taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Takut, Inilah Strategi Pemasaran Produk Baru

Jangan Takut, Inilah Strategi Pemasaran Produk Baru

Dalam dunia bisnis pemasaran adalah hal yang sangat mutlak dan harus selalu berjalan, asal kamu tahu sebenarnya nyawa dari sebuah perusahaan adalah penjualan yang bisa terjadi dengan adanya strategi pemasaran yang baik. 
Strategi Pemasaran Produk Baru
Maka diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang agar saat kamu meluncurkan produk baru dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Melakukan strategi pemasaran produk baru dapat dikatakan cukup sulit, apalagi jika produk tersebut masih awam di mata masyarakat. 

Namun, hal inilah menjadi tantangan bagi pengusaha, dimana mereka harus mencoba berbagai macam cara untuk memasarkan produk baru dengan biaya besar agar produk dapat diterima oleh khalayak.

Mencari uang tidak hanya menjual produk dengan harga murah supaya laris manis, tetapi ada kriteria khusus yang dapat kamu lakukan dalam memasarkan produk tersebut. Bagaimana strategi pemasaran produk baru yang aman dan dapat diterima oleh masyarakat? Yuk kita simak!

Strategi Pemasaran Produk Baru

1. Lihat Target Pasar dan Riset Produk Pesaing

Sebelum meluncurkan produk baru, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa mengetahui besar kecilnya potensi produk yang dijual dan dengan siapa konsumen yang potensial. 

Banyak kasus yang terjadi pada pengusaha yang lebih mementingkan kesempurnaan produk dibandingkan dengan kebutuhan pasar. Terkadang pasar yang layak untuk kita tuju itu sama sekali tidak terlalu membutuhkan produk seperti yang kita pasarkan.

Jangan lupa untuk melihat juga produk pesaing yang sudah punya nama dimata masyarakat, cari infomasi tentang pesaing kamu dan lakukanlah riset. Hal ini sangat penting karena saat kamu melakukan peluncuran produk baru dapat dilakukan lebih baik lagi.

2. Promosi dengan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu cara paling ampuh dalam pemasaran produk, hal ini disebabkan banyaknya sebagian masyarakat menggunakan media sosial dalan kehidupan sehari-hari.

Memanfaatkan media sosial akan memudahkan kamu menjangkau konsumen dari berbagai kalangan dengan iklan berbayar yang telah tersedia. Kamu harus cerdas mengunakan media sosial, jangan sampai reputasi produk baru kamu buruk jika kamu melakukannya dengan asal-asalan.

Pastikan media sosial disesuaikan dengan prospek sarana pemasaran produk baru yang akan kamu kenalkan ke konsumen. Jadikan media sosial sebagai etalase produk, sebagai sumber informasi tentang bisnis, dan sebagai channel komunikasi antara pemilik bisnis dengan pelanggan.

3. Membuka Reseller dan Dropship

Strategi Pemasaran Produk Baru selanjutnya adalah melakukan kerjasama dengan reseller dan dropship, dengan berkerjasama menjadi lebih prospek untuk dijual dan lebih dikenal oleh masyarakat karena pemasaran dilakukan oleh reseller dan dropshipper.

Kamu harus hati-hati dalam memilih reseller dan dropship, jangan sembarangan agar kamu tidak mengalami rugi. Kamu harus menetapkan target penjualan sebelum melakukan kerjasama.

Membuat sistem pemasaran dan jalur distribusi antar reseller dan dropship, agar produk bisa tersebar secara merata ke berbagai daerah yang menjadi target pasar dari produk yang kamu jual.

4. Menggunakan Katalog Promosi

Katalog promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat jika produk kamu dipasarkan dalam jumlah yang banyak, katalog tersebut akan memperlihatkan gambar produk, deskripsi serta harga produk.

Strategi pemasaran dengan menggunakan katalog resmi ini banyak diminati oleh konsumen karena mereka dapat melihat, membaca, dan mengetahui secara detail informasi tentang produk yang akan dibeli dan menentukan untuk membeli produk tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

5. Mengikuti Event atau Acara Tertentu

Mengikuti suatu event atau acara tertentu bisa menjadi sarana pemasaran yang menarik lho. Pemasar akan mencoba untuk melakukan pendekatan kepada konsumen secara langsung dengan berpartisipasi pada event pihak lain.

Keuntungannya, kamu tidak perlu mencari atau mengumpulkan informasi konsumen karena sudah terkumpul pada event tersebut. Melakukan strategi ini bisa memakan biaya tertentu atau tidak tergantung dari kamu yang memiliki kenalan, relasi, atau koneksi dengan pihak penyelengara acara.

6. Kelola Hubungan Baik dengan Pembeli

Melakukan pengelolaan hubungan baik dengan pembeli merupakan hal penting yang harus kamu lakukan. 

Tujuannya untuk mendapatkan konsumen yang loyal, konsisten,dan tidak berpaling terhadap merk lain. Kamu bisa menjaga pelanggan setia kamu dengan membuatkan kartu member, jangan lupa berikan juga diskon harga jika memiliki kartu member tersebut, memberikan hadiah, dan penawaran menarik lainnya. 

Agar pelanggan kamu tidak melirik produk pesaing, kamu harus memberikan perayaan terbaik yang mampu memuaskan konsumen. Kepuasan yang didapat dari konsumen akan memberikan dampak baik pada usaha kamu.

7. Kolaborasi dengan Influencer

Memang sangat epik jika menggunakan jasa orang terkenal untuk mempromosikan produk kamu, namun hal ini perlu memakan anggaran biaya yang cukup besar. 

Namun jangan khawatir, melakukan kerjasama dengan influencer juga dapat memperluas promosi usaha kamu, meskipun tidak semua influencer berasal artis terkenal namun jika mereka memiliki pengikut ribuan hingga jutaan hal ini dapat kamu pertimbangkan.

8. Mengadakan Sampel Produk

Memberikan penawaran Buy One Get One akan membuat konsumen kamu tergiur untuk memiliki produk tersebut meskipun mereka tidak terlalu memerlukannya. Cara lainnya yang dapat kamu lakukan adalah memberikan sampel produk kita agar dapat dicoba oleh calon pembeli.

Adanya sampel produk akan memberikan keyakinan tersendiri oleh konsumen agar mempertimbangkan untuk membeli. Ingat, saat membuat sampel produk pastikan sesuai dengan produk yang kamu jual. Jangan sampai komposisi sampel produk kamu berbeda dengan produk yang akan kamu jual.

9. Pilih Waktu Launching Tepat

Strategi pemasaran produk baru kamu supaya bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan pastikan kamu memilih waktu yang terbaik untuk launching produk baru kamu ke khalayak. Misal kamu memiliki perusahaan konveksi dan dalam waktu dekat bulan Ramadan tiba. 

Daripada kamu membuat pakaian biasa, alangkah baiknya kamu memproduksi gamis, tunik, atau koko yang identik dengan Ramadan dan lebaran. Maka dari itu kamu harus selalu update terhadap segala sesuatu yang terjadi dan yang akan terjadi.

Kamu juga bisa mendapatkan tambahan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi mengenai strategi pemasaran produk baru, semoga informasi ini dapat dipahami dan bermanfaat buat kamu. Pilihlah strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kemampuan kamu, dengan begitu produk baru kamu akan mampu bersaing dengan produk sejenisnya meskipun pesaing kamu sudah terkenal.

Penulis: Putri Geo
Related Posts