taupasar.com

we read, we create and we share it.

Bagaimana Cara Mengelola Usaha Kelontong? Inilah Informasinya

Bagaimana Cara Mengelola Usaha Kelontong? Inilah Informasinya

Membuka toko kelontong masih menjadi pilihan yang brilliant ketika Anda ingin membuka usaha dirumah. Meskipun banyak orang yang menganggap membuka toko kelontong adalah hal yang sederhana. Tetapi faktanya ternyata tidak demikian.
Cara Mengelola Usaha
Untuk bisa memiliki toko kelontong atau warung yang ramai dan memberikan keuntungan yang sesuai harapan. Maka terdapat sejumlah cara yang mesti dilakukan untuk bisa mencapai hal tersebut.

Terkadang para pemilik usaha satu ini juga lupa untuk melakukan berbagai macam cara mengelola usaha kelontong yang baik dan benar. Tentunya agar bisa lebih berkembang lagi nantinya.

Dalam informasi kali ini, akan di khususkan bagi Anda yang telah memiliki toko kelontong atau warung dan ingin lebih berhasil dalam mengelolanya. Untuk bisa melakukan hal tersebut simak baik-baik informasinya berikut ini.

Cara Mengelola Usaha Toko Kelontong


1. Kelola Keuangan dengan Baik

Berbicara perihal usaha agaknya tidak akan pernah lepas dari pengelolaan keuangan. Semua usaha baik yang besar atau kecil sekalipun tentu harus bisa memperhatikan aspek yang satu ini.

Meski demikian, seringkali para pengusaha lupa untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Mereka lebih sering acuh dan kurang memperdulikan terkait hal yang satu ini.

Padahal jika diberikan perhatian khusus, pengelolaan keuangan bisa berakibat baik pada bisnis yang Anda miliki. maka penting sekali untuk mengelola setiap keuangan dalam usaha Anda.

Cara sederhananya bisa Anda lakukan dengan sejumlah poin berikut ini.

  • Lakukan pembukuan
  • Jangan biarkan hutang pelanggan menumpuk
  • Rencanakan pengambilan keuntungan
  • Catat setiap pemasukan harian
  • Jangan lupa catat pengeluaran

Dengan melakukan sejumlah poin di atas sebagai bagian dari cara mengelola usaha toko kelontong, maka Anda sudah melakukan langkah yang tepat dalam aspek pengelolaan keuangan. Jika berhasil, maka imbasnya keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak dan juga sesuai.

2. Prioritaskan Barang-barang Pokok

Ketika membuka usaha toko kelontong, maka sudah tentu Anda harus bisa menyediakan sejumlah barang yang tentunya dibutuhkan. Tetapi memang Anda juga bisa menambahkan sejumlah barang lainnya yang bisa membuat toko menjadi lebih beragam perihal pilihan barangnya.

Tetapi sebelum Anda membeli sejumlah barang tersebut, prioritaskan lah sejumlah kebutuhan pokok untuk dibeli. Jangan sampai kebutuhan tersebut malah menjadi hal yang tidak Anda penuhi dengan baik malah justru sebaliknya.

Biasanya, orang-orang akan lebih mencari berbagai macam kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tugas Anda sebagai pemilik warung adalah untuk menyediakannya. 

3. Jangan Menyetok Terlalu Banyak Barang

Perkara membeli stok barang untuk kebutuhan toko kelontong juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Memang wajar saja jika Anda ingin menyediakan berbagai macam barang atau produk. Tetapi jika menyetoknya dalam jumlah yang banyak dan berlebihan tentu bukanlah jalan yang baik untuk dilakukan.

Sebaliknya, Anda bisa membeli sejumlah barang tertentu dengan jumlah yang tidak berlebihan. Stok yang demikian tidak akan merugikan Anda di hari kemudian. Untuk bisa melakukan hal yang satu ini, Anda harus memiliki kemampuan memperkirakan ketersediaan barang dengan baik.

Jika Anda membeli stok terlalu banyak dan membuatnya menjadi menumpuk, risiko kerugian bisa menjadi lebih besar lagi nantinya. Belum lagi jika ternyata produk tersebut tidak lagi disukai atau tidak terlalu dibutuhkan oleh banyak orang, maka kerugian lagi yang akan dirasakan.

4. Coba Gunakan Sistem FIFO

Apakah Anda sudah familiar dengan istilah yang satu ini? Tentu bagi pemilik toko kelontongan istilah sistem yang satu ini harus bisa dipahami dengan baik. FIFO atau first in first out bisa membantu Anda dalam mengelola usaha toko kelontong dengan lebih baik lagi.

Pasalnya dengan menggunakan sistem tersebut, barang yang pertama kali masuk harus menjadi barang yang pertama kali keluar. Jika hal itu berhasil dilakukan, tentunya bisa membantu meminimalisir produk sampai berjamur atau juga risiko kerusakan stok barang yang Anda beli.

Sistem ini sangat baik digunakan oleh Anda yang menjalankan usaha yang satu ini. Ingatlah karena Anda menjual berbagai macam produk pada toko kelontong yang sudah pasti memiliki tanggal kadaluarsanya sendiri. Dibantu oleh sistem ini, Anda bisa menghindari barang kadaluarsa yang masih ada atau stay dalam toko kelontong Anda.

5. Buatlah Toko Agar Menjadi Buyer Friendly

Toko kelontongan juga harus memikirkan aspek yang satu ini. Biasanya para pembeli akan lebih merasa nyaman ketika membeli berbagai macam barang dari toko yang memudahkan mereka untuk membeli barang tersebut. Tempat yang luas dan juga nyaman untuk melakukan pembelian biasanya akan menjadi pilihannya.

Terkadang ada saja toko kelontongan yang terkesan sempit dan penuh dengan barang jualannya sehingga para pembeli menjadi kurang nyaman ketika melakukan pembelian. Untuk itulah, coba untuk perhatikan poin yang satu ini. Tujuannya satu agar bisa meningkatkan penjualan dan memiliki pelanggan tetap.

6. Jangan Mengambil Keuntungan Berlebihan

Setiap produk yang dijual pada sebuah toko tentu akan dijual dengan harga yang bisa memberikan keuntungan bagi penjualnya. Hal tersebut memang harus dilakukan. tetapi jika keuntungan yang diambil terlalu besar akan berakibat pada harga sebuah produk yang menjadi lebih tinggi dari pada umumnya.

Harga tersebut biasanya akan mendorong banyak orang untuk tidak berbelanja di toko Anda. Tentu saja setiap pembeli ingin mendapatkan barang tertentu dengan harga yang murah dan juga tidak akan memilih toko yang menyediakan harga yang terlalu mahal.

Bayangkan jika Anda mengambil keuntungan yang sangat besar, kemudian menjadikan harga di toko Anda sangat berbeda dengan toko lainnya. Bukankah pembeli akan menghindari toko kelontong yang Anda miliki?

Sebagai salah satu cara mengelola toko kelontong mematok harga dan mengambil keuntungan harus dilakukan secara wajar. Jangan sampai toko Anda memiliki citra buruk karena mematok harga terlalu tinggi dan berbeda jauh dari toko yang lainnya.

7. Berikan Pelayanan yang Ramah

Sudah menjadi rahasia umum jika pelayanan yang ramah akan menghantarkan kepuasan pembelian dari seorang pelanggan. Maka Anda harus bisa menerapkan poin tersebut. berikanlah pelayanan yang ramah kepada setiap pembeli toko kelontong Anda.

Ketika pembeli datang berbelanja jangan tunjukkan ekspresi yang tidak friendly. Meskipun mungkin Anda memiliki masalah cobalah untuk menyembunyikannya dan tetap bersikap ramah kepada pelanggan.

Tidak hanya itu, pelanggan juga tidak ingin menunggu lama ketika lakukan pembelian. Maka berikanlah pelayanan yang cepat agar hal tersebut tidak terjadi. Dengan demikian, toko kelontong Anda akan terkenal dengan servicenya yang ramah dan juga cepat, sehingga bisa mengundang banyak orang untuk menjadi pelanggan.

Jangan beranjak, simaklah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikianlah informasi kali ini perihal sejumlah cara mengelola usaha toko kelontong yang baik dan efisien. Dengan melakukan beberapa step atau cara di atas, peluang toko kelontong Anda menjadi lebih sukses dan besar akan terbuka lebar. Semoga berhasil dan membantu Anda ya. 
Related Posts