taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner Paling Ampuh!

10 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner Paling Ampuh!

Berkembangnya teknologi membuat Anda bisa menjual berbagai makanan melalui online. Peluang bisnis di bidang kuliner semakin besar. 
Cara Mengembangkan Usaha
Ambil kesempatan besar ini segera, dan ketahui 10 cara mengembangkaaan usaha kuliner paling ampuh di bawah ini.

Cara Mengembangkan Usaha Kuliner 

Bisnis kuliner selalu mengikuti perkembangan zaman. Saat ini ada berbagai inovasi baik dari segi menu maupun tampilan yang memanjakan para konsumennya. Hal ini membuat Anda yang akan membuka bisnis kuliner memiliki tantangan yang sangat besar. 

Membuka bisnis kuliner menuntut Anda untuk terus berinovasi dan juga berkreasi. Baik dari segi menu, tampilan, desain ruangan dan juga harga yang akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Jika yang Anda tawarkan sesuai dengan selera dan minat konsumen bisnis Anda akan mengalami perkembangan, tetapi jika sebaliknya maka akan mengalami kebangkrutan. Maka hindari hal tersebut dengan menerapkan cara memajukan bisnis kuliner di bawah ini. 

1. Memilih Tempat yang Strategis

Salah satu keberhasilan dari usaha makanan adalah lokasi usaha yang strategis. Banyak ide lokasi usaha strategis yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis kuliner Anda. 

Misalnya bisa dengan membuka usaha kuliner di mall, dekat kampus, komplek sekolah, dekat perkantoran dan lainnya. Bisnis kuliner akan memiliki banyak pengunjung bila berada di tempat keraamaian.

Selain tempat-tempat di atas bisa membuka di pinggir jalan raya. Meskipun bukan tempat keramaian jalan raya membuat pengunjung mudah menemukan lokasi usaha Anda, apalagi jika Anda membuka usaha kuliner melalui online, memiliki lokasi usaha yang mudah diakses adalah sebuah keharusan. 

2. Menawarkan Menu yang Lebih Variatif dan Inovatif

Kesuksesan bisnis kuliner tak lepas dari pengaruh menu makanan yang ditawarkan. Ada berbagai varian menu makanan yang bisa dijadi referensi untuk bisnis kuliner Anda. Namun menu makanana yang laku disuatu daerah belum tentu laku di daerah lain. 

Sebaiknya Anda membuat inovasi menu makanan yang unik, enak dan variatif. Jadi tidak hanya menjual satu menu makanan saja tetapi minimam menjual 3 menu makanan dan minuman. 

Memiliki berbagai varian menu yaitu memberikan pilihan kepada konsumen Anda, jadi mereka bisa memilih menu makanan yang sesuai selera. Namun, sebelum menjualnya menu makanan tersebut sudah dipastikan hasilnya akan enak, jadi tidak membuat pelanggan kecewa terhadap usaha Anda. 

3. Tampilan Makanan yang Indah dan Unik

Selain rasa yang enak, yang harus dicek juga merupakan tampilan makanan yang disuguhkan. Sebaiknya Anda menampilkan makanan dengan menggunakan piring atau wadah yang sesuai dengan isi makanannya. 

Penampilan yang unik juga tidak hanya dari penggunaan piringnya, tetapi tata letak makanannya. Misalnya dengan menambahkan garnis atau hiasan yang membuat tampilan makanan lebih cantik dan unik. 

Rasa dan penampilan merupakan faktor utama pelanggan akan memutuskan untuk kembali mengkonsumsi atau tidak makanan Anda. 

4. Survey Pasar 

Bagi pengusaha kecil maupun yang sudah besar sangat perlu untuk melakukan survey pasar. Survey pasar adalah kunci agar bisnis Anda dapat terus berkembang dan tetap bisa bertahan dengan persaingan bisnis kuliner yang terus pesat. 

Survey pasar usaha kuliner akan memberikan data dan informasi mengenai perkembangan bisnis kompetitor. Melakukannya bisa menggunakan internet yaitu melalui Google Form.

Survey usaha kuliner dengan Google Form adalah cara mudah untuk mengetahui permintaan pasar dan hal-hal yang disukai oleh calon pembeli. 

Caranya hanya dengan menyediakan bebera pertanyaan yang dimasukkan ke Google dan meminta orang-orang untuk mengisinya. Anda bisa mendapatkan informasi yang banyak seputar pernintaan pasar dari bisnis kuliner yang akan dijalankan.

5. Menggunakan kualitas SDM yang Kompeten

Salah satu hal yang krusial dalam bisnis kuliner adalah kualitas SDM. Untuk membuka bisnis kuliner Anda harus benar-benar memilih SDM yang bisa memasak. Jika Anda tidak bisa memasak bisa dengan merekrut koki yang handal. 

Selain koki kualitas SDM untuk pramusaji, admin, dan lainnya juga harus orang yang kompeten dibidangnya. Kualitas semua karyawan ini sebaiknya terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan. 

6. Desain Ruangan yang Menarik dan Unik

Saat ini banyak restoran, cafe, atau kedai yang tidak hanya menawarkan menu makanan yang memanjakan dan pelayanan yang baik, tetapi juga memberikan fasilitas lokasi yang unik dan menarik.

Lokasi usaha kuliner yang menarik dan unik biasanya akan membuat pelanggan rela mempromosikan usaha Anda ke media sosialnya. Caranya bisa dengan menyediakan lokasi khusus untuk foto yang didesain semenarik mungkin. 

7. Promosi di Media Sosial

Media sosial merupakan tempat paling mudah untuk menjangkau pembeli. Hanya dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok bisnis kuliner Anda bisa menghasilkan puluhan juta rupiah per harinya. 

Aktif dalam berbagi postingan di media sosial dan memanfaatkan fitur adsense di media sosial, membuat bisnis Anda akan mudah dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

8. Membuka Cabang Baru

Cara mengembangkan usaha kuliner selanjutnya adalah dengan membuk cabang baru. Jika bisnis kuliner Anda yang saat ini sudah sukses dan banyak digemari oleh pelanggan, sebaiknya segera membuka cabang baru. 

9. Menawarkan Harga yang Terjangkau

Berbicara soal harga makanan rata-rata dimulai dari 8 ribuan. Anda bisa menjual makanan dikisaran harga 8 ribuan hingga 40 ribuan. Harga ini terjangkau yang bisa dikonsumsi oleh kalangan menengah ke bawah. 

Menentukan harga jual bisa disesuaikan dengan harga pokok produksi, beban-beban usaha dan keuntungan yang ingin didapatkan dari setiap porsi makanan. Selain itu sesuaikan dengan target pasar yang ingin dijangkau. 

10. Strategi Promosi dengan Memberikan Diskon dan Bonus

Untuk dapat menarik pelanggan lebih banyak lagi, Anda bisa menggunakan strategi bisnis dengan memberikan diskon dan bonus. Misalnya memberikan diskon 10% untuk pembelian dua porsi makanan.

Cara lainnya bisa dengan memberikan bonus gratis minuman atau memberikan bonus satu porsi makanan dengan minimal order dua porsi. 

Memberikan diskon dan bonus sampai saat ini merupakan cara paling ampuh untuk menarik pelanggan lebih banyak. Semakin banyak yang beli, bisnis pun semakin berkembang.

Sebagai tambahan informasi, simaklah sejumlah artikel pilihan berikut ini.

Baca juga:





Di atas merupakan 10 cara mengembangkaan usaha kuliner yang ampuh. Lakukan 10 cara di atas dijamin bisnis Anda akan terus berkembang. Semoga sukses ya. 
Related Posts