taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ternyata Begini Strategi Pemasaran Produk yang Baik dan Efisien

Ternyata Begini Strategi Pemasaran Produk yang Baik dan Efisien

Sebagai pelaku pebisnis pasti memiliki strategi untuk produk yang akan dipasarkan baik itu barang maupun jasa. Tidak heran Pemasaran merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis.
Strategi Pemasaran Produk
Tanpa adanya pemasaran produk yang baik, efektif dan efisien maka usaha yang kita bangun akan mengalami kesulitan bahkan tidak membuahkan hasil. Maka dari itu adanya strategi pemasaran produk yang baik bermanfaat untuk menarik konsumen sehingga usaha bisnis kamu tetap berkembang.

Dituntut menguasai dan memahami strategi memasarkan produk sudah lazim dilakukan oleh pebisnis, dapat beradaptasi dan menyesuaikan keadaan juga perlu diperhatikan mengingat saat ini perilaku masyarakat telah berubah.

Agar kamu bisa menerapkan dan memahami tentang strategi pemasaran, disini kami akan mengupas pembahasan tentang strategi pemasaran produk yang baik. Penasaran apa saja kah itu? Berikut pembahasannya.

Strategi Pemasaran Produk yang Baik dan Efisien

1. Ambil Angel Pemasaran Sesuai Pola Pikir Target Pasar

Disaat kamu sudah memiliki target pasar yang jelas, maka langkah selanjutnya kamu harus membuat strategi pemasaran sesuai dengan pola pikir target pasar. hal ini bisa membuat promosi kamu dengan tepat sasaran dan mampu berdampak.

Misal kamu membuka usaha makanan dan minuman dengan target pasar mahasiswa. Umumnya pola pikir mahasiswa memilih tempat makanan dengan harga murah dengan porsi kenyang. Kamu bisa menawarkan usaha makanan kamu dengan harga miring yang bisa dijangkau oleh mahasiswa, opsi gratis juga bisa kamu pilih.

2. Memiliki Kemampuan Komunikasi Verbal dan Tulisan

Memiliki keterampilan komunikasi sangat penting, maka dari itu kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi baik dalam verbal maupun tulisan. 

Komunikasi verbal dapat dilihat dengan penyampaian informasi secara lisan dengan baik, sehingga dapat mempengaruhi calon pelanggan untuk membeli produk tersebut. Sedangkan komunikasi tulisan yaitu keahlian yang bisa melakukan copywriting.

3. Terapkan Marketing Variatif

Jangan terlalu terpaku dengan satu jenis marketing, cobalah marketing yang bervariatif yang dapat membantu bisnis kamu untuk mempertahankan dan menggaet lebih banyak lagi pelanggan.

Menggunakan strategi yang berulang bisa saja tidak efektif bagi pelanggan lama namun bisa bisa dilakukan untuk pelanggan baru.

Sebagai pengusaha bisnis harus jeli dalam memetakan target pasarnya sehingga baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru masih betah menggunakan produk dari kamu.

4. Pilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang tepat serta strategis bisa menjadi salah satu contoh adanya strategi pemasaran produk yang baik. memiliki tempat strategis untuk memasarkan produk kamu kemungkinan bisa menjadi pemicu penjualan yang tinggi.

Kriteria memilih lokasi yang tepat ini adalah dengan melihat target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya. Dengan begitu usaha kamu bisa cepat laku dan terlihat oleh masyarakat.

Lokasi yang nyaman dan berpotensial untuk berbisnis adalah di pinggir jalan. Kamu juga bisa memilih area pusat administrative kota atau perkantoran, karena disinilah merupakan pusat keramaian.

Menemukan lokasi strategis ini harus di survey dahulu, pastikan kelayakan lokasi tersebut. Jangan lupa persiapkan modal yang cukup untuk menemukan dan membangun usaha anda di tempat strategis tersebut.

5. Gunakan Media Sosial dengan Baik

Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai promosi saja namun juga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis kamu. Selain menggandeng pelanggan, kamu perlu menggandeng agen dan reseller yang selalu update konten tentang produk kamu di sosial media.

Up-to-date terhadap isu yang sedang hangat atau yang sering dibicarakan. Pastikan kamu berada pada komunitas lingkaran pelanggan dan mitra bisnis. Sehingga kamu bisa menjaring komunitas bisnis sesuai dengan produk usaha yang kamu jalankan.

Dapat dikatakan menggunakan media sosial merupakan cara yan g efektif dan efisien karena hampir semua orang diberbagai kalangan aktif menggunakan sosial media.

6. Bekerjasama dengan Influencer

Jika kamu ingin menyebarkan informasi dan meningkatkan visibilitas di media sosial tanpa membangun audiens dari dasar, maka kamu bisa memanfaatkan jasa influencer marketing.

Kamu perlu menemukan influencer yang tepat, tidak perlu memiliki jutaan pengikut. Kamu bisa mencari dan memilih influencer yang memiliki pengikut puluhan ribu atau ratusan ribu, asal sesuai dengan niche bisnis dan target pasar yang ingin kamu capai.

Menggunakan strategi ini tergantung terhadap bagaimana cara menyebarkan pesan kamu ke calon pelanggan dengan tepat. Jika dilakukan dengan benar, kamu bisa menjangkau khalayak cukup luas tanpa mengeluarkan banyak uang yang diinvestasikan.

7. Mengadakan Event dan Giveaway

Mengadakan Event merupakan cara promosi klasik yang sudah dilakukan sejak dulu oleh banyak pebisnis. Event akan membuka kesempatan kamu untuk memperkuat hubungan dengan mitra bisnis lainnya, pelanggan, serta prospek.

Pebisnis juga bisa mengikuti trend an peluang besar, selain itu juga mendapatkan pemahaman apa yang ditawarkan pesaing serta kesempatan untuk menjual produk kamu. Jangan lupa gunakan sosial media kamu untuk menginformasikan detail event yang dilakukan sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengikuti.

Strategi pemasaran produk yang baik yang tidak kalah pentingnya adalah giveaway. Kamu bisa mencoba penawaran menarik seperti memberikan produk gratis, harga diskon, atau memberikan promo Buy One Get One. Menggunakan giveaway bisa menarik calon pelanggan kamu tanpa mereka merasa sedang dijejali iklan.

8. Menggunakan Sistem Dropship

Sistem dropship adalah mengajak pelanggan untuk menjadi agen, yaitu turut serta dalam menawarkan produk kepada orang lain. Orang tersebut tidak perlu membeli produknya, melainkan hanya menawarkan saja.

Jika ada yang tertarik menjadi dropship, maka tinggal pertemukan dengan pihak penjual. Mereka mendapatkan komisi jika telah berhasil menggaet pelanggan. Semakin banyak dropship yang bergabung maka jangkauan promosi pun semakin meluas.

9. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Menjalin hubungan akrab dan baik dengan pelanggan harus dilakukan jika produk kamu ingin dibeli dan pemasaran berhasil. Karena jika kamu memberikan pelayanan kurang baik, tentu akan membuat calon pelanggan kamu enggan membeli dan bertransaksi terhadap usaha kamu.

Salah satu bentuk agar hubungan kamu dengan pelanggan terjalin dengan baik adalah dengan menerima segala saran dan kritik dari mereka, dengan begitu kamu bisa melakukan evaluasi terhadap produk kamu agar menjadi lebih baik lagi.

Jadikan kritik dan saran dari pelanggan kamu sebagai nutrisi untuk menutupi ketidaksempurnaan produk, karena tidak semua produk yang dimiliki pebisnis itu sempurna.

Salah satu hal yang bagus jika kamu menjalin hubungan baik dengan pelanggan kamu yaitu mereka yang tanpa kamu minta akan rekomendasikan produk kamu kepada teman atau kenalan mereka. Jangan salah kekuatan promosi melalui mulut ke mulut ini sangat manjur untuk memperkenalkan produk kamu secara luas.

Selain informasi kali ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya tepat di bawah ini.

Baca juga:





Demikian informasi mengenai strategi pemasaran produk yang baik. Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam melakukan strategi pada bisnis kamu.

Penulis: Putri Geo
Related Posts