taupasar.com

we read, we create and we share it.

Panduan Strategi Memulai Usaha Pet Shop

Panduan Strategi Memulai Usaha Pet Shop yang Dijamin Berhasil

Apakah para tetangga Anda rata-rata hobi merawat hewan peliharaan? Atau Anda adalah seorang pecinta hewan? Tertarik untuk berbisnis di bidang tersebut? Dari tahun ke tahun, tampaknya bisnis pelayanan hewan ini tidak ada matinya.
Strategi Memulai Usaha
Nama pet shop sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang berarti toko hewan peliharaan. Pet shop pada umumnya menyediakan perawatan kesehatan, kebersihan, penitipan sementara, hingga jual beli hewan peliharaan.

Tidak hanya itu saja, stok makanan hingga aksesoris hewan peliharaan juga dijual lengkap di pet shop. Apabila Anda tertarik untuk membuat strategi memulai usaha pet shop, artikel ini adalah tempat yang tepat.

Strategi Memulai Usaha Pet Shop

Strategi memulai usaha pet shop sesungguhnya tidak berbeda jauh dengan jenis bisnis lain. Perbedaannya, bisnis pet shop melibatkan para tenaga ahli dalam bidang kesehatan dan perawatan hewan.

Secara lengkap dan mendetail, berikut ulasan strategi memulai usaha pet shop:

1. Memulai Pelayanan Pet Shop Menurut Kebutuhan Konsumen

Sebagai pemula, mustahil bisnis pet shop bisa langsung besar. Terutama jika Anda memulai bisnis dari nol dengan modal pas-pasan. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa memberikan pelayanan prima dengan riset sederhana.

Di awal, sediakan kebutuhan yang sekiranya paling dibutuhkan oleh kebanyakan pemilik hewan peliharaan. Semisal makanan kucing atau anjing dan pelayanan jasa kebersihan/kesehatan.

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak konsumen, Anda bisa menambah layanan pet shop menjadi lebih lengkap. Contohnya, jasa jual beli hewan peliharaan, aksesoris, renovasi kandang, dan lain-lain.

2. Menentukan Lokasi Strategis

Setelah mengetahui apa saja yang di jual di pet shop, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi strategis. Titik-titik strategis tentu menjadi incaran banyak pengusaha, oleh karena itu langkah ini harus didahulukan.

Adapun beberapa referensi lokasi strategis adalah di pusat kota, pusat perbelanjaan, di seputar jalan raya, jalur provinsi, atau dekat dengan lampu merah. Jangan lupa melengkapi teras toko dengan papan nama besar untuk memudahkan konsumen menemukan Anda.

3. Pastikan Pelayanan Hewan Berada di Tangan Ahli

Strategi memulai usaha pet shop ini terbilang menjadi tantangan tersendiri. Pet shop pada dasarnya bukan hanya toko kebutuhan hewan, akan tetapi juga berfungsi sebagai klinik ringan untuk hewan.

Sebagaimana manusia, perawatan kesehatan pada hewan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Oleh karena itu, memilih pegawai yang berpengalaman merawat hewan adalah tantangan tersendiri bagi pemilik usaha pet shop.

4. Senantiasa Menjaga Kebersihan Pet Shop

Jika kita membahas berapa modal untuk membuat pet shop, kita akan berhadapan dengan biaya penyediaan barang dan biaya operasional. Jangan salah, biaya operasional pet shop terhitung cukup tinggi dan ketat dibandingkan usaha lainnya.

Salah satu sumber biaya operasional tersebut adalah kebersihan setiap ruangan dalam pet shop. Meskipun berisi makanan dan hewan, pet shop harus tetap nyaman dan wangi bagi para pengunjung.

Kebersihan yang terjaga secara tidak langsung menjadi nilai plus yang akan membuat konsumen berminat menitipkan hewan kesayangan mereka di tempat Anda.

5. Bangun Popularitas Pet Shop di Media Sosial

Selain teknik promosi secara langsung, membangun image bagus di media sosial juga menjadi strategi memulai usaha pet shop yang tidak bisa Anda lewatkan. Strategi ini bisa Anda lakukan dengan membuat akun media sosial dan mengadakan promosi berbayar.

Berbagai platform media sosial terkini menyediakan fasilitas iklan berbayar bagi para pemilik usaha. Biaya promosi langsung di platform ini terhitung terjangkau bagi para pengusaha pemula.

6. Buat Forum Pecinta Hewan secara Daring

Tentu, Anda sudah tidak asing dengan istilah soft selling bukan?

Soft selling merupakan teknik penjualan secara samar dan terkadang tidak terduga bagi konsumen. Namun jangan meragukan dampaknya, teknik ini terbukti efektif dan sudah dipraktikkan oleh berbagai pemilik usaha.

Salah satu teknik marketing samar yang bisa diterapkan oleh para pemilik pet shop atau pemilik bisnis makanan kucing adalah membangun forum pecinta hewan. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda sedang berjejaring dengan calon konsumen potensial.

Saat ini, forum-forum seperti ini lebih diadakan di Facebook. Semakin banyak anggota grup, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan penjualan.

7. Membuat Forum Edukasi untuk Pemilik Hewan Peliharaan Sekitar

Masih berkaitan dengan dua poin sebelumnya, cara lain untuk mendongkrak minat konsumen adalah dengan membagikan konten edukasi seputar hewan peliharaan.

Selain menjadi tindakan mulia (membagikan pengetahuan secara gratis), Anda sedang meyakinkan para calon konsumen mengenai kompetensi pet shop Anda.

Tentu saja, konsumen menjadi tahu bahwa Anda ahli terhadap hewan dan mampu memperlakukan hewan kesayangan mereka dengan baik.

Anda bisa langsung mempraktikkan langkah ini dan mendapati prospek usaha pet shop menjadi lebih cerah.

8. Mencari Supplier Produk Hewan Berkualitas

Bagian terakhir dari strategi memulai usaha pet shop adalah memilih supplier dan distributor pet shop yang tepat. Kata tepat di sini tentunya merujuk kepada harga terbaik dengan kualitas produk tinggi.

Kualitas yang terjaga menjadi modal penting supaya konsumen Anda enggan berpindah ke tempat lain. Bahkan tidak masalah memiliki lebih dari satu supplier untuk menjamin ketersediaan stok.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian 8 poin penting strategi memulai usaha pet shop yang bisa Anda terapkan. Selama Anda tetap konsisten mempraktikkan trik-trik di atas, usaha pet shop Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk berkembang.
Related Posts