taupasar.com

we read, we create and we share it.

15 Strategi Pemasaran Produk Fashion Secara Online Maupun Offline

15 Strategi Pemasaran Produk Fashion Secara Online Maupun Offline

Strategi pemasaran produk fashion merupakan kunci untuk meningkatkan popularitas bisnis di tengah persaingan ketat. Sebagaimana kita tahu, pebisnis fashion ada di mana-mana, bukan hanya di dunia nyata, melainkan juga platform digital.
Strategi Pemasaran Produk
Dengan demikian, para pengusaha fashion harus mengeluarkan usaha lebih besar untuk memenangkan pasar. Selain menyajikan kualitas produk yang berkualitas namun mempunyai harga terjangkau, optimalitas promosi tidak kalah pentingnya.

Oleh karena itu, jangan melewatkan satupun strategi pemasaran produk fashion menarik yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Strategi Pemasaran Produk Fashion Paling Lengkap


Pada umumnya, strategi pemasaran produk fashion dibangun oleh dua aspek, yaitu secara langsung dan online. Bagi pemula, Anda tidak perlu secara langsung membangun bangunan usaha yang megah.
Bila diantara Anda masih merintis usaha, jangan khawatir. Tidak masalah toko Anda masih sederhana selama memenuhi kriteria berikut ini:

1. Membangun Toko di Lokasi Strategis

Lokasi toko yang tepat secara otomatis sebenarnya sudah memberikan pijakan strategi pemasaran fashion pertama bagi Anda. Setidaknya ada 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari poin ini:
  • Semakin banyak orang mengenal usaha Anda;
  • Semakin mudah orang berkunjung ke toko;
  • Semakin mudah orang memberitahukan kepada teman mereka tentang toko Anda.

Keuntungan di atas bisa berfungsi lebih maksimal jika ditopang dengan aspek pendukung seperti nama toko yang mudah diingat, memiliki akun media sosial/marketplace yang popular, dan sering mengadakan event potongan harga.

2. Menciptakan Dekorasi Toko yang Unik Nyaman

Bagian selanjutnya adalah desain toko yang unik dan nyaman. Menciptakan dekorasi adalah seni untuk membuat pembeli betah memilih produk dan tidak kebingungan menemukan sesuatu yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, pastikan penataan toko Anda sudah efektif dan selalu mudah diakses calon pembeli. Selain itu, tata letak cermin, ruang ganti, dan lorong gantungan seyogyanya cukup luas agar pembeli bisa leluasa.  

3. Pelayanan Toko Ramah dan Tangkas

Cara memasarkan produk fashion juga penting kita wujudkan dalam bentuk pelayanan yang ramah. Tentu kita sudah mengenal istilah, pembeli adalah raja, bukan?

Setiap pembeli tentu menyukai pramuniaga yang murah senyum, sabar melayani keinginan pembeli, tidak membuat pembeli ter-intimidasi, dan memiliki bahasa yang baik.

Tidak heran jika kebanyakan brand profesional mengadakan training yang ketat untuk para calon pegawai mereka.

4. Membuat Akun Media Sosial Bisnis

Akun media sosial bisnis berfungsi sebagai media promosi untuk menunjang penjualan langsung. Teknik promosi ini bertujuan memfasilitasi para pembeli Anda yang berada di luar kota maupun luar pulau.

Di era digital, teknik promosi melalui media sosial menjadi tuntutan yang tidak terelakkan. Jika memungkinkan, Anda bisa meng-handle langsung penjualan melalui online ini atau menyerahkannya kepada pegawai khusus admin.

5. Membuat Online Shop di Marketplace

Hampir sama dengan poin sebelumnya, contoh strategi pemasaran satu ini juga tidak kalah perlu. Melalui marketplace, para pembeli baru bisa merasa lebih terjamin untuk bertransaksi karena keamanan penjual dijamin oleh pihak marketplace.

6. Membuat Tag Name Bisnis di Setiap Produk

Dalam strategi pemasaran produk fashion, tag name berisi nama toko, nama situs media sosial, hingga jargon bisnis. Jika Anda menjual produk dari berbagai brand, tag name bisnis bisa digantung satu lokasi dengan brand produk atau pada bagian lain.

7. Fokus Pada Prinsip Marketing Mix 7p

Dalam teori ekonomi, ada sebuah konsep yang populer disebut bauran pemasaran. Konsep tersebut memiliki 7 aspek pendukung penjualan produk yang sering juga kita kenal dengan nama marketing mix 7p.

Marketing mix 7p adalah unsur-unsur yang wajib Anda perhatikan dalam membangun bisnis penjualan. Marketing mix 7p terdiri dari product (produk). price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), packaging (kemasan), proces (proses).

Tujuh unsur utama di atas menopang progres bisnis menjadi lebih terarah dan efektif. Sistem pemasaran yang optimal hampir tidak pernah melewatkan aspek 7p dalam teori marketing ini.

8. Memanfaatkan Promosi Digital Berbayar di Platform Media Sosial

Berbagai platform media sosial popular seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Line, bahkan WhatsApp telah menyediakan layanan iklan berbayar. Fasilitas ini membantu para pengusaha memperkenalkan produk mereka kepada sasaran pasar yang tepat.

Kabar baiknya, cara mengaktifkan layanan ini sangat mudah. Anda tinggal melakukan registrasi administrasi dan transaksi melalui akun bisnis yang sudah dimiliki sebelumnya.

9. Menjalin Promosi Afiliasi dengan Marketplace

Jika media sosial menyediakan layanan promosi berbayar. Marketplace menyediakan strategi promosi bisnis fashion melalui program afiliasi. Umumnya, mereka menyediakan program berbayar dan tanpa biaya sepeserpun..

10. Mengusahakan Akun Verified

Jika Anda masih tergolong pemula, cara memulai bisnis fashion paling efektif adalah membangun akun bisnis hingga terverifikasi atau memiliki centang biru. Adapun syarat yang diperlukan adalah konsistensi postingan dan jumlah interaksi followers yang tinggi.

11. Mengadakan Promosi dan Penjualan Secara Live

Selain melakukan promosi produk melalui foto dan video, memperkenalkan produk melalui live secara rutin juga penting untuk membangun interaksi yang baik antara penjual dan pembeli.

12. Bekerja Sama dengan Public Figure yang Sesuai

Dunia fashion sangat identik dengan publik figure sebagai pusat trend. Oleh karena itu, melakukan kerja sama dengan mereka adalah ide efektif mengenai cara mengelola usaha busana agar tetap memiliki daya saing tinggi..

13. Mengadakan Give Away

Give away adalah momen membagikan produk secara cuma-cuma kepada pelanggan yang beruntung dan memenuhi syarat. Trik ini sangat manjur untuk menambah followers sekaligus pelanggan produk Anda sehingga sayang sekali jika dilewatkan.

14. Mengadakan Promo Cuci Gudang

Momen cuci gudang bisa Anda lakukan setiap menjelang akhir bulan atau akhir tahun. Selain pembeli senang karena mendapatkan produk dengan harga miring, Anda juga untung karena bisa menghabiskan produk yang tersisa di gudang.

15. Mengenali Segmen Pasar dengan Baik

Tidak kalah penting dari seluruh cara di atas, mengenali pasar produk adalah cara memulai bisnis fashion yang paling awal. Dengan mengenali konsumen potensial, Anda bisa menentukan bentuk pemasaran yang paling tepat guna.

Simak juga infromasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian deretan strategi pemasaran produk fashion paling lengkap. Semoga bermanfaat.
Related Posts