taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Strategi Pemasaran Produk Adalah yang Wajib Pengusaha Fahami

10 Strategi Pemasaran Produk Adalah yang Wajib Pengusaha Fahami

Bagaimana cara menghasilkan profit yang besar?

Profit usaha yang besar dipengaruhi oleh tingkat penjualan produk. Besarnya tingkat penjualan penyebabnya adalah strategi pemasaran produk. 
Strategi Pemasaran Produk
Strategi pemasaran produk adalah cara dan langkah yang diambil dalam melakukan pemasaran produk barang dagangan.

Di bawah ini akan dijelaskan strategi pemasaran produk. Anda bisa melakukan salah satu strategi atau semua strategi di bawah ini.

Strategi Pemasaran Produk Adalah


Strategi Pemasaran Produk adalah suatu aktifitas yang wajib dilakukan bagi pelaku usaha untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat. Cara meningkatkan perkembangan bisnis, maka harus menggunakan strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien. 

Pemasaran produk membutuhkan beberapa media, alat dan bahan yang harus Anda kuasai. Di bawah ini akan menjelaskan konsep, media, alat dan bahan serta cara untuk melakukan promosi yang tepat sasaran dan dijamin dapat meningkatkan performa bisnis Anda.
 
1. Lakukan Survey Pasar Sebelum Memulai Memasarkan Produk

Langkah awal melakukan pemasaran produk yang efektif dan efisien adalah dengan melakukan survey pasar terlebih dahulu. Survey pasar akan mempermudah Anda dalam menyusun strategi pemasaran produk Anda. 

Saat ini melakukan survey pasar bisa menggunakan kecanggihan teknologi. Anda bisa melakukannya lewat handphone. Cukup dengan menyiapkan beberapa pertanyaan yang bisa langsung disusun melalui Google form

Google form ini nantinya dibagikan kepada masyarakat untuk minta tanggapan mereka terhadap beberapa pertanyaan yang tersedia di Google form. Beberapa pertanyaan tersebut dapat berupa mempertanyakan kebiasaan dan kesukaan mereka dan lainnya. 

Survey pasar ini akan memberikan informasi seberapa besar peluang bisnis yang akan Anda kembangkan. Dari survey pasar juga Anda bisa menentukan langkah apa saja yang tepat untuk melakukan promosi produk. 

2. Menentukan Target pasar Untuk Mempermudah Pemasaran Produk

Pemasaran produk akan lebih mudah jika sudah menentukan target pasar yang tepat sasaran. Misalnya produk skincare untuk kulit jerawat, maka target pasar produk Anda adalah orang-orang dengan rentan usia remaja hingga dewasa yang memiliki permasalahan dengan kulit wajah yang berjerawat. 

Kedepannya akan mudah terbayangkan dalam membuat konten-konten promosi baik via online maupun via offline. Sehingga iklan produk Anda akan tepat sasaran. 

3. Segmentasi Pasar

Setelah target pasar diketahui, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan klasifikasi marketnya. Klasifikasi market adalah mengelompokkan semua target pasar sesuai dengan jenis kelamin, hobi, profesi dan lainnya. 

4. Memanfaatkan Media Sosial

Kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi media sosial seperti Tiktok, Facebook, Instagram dan lainnya untuk melakukan promosi produk.

Hampir semua platform media sosial menyediakan fitur toko online. Misalnya Tiktok yang menyediakan Tiktok Shop untuk Anda yang ingin membuka usaha melalui Tiktok. Pemasaran dengan cara ini lebih mudah dan cepat. Hanya dengan satu kali klik, iklan Anda bisa menembus hingga ribuan pengguna media sosial.

5. Lokasi Usaha yang Strategis

Tingkat penjualan yang rendah bisa dipengaruhi dari lokasi usaha yang tidak strategis. Lokasi yang jauh dari keramaian, sulit ditemukan akan membuat bisnis Anda semakin buruk. 

Pilihlah lokasi usaha dipusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, depan minimarket dan lainnya dan pilihlah lokasi usaha yang mudah diakses membuka bisnis di tempat keramaian akan memudahkan masyarakat menemukan lokasi usaha Anda.

Selain itu buatlah lokasi usaha Anda bersih dan penataan ruangannya yang unik dan menarik. Ini strategi bisnis jaman sekarang. Banyak masyarakat berkunjung dan berbelanja di toko hanya sekedar untuk mengambil gambar dan berfoto selfie di lokasi usaha Anda.

6. Memberikan Produk Gratis

Strategi pemasaran produk adalah mempromosikan produk dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memberikan produk gratis kepada konsumen. 

Cara memberikan produk gratis bisa dengan cara memberinya kepada konsumen yang melakukan pembelian produk minimal 10 pcs. Bonus ini merupakan daya tarik mereka untuk belanja produk Anda.

7. Memberikan Potongan Harga Pembelian

Selain dengan memberikan produk gratis, cara pemasaran produk yang ampuh lainnya adalah dengan memberikan potongan harga pembelian kepada mereka yang banyak produk di toko Anda. Misalnya diberi potongan harga untuk konsumen yang berbelanja minimal 100 ribu rupiah. 

Cara lainnya adalah dengan membuka promo potongan khusus pada hari-hari tertentu. Misalnya konsumen yang belanja produk setiap hari Jumat akan diberikan diskon mencapai 25% dari harga produk. 

8. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Strategi pemasaran produk lainnya adalah dengan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Strategi ini sangat ampuh untuk merawat konsumen Anda agar tetap setia menggunakan produk-produk yang Anda jual.

Cara menjalin hubungan baik dengan konsumen adalah memberikan pelayanan yang baik kepada mereka seperti merespon chat konsumen dengan cepat, memberikan pelayanan dengan ramah dan lainnya. 

9. Membuka Peluang Menjadi Mitra Bisnis 

Cara ampuh strategi pemasaran produk adalah membuka peluang menjadi mitra bisnis. misalnya membuka peluang menjadi agen, reseller dan dropshipper dari produk yang Anda jual. 

Memiliki pasukan bisnis yang banyak akan mempermudah produk Anda dikenal oleh masyakarat. Semakin banyak yang mengenal barang dagangan Anda, maka akan semakin besar peluang penjualan produk. 

10. Bekerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan satu atau beberapa influencer akan membuat lead magnet penjualan atau target konsumen yang banyak dalam satu kali waktu saja. Coba bekerja samalah dengan influencer yang memiliki reputasi yang baik dan follower yang cukup banyak dan pastikan bahwa engagement postingan mereka cukup besar. 

Jangan lewatkan tambahan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas 10 pengertian konsep dan strategi pemasaran produk adalah cara yang ampuh untuk mengembangkan bisnis yang efektif dan efisien. Anda bisa melakukan salah satu atau semua cara di atas sesuai dengan kemampuan yang bisa Anda lakukan. 
Related Posts