taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Strategi Pemasaran Produk Online dan Offline Dijamin Meningkatkan Penjualan

Inilah Strategi Pemasaran Produk Online dan Offline Dijamin Meningkatkan Penjualan

Saat ini banyak orang menghabiskan waktu dengan bermain media sosial. Kebiasaan ini memunculkan ide pemasaran produk online agar menghasilkan penjualan barang yang besar. 
Strategi Pemasaran Produk
Namun, agar hasil pemasaran produk online berhasil kamu harus memahami strateginya terlebih dahulu. Berikut strategi pemasaran produk online dan offline

Promosi produk merupakan rutinitas yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha baik online maupun offline. Melalui kegiatan promosi produk jualan semakin dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak orang mengenal produk kamu, maka semakin besar peluang besarnya tingkat penjualan produk. 

Strategi Pemasaran Produk Online dan Offline 


Jika kamu ingin meningkatkan penjualan produk, maka harus memperbaiki strategi pemasaran produk. Ada banyak media dan cara yang bisa di manfaatkan untuk pemasaran produk, namun kamu harus memahami strateginya. Berikut ini strategi pemasaran produk online dijamin meningkatkan penjualan. 

Beberapa media yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk diantaranya brosur, pamflet, Facebook, Instragram, Tiktok, dan lainnya. Namun kamu harus memahami beberapa strategi pemasaran di bawah ini agar menghasilkan penjualan yang besar. 

1. Menentukan dan Memahami Spesifik Produk

Sebelum membuka usaha, kamu harus menentukan produk apa yang akan kamu jual. Misalnya produk skincare, kamu harus memilih merek dan jenis skincare apa saja yang mau kamu jual. 

Selain itu kamu juga harus memahami spesifik produknya. Misalnya jika kamu akan menjual pakaian, maka terlebih dahulu harus memahami jenis kain, ukuran, dan warna pakaian dari barang dagangan kamu. Para pembeli akan mempertanyakan banyak hal, jadi pastikan bahwa kamu sudah memahami spesifik dari produk dagangannya. 

2. Tentukan Target Pasar Produk Online

Setelah memutuskan akan menjual produk apa saja. Selanjutnya untuk mempermudah kamu dalam melakukan pemasaran adalah menentukan target pasar. Targetkan rentan usia berapa, jenis kelamin, hingga hobi orang-orang yang menjadi target pasar produk. 

Menentukan target pasar produk akan mempermudah kamu dalam melakukan promosi produk di media sosial kedepannya. Hal ini akan mempermudah kamu dalam membuat konten-konten promosi di media sosial. 

Target pasar antara jualan online dan offline berbeda. Jika jualan offline target pasarnya sedikit, mungkin hanya orang-orang yang tinggalnya dekat dari tempat jualan kamu. Berbeda dengan produk online, kamu bisa mendapatkan konsumen dari berbagai daerah, hingg ke luar negeri. 

3. Survey Pasar Produk Online dan Offline

Sebelum melakukan pemasaran produk, yang harus kamu lakukan adalah survey pasar terlebih dahulu. Survey pasar produk online berbeda dengan survey produk offline

Survey pasar produk online bisa dengan cara membuat Google formulir yang kemudian dibagikan ke beberapa orang di media sosial untuk diminta di isi beberapa pertanyaan yang telah tersedia. Cara lainnya kamu bisa melihat produk-produk dagangan orang lain melalui online

Produk offline bisa dilakukan survey dengan cara melihat langsung ke toko orang lain, atau meminta pendapat dari orang-orang terdekat. Cara ini lebih rumit dari pada survey pasar produk online di atas, namun cara ini bisa meningkatkan performa toko offline kamu. 

4. Membuat Nama Bisnis dan Logo Usaha yang Unik dan Menarik

Nama bisnis merupakan hal paling penting dalam memulai usaha, karena ini akan membedakan usaha kamu dengan usaha orang lain. Nama bisnis dan logo juga akan membuat konsumen mudah mengingat produk dagangan kamu. 

Jika mereka menyukai produk dagangan kamu, ada kemungkinan mereka akan kembali berbelanja di toko kamu, ketika sudah memiliki nama dan logo usaha mereka akan mudah menemukan produk kamu di online maupun via offline

5. PPC

Salah satu strategi ampuh memasarkan produk online adalah dengan PPC atau Pay Per Click. PPC yaitu memasang iklan produk dengan memanfaatkan internet marketing. 

Sistem promosi produk ini digunakan oleh Google, Facebook, Instagram dan beberapa aplikasi lain. Model promosi ini lebih praktis, artinya hanya dengan satu klik, iklan produk kamu akan tembus menjangkau hingga jutaan pengguna internet. 

Biaya iklan dengan PPC pun sangat relatif, harganya mulai 50 ribuan saja, iklan kamu akan tembus hingga ribuan pengguna internet. Kamu juga bisa mengatur berapa lama waktu pemasangan iklan yang diinginkan. 

6. Membuka Peluang Menjadi Reseller dan Dropshipper Produk

Tips ampuh mendapatkan penjualan yang besar adalah dengan membuka peluang menjadi reseller dan dropshipper produk dagangan kamu. Cara ini juga mempermudah kamu dalam memasarkan produk jualan dengan jangkauan yang luas. 

Reseller dan dropshipper untuk jualan online dan offline jelas berbeda. Kamu yang mempunyai bisnis online bisa mengumpulkan para reseller dan dropshipper dalam grup WA atau Telegram tertentu. 

Berbeda jika kamu ingin membuka bisnis yang offline, kamu tidak perlu membuat grup chat khusus reseller dan dropshipper.  Kamu bisa langsung memberi potongan harga untuk konsumen yang berbelanja minimal 10 pcs produk yang sama.

7. Memanfaatkan Berbagai Media Untuk Pemasaran Produk

Pemasaran produk offline dan online bisa menggunakan berbagai media. misalnya untuk pemasaran offline kamu bisa membuat brosur untuk dibagikan kepada orang-orang yang berada di keramaian. 
Untuk pemasaran online kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok. Atau bisa juga marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. 

8. Memberikan Diskon atau Bonus Tertentu

Strategi pemasaran produk online dan offline yang paling ampuh adalah dengan memberikan bonus atau potongan kepada konsumen. Misalnya kamu akan memberikan bonus dan potongan harga hingga 10% dengan minimal pembelian 100 ribu rupiah. 

Cara ini merupakan cara paling ampuh untuk mendatangkan pelanggan baru baik di offline maupun online

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya pada sejumlah artikel di bawah ini.

Baca juga:





Di atas merupakan 8 strategi pemasaran produk online dan offline yang wajib kamu coba. Cara di atas dijamin dapat meningkatkan penjualan produk kamu. 
Related Posts