taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mengelola Usaha Bengkel Motor, Dijamin Ramai Pelanggan

Cara Mengelola Usaha Bengkel Motor, Dijamin Ramai Pelanggan

Bengkel menjadi tempat yang selalu dibutuhkan untuk melakukan reparasi kendaraan. Bengkel bisa diperuntukkan khusus untuk mobil atau juga sepeda motor. 
Cara Mengelola Usaha
Jika Anda merupakan seorang pemilik bengkel sepeda motor, dan ingin mengelola usaha Anda dengan baik dan benar sehingga mendatangkan banyak keuntungan. Maka informasi berikut ini bisa membantu Anda untuk melakukannya.

Pada dasarnya bengkel motor harus bisa menyediakan sejumlah fasilitas dan juga pelayanan yang biasanya dibutuhkan. Tidak hanya itu masih terdapat poin lainnya yang juga tak boleh Anda lupakan begitu saja. 

Cara Mengelola Usaha Bengkel Motor


1. Pastikan Anda Memiliki Alat yang Memadai

Setiap usaha pasti membutuhkan sejumlah hal yang memang penting dan selalu digunakan dalam usaha yang dijalankan. Begitu juga bagi usaha bengkel motor yang Anda geluti. Menyediakan sejumlah alat yang memadai bisa membuat bengkel Anda menjadi ramai pengunjung.

Terdapat cukup banyak alat yang mesti dimiliki oleh sebuah bengkel. Karena memang untuk melakukan berbagai macam perawatan pada sebuah sepeda motor diperlukan berbagai macam alat yang berbeda dengan fungsi dan juga kegunaan yang berbeda pula. Maka jangan sampai bengkel Anda kekurangan alat.

Semakin lengkap peralatan yang dimiliki, semakin luas juga cakupan perawatan motor yang bisa bengkel Anda lakukan. Bisa dibayangkan ketika bengkel sudah beroperasi tetapi masih kekurangan peralatan dalam prakteknya, maka bisa saja konsumen Anda pergi ke tempat yang lain.

2. Miliki Sistem Menejemen yang Baik

Tidak hanya perihal peralatan yang memadai dan juga lengkap yang mesti diperhatikan. Cara mengelola usaha bengkel motor yang lainnya adalah tentang sistem manajemen bengkel.

Semakin baik sistem menejemen yang Anda gunakan, maka bukan tidak mungkin hasil yang didapatkan dari usaha tersebut juga bisa menjadi lebih baik lagi. Apa saja yang penting dalam poin ini? Manajemen dalam sebuah usaha bisa mencakup manajemen SDM, keuangan dan juga penjualan.

Ketiga aspek tersebut harus bisa disamaratakan. Jangan sampai Anda terlalu concern pada aspek SDM sehingga melupakan dua poin lainnya atau bahkan melakukan yang sebaliknya. 

Ketika pengelolaan menejemen yang baik dan juga dilakukan dengan seimbang, Anda bisa merasakan keberhasilannya dari keuntungan dan juga pendapatan bengkel motor yang Anda miliki. 

Jangan lupa, setiap aspek tersebut harus dilakukan treat yang baik dan juga berbeda satu sama lainnya. Contohnya untuk menejemen SDM Anda harus memberikan gaji bagi pegawai Anda dengan cukup agar montir tidak kecewa bahkan berpindah tempat kerja.

Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa memiliki montir dengan jumlah yang memadai, tentunya agar pekerjaan yang banyak bisa menjadi lebih ringan. 

Untuk sistem keuangannya, Anda juga harus mengelolanya dengan sangat baik, agar nantinya sejumlah kebutuhan terkait operasional bengkel, gaji serta keuntungan Anda bisa balance tentunya.

Pun begitu juga untuk manajemen penjualannya. Anda haus bisa melakukan promosi yang sesuai agar bisa menarik banyak pelanggan. 

3. Berikan Service Terbaik

Memberikan pelayanan atau service terbaik bagi pelanggan juga menjadi salah satu cara mengelola usaha bengkel motor yang bisa membawa Anda menuju keberhasilan. Segala macam usaha akan gagal dan terasa tidak begitu berguna ketika poin ini tidak dilakukan. 

Kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah konsumen yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Maka berlaku juga bagi Anda yang memiliki atau juga menekuni usaha bisnis bengkel motor. 

Berikanlah pelayanan terbaik dan juga maksimal agar para konsumen tidak berpindah ke lain bengkel. Dengan hal tersebut juga, tidak mustahil para konsumen akan mempromosikan bisnis bengkel Anda kepada orang lain karena telah merasa puas dnegan service yang diberikan.

4. Sediakan Berbagai Macam Pilihan Service Motor

Bengkel yang baik adalah bengkel yang mampu menyediakan berbagai macam kebutuhan service motor bagi para konsumennya. Tidak hanya perkara pelayanan yang baik, namun pilihan service motor yang beragam juga mesti disediakan.

Dengan memiliki penawaran terkait service motor yang beragam tersebut, Anda bisa membuka kemungkinan kesuksesan yang lebih besar lagi. Pasalnya setiap orang yang datang ke bengkel pasti memiliki permasalahan yang berbeda terkait motor yang dimilikinya.

Tugas Anda sebagai penyedia bengkel adalah memenuhinya dengan baik. Perawatan terkait motor juga sangat beragam, tidak hanya perkara satu jenis layanan saja, Anda harus mampu menyediakan sejumlah hal lainnya.

Contohnya saja menyediakan layanan ganti oli, service rutin, ganti sparepart, penggantian kampas rem, service cepat dan masih banyak lagi jenis layanan lainnya yang bisa disediakan.

Jika bengkel Anda berhasil menyediakan sejumlah jenis layanan tersebut, maka pengunjung bengkel Anda juga bisa lebih banyak lagi yang datang sesuai dengan kebutuhan mereka tentunya.

5. Sesuaikan Harga dengan Pelayanan

Sebagai salah satu cara mengelola usaha bengkel motor yang baik, harga yang selaras dengan pelayanan juga menjadi penting untuk bisa diperhatikan. 

Memasang harga yang terlalu tinggi bisa membuat bengkel Anda sepi, pun demikian ketika Anda memasang harga yang terlalu rendah bisa membuat Anda merasakan kerugian.

Maka jalan tengahnya adalah sesuaikan harga agar tidak berat sebelah. Harga yang diberikan juga harus bisa sejalan dengan pelayanan. Biasanya para pelanggan akan merasa sangat lapang dada dengan harga yang terbilang cukup tinggi tetapi service yang mereka dapatkan sangat memuaskan.

Oleh karena itulah, jika Anda merasa bengkel yang dimiliki telah mampu memberikan pelayanan yang mumpuni, harga yang Anda berikan tentu bukanlah sebuah permasalahan. Tetapi jika sebaliknya, maka jangan coba-coba untuk lakukan bandrol harga yang tak sesuai dengan pelayanan.

6. Buat Promosi yang Menarik

Untuk bisa mengelola bengkel motor menjadi lebih baik lagi, promosi juga menjadi bagian penting yang harus dilakukan. promosikan lah bengkel motor yang Anda miliki. Tentunya promosi tersebut mesti dilakukan dengan cara yang menarik.

Menariknya promosi bisa membuat banyak calon pelanggan merasa tertarik juga untuk datang dan menggunakan jasa dari bengkel yang Anda kelola.

7. Berikan Treat Khusus Kepada Pelanggan

Cara mengelola usaha bengkel motor yang lainnya berasal dari aspek satu ini. Dalam setiap usaha pasti memiliki pelanggan tetap yang begitu setia untuk datang dan juga menggunakan jasa pada usaha tertentu.

Demikian juga bagi usaha bengkel motor yang Anda miliki. Jika Anda memiliki pelanggan tetap, cobalah untuk memberikan treat khusus kepada mereka. Tujuannya adalah untuk bisa membuat mereka tetap merasa nyaman dan juga bisa membuatnya tak ingin berpaling dari usaha yang Anda miliki.

Contoh sederhana dari poin ini adalah dengan memberikan diskon khusus kepada pelanggan setia Anda. Dengan begitu mereka bisa menjadi lebih betah untuk datang dan menggunakan jasa dari bengkel yang Anda miliki.

Anda juga bisa menyimak informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah informasi yang bisa diberikan perihal sejumlah cara mengelola usaha bengkel motor yang bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas bengkel motor yang Anda miliki. Semoga informasi kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Related Posts