taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ternyata Begini Strategi Memulai Usaha Rental Mobil yang Efektif

Ternyata Begini Strategi Memulai Usaha Rental Mobil yang Efektif

Kebutuhan transportasi sudah menjadi hal pokok di Indonesia, mulai dari kebutuhan rekreasi hingga kebutuhan bisnis menjadikan mobil sebagai salah satu kendaraan yang paling dibutuhkan banyak orang.
Strategi Memulai Usaha
Rental mobil banyak dilakukan masyarakat yang tidak memiliki mobil pibadi dan hanya membutuhkannya dalam waktu-waktu tertentu. 

Hal inilah yang membuat peluang baru bagi pengusaha rental mobil yang bisa menjadi pilihan untuk terjun ke dunia bisnis. Bisnis rental mobil termasuk bentuk usaha yang sedang marak, permintaan yang tinggi dari pasar jadi latar belakang bisnis ini banyak diminati.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa memulai usaha ini? Nah,untuk kamu yang mau terjun usaha ini dengan sukses, berikut Strategi Memulai Usaha Rental Mobil yang bisa menjadi referensi untuk kamu. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Strategi Memulai Usaha Rental Mobil

1. Lakukan Reset dan Tentukan Target Pasar

Guna melakukan riset pasar untuk memastikan cara bisnis rental mobil sehingga dapat bersaing di pasar dengan penawaran yang menarik. Setalah melakukan riset tentukan target pasar yang dituju, tetapkan apakah orang kantor, pendatang, atau orang umum yang akan menggunakan jasa kamu. 

Jika kamu menargetkan semua kalangan, maka kamu perlu meningkatkan persaingan di lokasi tersebut yang belum terlalu ketat.

2. Memiliki Izin Usaha

Tidak semua pengusaha rental mobil yang memiliki izin usaha, namun tidak ada salahnya kamu punya izin usaha dulu sebelum menjalankan bisnis ini agar mobil yang disewakan lebih terjamin dari segi  hukum. Biasanya, konsumen dari perusahaan akan mengincar rental mobil yang memiliki izin usaha.

Jika kamu sudah memiliki izin usaha yang telah terdaftar dari pemerintah, maka kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan aman dan nyaman.

3. Memilih Lokasi yang Strategis

Memiliki lokasi yang bagus menjadi salah satu Strategi Memulai Usaha Rental Mobil, kamu harus bisa memilih lokasi dengan akses jalan yang ramai dan banyak dilewati banyak orang. Dengan begitu peluang mengenalkan usaha kamu untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak. 

Memilih lokasi yang strategis memang “cocok-cocokan”, ada yang membuka usaha rental mobil ini di daerah perkampungan atau di dalam komplek, namun pilihan ini kurang direkomendasikan.

4. Daftarkan Asuransi

Memilih usaha rental mobil termasuk bisnis dengan risiko tinggi. Mulai dari kerusakan, kecelakaan bahkan hilang. Maka dari itu, pilihlah asuransi kendaraan yang menawarkan manfaat sesuai kebutuhan dan mudah dalam pengajuan klaim.

5. Bangun Relasi dan Jaringan

Untuk mendapatkan kepercayaan investor, kamu perlu memperluas jaringan dan relasi. Semakin luas jaringan dan relasi yang kamu miliki maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak berkerjasama dalam mebgembangkan usaha.  

Jangan lupa ikuti komunitas dan asosiasi bisnis rental, ikut berperan dan aktiflah. Disana seringkali ada kegiatan workshop yang menyampaikan materi yang berkaitan dengan rental mobil. Hal ini akan bermanfaat dan  menambah wawasan agar bisa mengembangkan usaha rental bisnis kamu.

6. Hindari Memilih Mobil Bekas

Memulai bisnis ini sebaiknya kamu memilih mobil baru, sebagus apapun mobil bekas performanya tidak akan sebaik mobil baru. Jangan mempertaruhkan kenyamanan pelanggan dengan membeli mobil bekas. 

Mobil bekas juga harus sering masuk bengkel karena sudah using dan rentan rusak, sehingga membuat biaya perawatan yang membengkak. Maka dari itu belilah mobil baru, biasanya dealer akan memberikan biaya perawatan gratis selama masa garansi.

7. Tetapkan Regulasi Usaha Rental  Mobil

Regulasi sangat penting dalam dunia rental mobil, karena umumnya penyewa sering terjadi  kerusakan ndan kehilangan mobil. Untuk menghindari hal tersebut, atur regulasi penyewaan seperti menerapkan surat perjanjian dengan materai sebelum penyewaan. 

Memberlakukan penahanan KTP, memberikan informasi data penyewa, serta memasangkan GPS pada mobil kamu sebagai pelacak. 

8. Mengatur Strategi Marketing

Menyusun strategi kamu perlu mengetahui target pasar, harga sewa, denda, dan cara promosi yang tepat. Promosi menjadi salah satu kekuatan berpengaruh dalam pemasaran, tujuannya untuk mengenalkan usaha kamu kepada masyarakat luas. 

Kamu bisa menggunakan metode media sosial, website, atau mendaftarkan usaha kamu di Google. Buat promosi yang menarik dan unik untuk menarik calon konsumen baru. Kamu bisa memberika diskon dan pemberian bonus atau hadiah sebagai langkah awal mengenalkan bisnis kamu ke beberapa penyewa pertama.

9. Menentukan Harga yang Pas

Strategi Memulai Usaha Rental Mobil  yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan harga yang sesuai dengan pasaran. Umumnya, banyak yang menyewa mobil dengan membandingkan harga terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk rental mobil. 

Saat itu kamu harus siap menentukan harga yang sesuai dengan pasaran, jangan sembarangan menentukan harga agar bisa menggaet banyak pelanggan. Lakukan survey mengenai harga pasar rental mobil yang berlaku di tempat kamu. Jangan terlalu tinggi dan terlalu rendah dalam membuat harga, agar kamu tidak kehilangan konsumen.

10. Kelola Keuangan dengan Baik

Perhatikan dalam mengelola keuangan usaha kamu dengan baik, karena hal ini sangat penting bagi kamu yang memulai usaha rental mobil. Mengontrol setiap transaksi termasuk laba dan rugi agar kamu bisa mengambil keputusanyang berkaitan dengan strategi usaha ke depannya. 

Ingat Menjalankan bisnis ini  jangan mencoba dengan asal-asalan. Jika kamu bersungguh-sungguh, maka lakukan dengan maksimal agar hasil yang didapat juga maksimal. Kuatkan mental, kerjakan dengan penuh keseriusan dan kesungguhan.

Simak juga sejumlah informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa Strategi Memulai Usaha Rental Mobil, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam merealisasikannya dalam kehidupan nyata. 

Penulis: Putri Geo

Related Posts