taupasar.com

we read, we create and we share it.

Strategi Pemasaran Produk Usaha Kreatif: Metode Pemasaran Wajib di Era Milenial

Strategi Pemasaran Produk Usaha Kreatif: Metode Pemasaran Wajib di Era Milenial

Mengatakan kepada pembeli ‘ayok, beli produk kami’ tidak akan lantas membuat mereka tertarik. Setiap pengusaha profesional tahu, calon pembeli selalu menginginkan rayuan yang lebih kreatif dan bernilai tinggi.
Strategi Pemasaran Produk
Oleh sebab itu, kita mengenal istilah strategi pemasaran produk usaha kreatif. Pemasaran kreatif adalah bentuk pengembangan baru dari metode pemasaran yang sudah ada. Umumnya, pemasaran kreatif identik dengan iklan secara digital berbasis jaringan internet.

Strategi pemasaran kreatif merupakan sistem yang diinginkan oleh para pembeli di era millenial ini. Lalu bagaimana praktik langsungnya di lapangan? Mari kita bahas di bawah ini

Strategi Pemasaran Produk Usaha Kreatif 

Memanfaatkan media digital sebagai wahana strategi pemasaran produk usaha kreatif tidak sepenuhnya mudah. Selain membutuhkan kreativitas, Anda juga perlu konsistensi untuk belajar dan mengikuti trend terbaru.

Setidaknya, berikut beberapa contoh strategi pemasaran produk kreatif:

1. Membuat Iklan Melalui Foto dan Desain yang Unik

Strategi pemasaran usaha kreatif yang pertama adalah menyusun iklan di media sosial dengan rapi dan enak dipandang mata. Contohnya, desain feed Instagram bisnis yang aestetik. Di Tiktok, Anda bisa menggunakan sampul video yang seragam dan khas.

Pastikan foto produk Anda jernih dan tampil menarik. Bagian ini menjadi kunci dasar pemasaran kreatif agar efektik menarik minat pembeli kepada produk Anda. Bukan hanya berlaku untuk pakaian, namun juga makanan, jasa, dan lain-lain.

2. Membuat Iklan Berupa Video Parodi

Pada poin satu ini, kita mempertimbangkan fungsi media sosial sendiri sebagai sarana hiburan bagi penggunanya. Dengan demikian, sudah seyogyanya iklan Anda memiliki semangat yang sama, bukan sebaliknya.

Selain berbentuk foto, iklan produk berbentuk video juga sangat manjur. Salah satunya dengan memparodikan tren yang sedang booming untuk memperkenalkan produk Anda. Tentu sangat menarik dan kreatif, bukan?

3. Caption yang Singkat Namun Sulit Dilupakan

Dalam prinsip strategi pemasaran, penjual yang membutuhkan pembeli. Oleh karena itu, kita tidak bisa mengharapkan calon pembeli mau membaca kalimat yang terlalu panjang dalam caption postingan Anda.

Dengan demikian, buat caption sesingkat mungkin dengan kata-kata yang tepat. Maka, orang tidak akan merasa enggan untuk membaca. Jangan lupa memilih diksi yang menarik dan penuh makna sehingga pembaca tidak mudah melupakannya.

4. Promosi Melalui Live IG, FB Atau Tiktok

Strategi pemasaran produk usaha kreatif satu ini memberikan ruang interaksi secara langsung antara penjual, produk, dan pembeli. Jika pada postingan mereka hanya bisa melihat melalui gambar atau video, dalam live mereka bisa melihat tampilan utuh produk.

5. Membuat Vlog Tentang Proses Pembuatan Produk

Jenis strategi promosi yang tidak kalah brilian selanjutnya adalah membuat vlog mini tentang proses pembuatan produk. Dengan mengetahui proses produksi, calon pembeli akan lebih yakin untuk mengonsumsi atau menggunakannya.

Saat ini, sudah ada banyak sekali aplikasi edit video yang mendukung pembuatan mini vlog. Beberapa di antaranya ada yang berbayar, namun banyak juga yang gratis. Dengan proses edit yang cepat dan simpel, video Anda bisa jauh lebih menarik.

6. Membuat Konten Review Produk

Selain merekam proses produksi, menampilkan review produk Anda kepada calon pembeli juga sangat penting. Tugas ini bisa Anda serahkan kepada teman, pelanggan, maupun publik figur melalui endorsement.

Faktanya, metode iklan satu ini sedang sangat trend. Dengan melihat review produk, calon pembeli dapat mengetahui secara langsung kualitas produk Anda dari kacamata sesama konsumen.

7. Mengupayakan Adanya Tim Tersendiri yang Meng-Handle Pemasaran

Tentu saja, menciptakan strategi pemasaran produk usaha kreatif bukan sesuatu yang mudah. Apalagi jika Anda harus melakukannya sembari mengerjakan bagian-bagian lain dalam penjualan.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda membentuk tim pemasaran tersendiri. Dengan demikian, konsep iklan bisa lebih matang dan fungsi strategi pemasaran dapat diraih secara optimal.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian ulasan mengenai deretan strategi pemasaran produk usaha kreatif yang sangat relevan dengan iklim bisnis saat ini. Iklan yang efektif adalah jalan menuju peningkatan penjualan dan keuntungan yang signifikan.
Related Posts