taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menjalankan Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Cara Menjalankan Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Menjalankan usaha jual beli mobil bekas memang tidak pernah sepi peminat, salah satu alasan banyaknya masyarakat memilih beli mobil bekas dibanding mobil baru adalah harga yang jauh lebih murah serta pajak yang juga murah.
Peluang Usaha Jual Beli
Kebutuhan kendaraan meningkat dan harga yang terlampau mahal membuat ide peluang bisnis jual beli mobil bekas yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan cuan. Namun, menjalankan bisnis ini memang tidak semudah yang kamu bayangkan. 

Keuntungan menjalankan usaha jual beli mobil bekas ini jika dipresentasikan sekitar 20-30%. Presentase ini bisa bertambah bila kamu membeli mobil bekas yang umurnya masih dini (pemakaian mobil sekitar 2-3 tahun).

Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin terjun menjalankan usaha ini berikut kami akan menjelaskan Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas agar dapat meraup keuntungan. 

Cara Menjalankan Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas

1. Cek Kondisi Mobil serta Surat Kendaraan yang Lengkap

Pastikan kamu cek kembali kondisi mobil bekas yang akan di perjual belikan, jangan sampai mobil bekas tersebut masih dalam keadaan rusak. Cobalah melakukan perbaikan hingga membuat penampilannya jauh lebih menarik dan berkesan.

Selain itu, perhatikan juga sura-surat mobil yang masih lengkap. Tanpa  adanya surat kelengkapan mobil hanya kan memberikan kerugian pada usaha kamu, hal ini akan membuat pelanggan ogah membeli mobil bekas yang kamu jual.

2. Pilih Mobil Bekas yang Menarik dan Laku di Pasaran

Meskipun mobil bekas, jangan sampai kamu membelinya dengan asal-asalan. Pilihlah merek mobil yang memang menjadi favorit di pasaran, perhatikan juga tahun pembuatan mobil tersebut jangan sampai terlalu tua.

Umumnya, masyarakat memilih merek mobil yang menawarkan pelayanan after-sales yang baik dan sparepart yang gampang ditemukan. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan bagi calon konsumen dan pelaku usaha mobil bekas.

Jenis mobil yang banyak diminati contohnya Honda Jazz, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Lain-lain. Mobil bekas keluaran 5 tahun terakhir memiliki banyak peminat, mobil keluaran terbaru selalu memiliki nilai tinggi dibanding mobil lama.

3. Memiliki Showroom Mobil Bekas

Untuk menjual mobil bekas pastinya kamu membutuhkan tempat untuk memamerkan produk kamu. Kamu perlu mempertimbangkan tempat mobil yang memiliki daya tampung yang cukup.

Minimal bisa memamerkan 5 jenis mobil berbeda dalam satu showroom. Memilih tempat yang strategis seperti di pinggir jalan agar dapat dilihat oleh banyak orang.

4. Survey Harga Mobil  Bekas

Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas yang perlu kamu perhatikan adalah melakukan survey terdahulu agar terhindar dari penipuan. Jika kamu mendapatkan mobil bekas dengan harga Rp140 juta, namun ternyata harga pasarannya Rp100 juta tentu hal ini akan membuat kerugian yang besar. 

Melakukan analisa di pasaran itu sangat penting untuk menjaga kualitas showroom kamu, memilih harga yang terlalu mahal atau terlalu murah juga tidak bagus jadi pilihlah harganya dengan tepat dan wajar.

5. Patuhi Hukum yang Berlaku di Indonesia

Berbagai jenis usaha atau bisnis pasti memiliki aturan dan hukum yang menaungi agar setiap pihak yang terkait dalam bertransaksi tidak ada yang dirugikan. Oleh karena itu, kamu harus selalu mematuhi aturan bisnis jual beli mobil bekas dan tunduk terhadap hukum yang berlaku.

Terjadinya sebuah pelanggaran dan hukum dalam usaha kamu itu berdampak besar, satu laporan dari pelanggan yang merasa dirugikan akan membuat nama baik usaha kamu menjadi rusak dan buruk. Hal yang paling menyeramkan kamu bisa saja berurusan dengan pihak berwajib.

6. Tentukan Modal Awal 

Salah satu hal yang baik dari Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas ini adalah kamu bisa memulai bisnis dengan uang tunai yang tidak terlalu besar. 

Kamu bisa mendapatkan mobil bekas dari orang terdekat seperti keluarga, teman, dan tetangga dengan kesepakatan membantu mereka untuk menjual dan membayar sesuai dengan yang disepakati.

Hal pertama untuk mengumpulkan modal awal dengan menyusun rencana bisnis yang terperinci, anda dapat meyakinkan investor dalam berinvestasi. 

Mengumpulkan uang pribadi dari tabungan dan penjualan saham, mengajukan pinjaman bank, mengajukan dari organisasi donor dan investor malaikat dengan menyampaikan ide bisnis kamu, dan sumber pinjaman lunak dari anggota keluarga dan teman-teman.

7. Hindari Makelar

lebih baik kamu membeli mobil bekas dari tangan pertama ketimbang dengan tangan kedua. Selain untung rugi yang dapat dialami saat membeli mobil di makelar, kamu juga tidak bisa memastikan bagaimana kondisi mobil yang akan kamu jual. 

Sangat berbeda jika kamu mendapatkannya dari tangan pertama yaitu pemiliknya langsung. Kamu bisa mengulik sendiri terhadap kondisi mobil yang digunakan dan menganalisisnya apa saja yang perlu diperbaiki dan menentukan harga jual.

8. Jangan Remehkan Kekuatan Relasi dengan Berbagai Pihak 

Jangan menyepelekan kekuatan jaringan dan relasi, karena dengan memperluaskan koneksi kamu bisa mendapatkan barang, mempromosikan bisnis, dan mendapatkan pelanggan yang membutuhkan. Kekuatan ini pastinya dapat membantu usaha mobil bekas kamu berjalan dengan mudah.

Menguasai keterampilan dalam kejelian sangatlah penting untuk memperkirakan margin profit ditiap penjualan. Semakin terasahnya kamu dalam usaha ini maka keterampilan tersebut pasti bisa dikuasai. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Sebagai tambahan informasi yang tak kalah menarik, simaklah sejumlah artikel pilihan berikut ini.

Baca juga:





Menjalankan usaha jual beli mobil bekas dapat dilakukan kapan saja, asalkan memiliki kemauan maka kamu bisa mencari celah untuk masuk industri ini.

Demikian informasi tentang Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat kamu yang ingin terjun di dunia usaha ini.

Penulis: Putri Geo
Related Posts