Termasuk ketika Anda berminat memulai usaha membuka jasa party planner, minimal pengalaman dalam bidang perencanaan atau event organizer memang sangat diperlukan.

Sekecil apapun pengalaman dan wawasan Anda dalam bidang terkait ini akan memberikan manfaat yang sangat berarti. Wawasan pun diperlukan agar pebisnis mengerti dan memahami model bisnis yang akan dijalankan tersebut.

2. Melatih dan Mengembangkan Kreativitas

Untuk mempersiapkan bisnis agar berjalan lancar, Anda juga perlu memikirkan hal-hal untuk ke depannya. Salah satunya dengan mempersiapkan serta menumbuhkan kreativitas. Jika setiap SDM atau tim memiliki jiwa kreatif unggulan, maka membuka jasa usaha satu ini pun tak perlu ditakutkan.

3. Ciptakan Tim yang Solid

Yang lebih nyata lagi, cara memulai usaha party planner dapat Anda siasati dengan menciptakan tim kerja yang solid, profesional, serta bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Kualitas sebuah tim kerja akan mempengaruhi keberhasilan organisasi, makanya tujuan-tujuan perusahaan dapat dicapai dengan baik jika setiap SDM dalam tim dapat diajak kerjasama.

Jika dalam tim kerja setiap SDM memiliki tujuan selaras dan dapat bekerja secara kooperatif, maka yang menjadi sasaran pekerjaan pun dapat diraih bersama-sama.

4. Gunakan SDM Terlatih

Selain mempersiapkan kemampuan diri, Anda juga memerlukan pemilihan SDM terlatih, memiliki pengalaman dalam bidang yang sama, atau mau belajar. Memanfaatkan karyawan ini bisa ditentukan berdasarkan kebutuhan.

Sebelumnya Anda bisa mengukur apakah jasa perencana acara Anda berada pada skala besar atau menengah ke bawah. Dengan begini, pemilihan pegawai pun dapat lebih disesuaikan sesuai dengan budget pemberian upah kerja nantinya.

5. Siapkan Modal Usaha Terbaik

Langkah atau cara memulai usaha party planner berikutnya adalah menyiapkan modal usaha dengan baik. Persiapan dana usaha ini perlu diperhatikan dengan cermat, meskipun rencana pendirian atau peresmian usaha masih jauh.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dan bentuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Karena tidak dipungkiri sebelumnya cukup banyak kasus urungnya pendirian bisnis yang terkendala modal. Dan jika tidak dipersiapkan dengan matang maka risiko bisa datang kapan saja.

Selain itu pengumpulan modal usaha bukanlah sesuatu yang instan, semuanya memerlukan proses, usaha, dan waktu, apalagi jika nominalnya belum terkumpul sesuai target. Bahkan persiapan setiap orang yang ingin membuka jasa ini bisa berbeda-beda, tergantung setiap detail yang dibutuhkan serta perencanaan masing-masing perusahaan atau organisasinya.

Begitu pula mengenai cara pengumpulan dana, bisa dilakukan melalui berbagai cara. Baik melalui tabungan pribadi Anda yang telah terkumpul, ataupun menggunakan bantuan dari pendanaan usaha dari bank.

6. Branding Bisnis

Proses untuk memulai selanjutnya adalah melakukan branding yang tak kalah penting untuk bisnis. Karena jenis usaha satu ini juga cukup kompetitif dengan mengandalkan kreativitasnya masing-masing.

Tujuan branding begitu jelas, yaitu untuk membuat usaha Anda lebih dikenal dan memiliki citra baik dikalangan konsumen. 

Ada berbagai opsi yang bisa dilakukan untuk melakukan branding. Misalnya mulai dengan membuat nama usaha yang unik disesuaikan dengan model bisnis yang diambil.

7. Mulai dari Hal-hal Terkecil

Bagi pemula, bisnis ini bisa dijalankan mulai dari hal-hal terkecil. Kesuksesan sebuah bisnis ditentukan proses yang baik sehingga ia mampu melambung tinggi. dan untuk mengantarkan pada kesuksesan tersebut, Anda bisa mulai menerima orderan dari hal-hal terkecil.

Ini akan bermanfaat untuk menambah pengalaman Anda sebagai pebisnis. Jika sudah banyak konsumen yang bekerjasama dengan jasa Anda, maka bisa membangun kepercayaan dan relasi yang bagus. Anda bisa mengerjakan perencanaan acara ulang tahun, lamaran, atau berbagai pesta lainnya.

8. Incar Orang-Orang Terdekat

Bukan hanya itu, cara memulai usaha party planner sebagai permulaan juga bisa dilakukan dengan mengincar konsumen mulai dari orang-orang terdekat.

Manfaatkan kedekatan Anda dengan orang-orang sekitar seperti keluarga, kerabat, sahabat, hingga rekan-rekan. Karena dengan memulai dari circle terdekat, usaha pun nantinya sangat mungkin dikenal luas. Misalnya setelah keluarga atau teman menggunakan jasa perencaan acara milik Anda, mereka akan mempromosikannya kepada orang lain.

9. Perbanyak Koneksi dan Relasi

Dalam dunia bisnis sangat dianjurkan prinsip memperluas koneksi atau relasi dengan berbagai pihak dalam dunia bisnis pula. Jika Anda membangun relasi yang seluas-luasnya, maka yakinlah bahwa nantinya akan ada manfaat tersendiri dari usaha tersebut.

10. Jangan Lupakan Manajemen Bisnis dan Pembukuan yang Baik

Terakhir, strategi tepat memulai bisnis party planner yaitu dilengkapi pula dengan pembekalan manajemen pengelolaan bisnis yang baik, termasuk kegiatan pembukuan yang terorganisir dengan apik. Hal-hal detail seperti ini tentu sangat penting dan berpengaruh dalam kemajuan usaha Anda selanjutnya.


Cara Kerja dalam Usaha Party Planner


1. Langkah Persiapan

Sebelum pada tahap pengerjaan dari konsumen, jasa akan melakukan berbagai langkah persiapan pada awalnya. Hal ini penting dalam memahami cara memulai usaha party planner, karena tidak hanya seputar cara mendirikan saja, akan tetapi cara mengelola pekerjaannya pun tentu penting.

Awalnya Anda bisa mulai mengukur terlebih dahulu tingkat kesulitan pengerjaan yang dipesan oleh klien. Semakin banyak detail yang harus dikerjakan, maka bisa berbeda pula waktu pengerjaan hingga besaran pembayarannya. Yaitu dengan melihat jenis lokasi yang akan digunakan, hingga menganalisis setiap detail yang perlu dipersiapkan.

2. Langkah Pengerjaan

Setelah persiapan, maka akan maju ke tahap pengerjaan. Sebelumnya, diperlukan untuk melakukan penjadwalan atau mencatat daftar pekerjaan agar semua rencana dapat diselesaikan dengan tepat dan lebih teratur.

Lalu Anda juga perlu membagi pekerjaan kepada seluruh anggota tim berdasarkan tugasnya masing-masing. Pembagian kerja juga harus ideal sesuai perjanjian dan bagiannya, agar penyelesaian kerja dapat dilakukan secara efektif serta menghindari risiko kekeliruan.

Dalam merealisasikannya, seluruh tim akan mengerjakan tugas pemasangan dekorasi sesuai dengan yang dipesan konsumen, berdasarkan kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya. Bahkan pemasangan dekorasi dilakukan oleh jasa ahli dan berpengalaman. Selain itu, jasa juga bisa bertanggung jawab dalam mengatur kelangsungan acara hingga selesai.

Simak jugalah sejumlah informasi dalam beberapa artikel berikut ini.

Baca juga;




Begitulah cara memulai usaha party planner yang kami informasikan secara lengkap untuk Anda pahami, sehingga selanjutnya dapat diterapkan.
Related Posts