taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las di Kota Maupun Desa

8 Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las di Kota Maupun Desa

Memutuskan untuk membuka bisnis las tentu tidak sepenuhnya mudah. Apabila dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, bengkel las membutuhkan jumlah modal serta keterampilan yang jauh lebih besar dan matang.
Cara Mengembangkan Usaha
Perbedaan signifikan juga terdapat pada cara mengembangkan usaha bengkel las daripada pengembangan jenis bisnis lain. Dengan berbagai resiko dan tantangan yang akan dihadapi, setidaknya ada 8 strategi pengembangan yang harus Anda ketahui.

Peluang dan Keuntungan Usaha Bengkel Las

Rasanya tidak adil jika kita hanya menyinggung tentang resiko bisnis las dan mempertimbangkan peluangnya sebagai potensi usaha. Dari berbagai sisi, berikut peluang dan keuntungan membuka usaha bengkel las:

1. Minat Pembangunan Terus Meningkat

Tidak peduli di desa maupun kota, euforia masyarakat terhadap pembangunan tidak pernah padam. Jenis bangunan tersebut bisa meliputi hunian pribadi, renovasi ulang, pembangunan perumahan, gedung, maupun jenis gedung lainnya.

Fenomena ini tentunya menjadi sinyal bahwa bisnis bengkel las memiliki masa depan yang cukup menjanjikan.

2. Kecanggihan Teknologi di Bidang Las

Dunia teknik infrastruktur tidak pernah berhenti berkembang. Setiap engineer berlomba membuat mesin baru yang lebih efisien dalam menopang bangunan semakin berkualitas.

Semakin canggih peralatan yang Anda miliki, makin beragam pula rupa bangunan yang bisa dihasilkan. Penghematan tenaga kerja juga berdampak besar terhadap peningkatan pendapatan.

3. Produk Las Semakin Diminati Masyarakat

Di tahun 2022 ini, konsep hunian maupun bangunan bernuansa minimalis sedang sangat popular. Kabar baik lainnya, konsep tersebut banyak mengadopsi elemen logam yang membutuhkan banyak teknik las.

Kita sebut saja beberapa elemen yang paling umum dapat ditemui yaitu teralis, pagar besi, hingga kanopi.  

4. Persaingan Bisnis Belum Terlalu Ketat

Praktik cara mengembangkan usaha bengkel las pada dasarnya tidak terlalu sulit. Pasalnya persaingan bisnis ini tidak terlalu ketat. 

Selama Anda mempunyai kemampuan mumpuni dan teknik promosi yang gencar, memenangkan hati pasar mungkin bukan tidak sesulit yang dibayangkan.

5. Media Promosi Beragam

Peluang usaha bengkel las yang terakhir adalah kemudahan memilih media promosi. Tidak ada batasan mengenai cara mengembangkan usaha bengkel las melalui media iklan, bisa melalui baliho, banner, papan nama, media sosial, website, marketplace, maupun sarana kreatif lainnya.

Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las

Kini, apakah Anda semakin tertarik untuk menekuni usaha bengkel las? Jika iya, beberapa cara mengembangkan usaha bengkel las ini bisa Anda coba sebagai panduan pemula:

1. Merekrut Karyawan yang Profesional

Bekerja di dunia las membutuhkan kemampuan yang profesional. Tentu berbeda dengan kecakapan menjadi customer service atau kasir toko yang bisa diasah sejalan dengan pengalaman.

Setidaknya, karyawan Anda sudah mengetahui bagaimana teknik menggunakan mesin las agar hasil produk dapat tersambung dengan kuat sekaligus rapi.

Cara mengembangkan usaha bengkel las yang pertama ini adalah aspek paling menentukan. Tanpa kemampuan yang mumpuni, bisnis Anda tidak mempunyai keunggulan untuk dipromosikan.

2. Membuka Sistem Investor untuk Modal Bisnis

Sebagaimana sudah kita singgung sebelumnya, resiko usaha bengkel las cukup tinggi. Selain itu, modal materi untuk usaha ini terbilang sangat besar dibandingkan bisnis pada umumnya.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mencari investor yang siap memberikan suntikan dana modal maupun pengembangan. Dengan demikian, proses perjalanan bisnis bisa dimulai lebih cepat.

3. Selalu Mengikuti Trend Bangunan Terbaru

Cara mengembangkan usaha bengkel las ketiga adalah rajin mengikuti trend interior terbaru. Ketahui apa yang mungkin diminati oleh para konsumen sehingga mereka selalu bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

4. Pengelolaan Modal yang Ketat

Proses pengembangan bisnis tidak bisa lepas dari sistem pengelolaan modal yang benar dan terstruktur. Pahami betul berapa keuntungan usaha bengkel las untuk pengelolaan usaha dan laba pribadi.

5. Fokus Mengenalkan Bisnis ke Wilayah Sekitar

Konsumen potensial dari usaha jasa seringkali terikat oleh batas wilayah. Contoh kecil, umumnya orang akan mencari referensi jasa dengan menggabungkan nama wilayah domisili seperti ‘jasa bengkel las Kediri’ atau ‘jasa bengkel las Jakarta’.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk memfokuskan promosi ke konsumen potensial tersebut. Gencarkan iklan melalui baliho di tengah kota hingga wilayah yang lebih terpelosok agar mereka dapat menjangkau jasa Anda.

6. Mengerahkan Berbagai Jenis Iklan

Berbagai contoh iklan bengkel las tentu sudah tidak asing kita temui. Anda bisa mencantumkan nama bisnis, keunggulan, harga, dan nomor kontak yang jelas pada selebaran, baliho maupun banner iklan Anda.

7. Menyediakan Garansi Kerusakan

Cara mengembangkan usaha bengkel las selanjutnya adalah penyediaan garansi kerusakan. Garansi merupakan aspek marketing paling memikat bagi konsumen karena membuat mereka menjadi merasa aman dan terjamin.

Ketersediaan garansi menunjukkan profesionalitas dan totalitas bisnis Anda kepada kepuasan konsumen. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberikan garansi yang memadai kepada mereka atas hasil kerja Anda.

8. Menawarkan Jual Beli Bahan Properti Berkualitas

Aspek terakhir adalah menyediakan fasilitas pendukung berupa material logam yang dibutuhkan. Tujuannya agar konsumen tidak perlu repot berbelanja di tempat lain yang terpisah.

Menyediakan peralatan dan bahan merupakan ide cara mengembangkan usaha bengkel las yang cukup brilian dan menguntungkan penjual. Konsumen terbantu, pengusaha juga mendapatkan keuntungan.

Simak jua informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian 8 poin cara mengembangkan usaha bengkel las bagi pemula yang bisa Anda terapkan, baik usaha Anda di desa maupun kota. Semoga berhasil membantu kelangsungan bisnis Anda.
Related Posts